Foto: Rumah123/Getty
   

Pada Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, sedikit atau banyak ada aja tamu yang datang ke rumah. Maka itu kamu jangan malas atau segan beres-beres rumah agar tamu merasa nyaman berkunjung di rumah. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menyambut tamu Lebaran di rumah.

Berikut ini setengah lusin tips yang perlu kamu pedulikan seperti dikutip dari Femina:

Ke-1, tamu biasanya lebih peka mencium bau di ruangan rumah yang dikunjunginya. Bila sebelumnya kamu masak besar di dapur untuk hidangan Lebaran, aromanya tetap ada di ruangan rumah meskipun sudah lewat satu hari. Maka itu, gunakan wewangian untuk menyamarkan aroma dapur bekas kamu masak-masak kemarin. Kamu bisa menggunakan lilin beraroma, diffuser, atau rendam kulit jeruk dan kayu manis dalam wadah berisi air beberapa jam sebelum tamu datang.

Baca juga: Bisnis Indekos Tumbuh Subur di Gading Serpong

Ke-2, bereskan kamar tamu. Ganti sarung bantal dan sprei dengan yang bersih dan wangi. Jika ada tamu yang mau menginap, ruangan sudah siap dan sang tamu bisa merasa nyaman. Jangan lupa pula siapkan handuk bersih untuk tamu kalau-kalau dia membutuhkannya.

Ke-3, bebaskan meja dari barang-barang yang gak digunakan selama Hari Raya. Buang aja kalau memang udah gak dipake lagi, atau simpan dalam keranjang atau dalam lemari untuk sementara.

Ke-4, bersihkan keset, vakum karpet, dan bereskan tumpukan sepatu atau sandal yang memang gak akan dipakai penghuni rumah.

Baca juga: Saat Lebaran, Rumah Juga Perlu Berdandan Lho!

Ke-5, pastikan lantai, toilet, wastafel, dan kamar mandi bersih dan gak ada tumpukan baju kotor.

Ke-6, hadirkan bunga segar sebagai sambutan yang lebih ‘hidup’ untuk tamu sehingga mengesankan. Kalau bunga beli harganya mahal, petik aja dari kebun atau tanaman yang kamu tanam.

Bagikan: 1399 kali