Lebaran- Rumah123.com Saat Melakukan Jamuan Makan Di Hari Raya Lebaran, Pastinya Kamu Akan Direpotkan Dengan Setumpuk Cucian Piring. Tetapi, Kamu Tidak Perlu Pusing Lagi Jika Menerapkan Sejumlah Tips Ini (Foto: Rumah123/Getty Images)

Tidak ada lagi cerita kamu bakal kerepotan dengan tumpukan cucian piring saat Idul Fitri, meskipun kamu mengadakan jamuan makan tanpa dibantu oleh asisten rumah tangga (ART). Simak tipsnya.

Saat Hari Raya Idul Fitri, biasanya ada jamuan makan bagi keluarga dan sahabat terdekat. Mungkin kamu tidak menggunakan katering, sementara ART sudah mudik ke kampung halaman.

Bayangan begitu repotnya mengurus cuci piring peralatan makan bakal muncul. Walaupun sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi lho.

Baca juga: 3 Tips Desain Interior Rumah Untuk Lebaran

Saat jamuan dimulai, semua piring, gelas, sendok, dan garpu akan digunakan. Setelah jamuan usai, kamu akan memulai pekerjaan berat untuk mencucinya.

Sisa lemak dan minyak dari makanan bersantan bakal ada. Apa jadinya kalau lebaran tanpa makan ketupat dengan opor ayam, gulai, rendang, semur daging, sambal goreng kentang, dan lainnya.

Tenang saja ada enam tips yang bisa kamu lakukan. Kamu dan keluarga tidak perlu lagi pusing dengan cucian piring yang menumpuk.

Baca juga:  Tidak Usah Pusing Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Mudik Lebaran

 

Pakai Alat Makan Sekali Pakai

Ada banyak peralatan makan sekali pakai. Ada yang terbuat dari plastik, styrofoam, dan lainnya. kamu punya banyak pilihan.

Tambahan lainnya adalah menggunakan gelas, sendok, dan garpu plastik. Kamu hanya perlu menyediakan tempat sampah yang besar.

Opsi lainnya adalah memakai peralatan makan dari anyaman rotan. Untuk alasnya, kamu dapat menggunakan daun pisang atau kertas nasi sebagai alas.

 

Sediakan Air Mineral

Salah satu hal praktis lainnya adalah menyediakan air mineral dalam kemasan baik dalam bentuk gelas atau botol. Kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah tamu.

Hal biasa kok kalau dalam penyelenggaraan acara, kamu menyediakan air mineral dalam kemasan. Jangan lupa untuk menyediakan tempat sampah yang besar.

 

Cuci Piring Saat Ada Kesempatan

Mungkin kamu memilih tidak menggunakan peralatan makan sekali pakai lantaran menjamu keluarga dengan santapan berkuah, mau tidak mau kamu akan berhadapan dengan tumpukan piring kotor.

Saat ada kesempatan untuk cuci piring, misalnya ketika tamu sedang asyik makan, kamu bisa mencicil cucian piring ini. Sebisanya saja agar tamu tidak merasa ditinggalkan.

 

Libatkan Anggota Keluarga Lain

Sebenarnya kamu harus melibatkan anggota keluarga lain seperti pasangan dan putra putri. Kamu dan pasangan bisa bergantian untuk mencuci piring.

Begitu juga dengan putra putri kamu yang sudah beranjak besar. Tidak ketinggalan, saudara lain dapat dilibatkan dalam kegiatan ini.

 

Bersihkan Peralatan Makan Terlebih Dulu

Mungkin kamu tidak sempat membersihkan peralatan makan, namun biasakan untuk membersihkan dari sisa makanan. Setidaknya, tidak ada sisa makanan tersisa di piring.

Selanjutnya, kamu bisa merendamnya dalam bak cuci piring atau ember. Kamu bisa menggunakan lemon, garam, atau baking soda. Setelah ada waktu, kamu bisa mencuci seluruh peralatan makan.

 

Merendam Peralatan Makan dalam Air Hangat

Jika kamu memang tidak sempat mencicil tumpukan cucian piring, coba untuk merendam peralatan makan dan peralatan masak dalam air hangat. Noda lemak dan minyak bisa dihilangkan.

Ketika ada waktu untuk mencuci semuanya, kamu tidak direpotkan lagi dengan noda. Walaupun cucian menumpuk tetapi tidak ada noda yang masih melekat.

 

Gunakan Sabun Cuci dan Spons

Jika ingin peralatan makan dan peralatan masak bersih dari noda lemak dan minyak, gunakan spons cuci piring dan sabun cuci piring. Sederetan sabun cuci piring yang ada bisa menghilangkan noda tadi.

Jadi kamu tidak perlu pusing lagi. Tetapi, kalau kamu memang ingin pembersih ramah lingkungan, ya gunakan saja baking soda, garam, atau lemon.

Bagikan: 491 kali