Foto: Rumah123/iStock
 

Asisten Rumah Tangga (ART) mudik dan belum tentu balik? Wah, kamu kudu siap-siap nih mengantisipasinya dengan merekrut yang baru. Mau tau poin penting apa aja kalau mencari ART yang oke?

Minta Rekomendasi

Jika ada kenalan atau keluargamu yang tinggal di kampung, bisa meminta mereka untuk merekomendasikan ART kepadamu. Pastikan orang atau pihak yang merekomendasikan jasa calon ART tersebut adalah orang tepercaya.

Referensi dari Orang Terdekat

Dengan mempekerjakan ART melalui referensi keluarga, sahabat, atau tetangga, setidaknya lebih aman. Kamu jadi bisa mengetahui dengan jelas tentang keluarga asal calon ART.

Baca juga: Pembantu Mudik, Rumah pun Tetap Apik

Gunakan Yayasan/Penyalur Tepercaya

Kamu bisa juga memanfaatkan yayasan atau penyalur ART yang ada. Pilihlah yayasan atau penyalur yang sudah tepercaya dan profesional. Dari lembaga ini kamu bisa mengetahui secara detail tentang riwayat atau pengalaman kerja calon ART.

Kepoin Asal Muasalnya  

Kepo soal yang satu ini penting banget lho! Lha iya dong, kan dia nanti yang ada 24 jam di rumahmu selama kamu bekerja di luar rumah. Dia mungkin akan menjaga anak balitamu dan punya akses ke tiap bagian sudut rumahmu. Jadi, tanyakan detail asal daerahnya, keluarganya, statusnya apakah masih lajang atau sudah menikah, kalau sudah janda atau duda di mana mantan pasangannya berada, dan pertanyaan pribadi lainnya.

Bila ia masih lajang, kamu perlu mengantisipasinya bila sewaktu-waktu ia ingin menikah. Sedangkan bila ia sudah menikah, apalagi punya anak yang masih kecil di kampungnya, ia mungkin akan sering izin pulang kampung untuk menjenguk anaknya.

Baca juga: Yuk, Bikin Kondisi Rumah ‘Normal’ Lagi Sepulang Mudik

Tanyakan juga apa pekerjaan dia sebelumnya. Jika sebelumnya ia bekerja sebagai ART juga, jangan sungkan tanyakan ia bekerja di mana dan alasannya berhenti. Agar lebih yakin, kamu bisa menghubungi pemberi kerja sebelumnya jika diperlukan.

Jangan sungkan untuk mewawancarainya bagaikan kamu akan menyeleksi karyawan atau pegawai di sebuah perusahaan. Untuk melancarkan tahap ini, kamu bisa bikin daftar pertanyaan termasuk kemampuan atau potensi kerjanya. Dengan gitu, kamu bisa lebih jelas menggambarkan kepribadian calon ART kamu.

Dokumen Identitas

Kamu dapat meminta fotokopi KTP dan kartu keluarga calon ART. Periksalah alamat yang tertera di dalamnya via internet. Kamu jadi bisa tahu alamat yang diberikan calon ART itu apakah benar atau palsu.

Baca juga: Awas, Antrian Cuci Piring di Dapur Selama Lebaran

Rincian Pekerjaan di Rumahmu

Jelaskan dengan sedetail mungkin apa saja pekerjaan calon ART tersebut di rumahmu. Jangan sampai nantinya dia kebingungan karena tidak mengerti rincian tugas apa aja yang harus dia kerjakan sesuai yang sudah disepakati bersama.

Hal ini tentunya sangat penting mengingat tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada si calon ART harus sejalan dengan pemberian kompensasi dan hak-haknya. Mencakup besarnya gaji, waktu penggajian, Tunjangan Hari Raya (THR), serta waktu mudik atau masa cutinya.

Bagikan: 499 kali