Punya rencana untuk menggadaikan rumah di bank atau pegadaian? Simak tips dan cara jitu gadai sertifikat rumah supaya disetujui ini!

gadai sertifikat rumah

Kondisi ekonomi yang sedang terpuruk akibat pandemi COVID-19 tak pelak jadi pukulan keras bagi hampir sebagian besar masyarakat. 

Mulai dari pemberhentian kerja secara masal sampai bisnis yang tidak kunjung menghasilkan cuan, padahal kebutuhan rumah tangga semakin meningkat. 

Hal ini memaksa mayoritas orang untuk mencari sumber pendapatan baru dan cara lain mendapatkan uang agar dapat menyambung hidup.

Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah.

Langkah ini ditempuh sebagai upaya untuk mendapat pinjaman dari bank dengan memakai jaminan berupa sertifikat properti yang dimiliki. 

Dibanding dengan sistem peminjaman uang lewat rentenir, gadai sertifikat rumah di bank lebih terjamin dengan risiko dan bunga yang pastinya lebih kecil. 

Permohonan kredit di bank juga relatif lebih cepat prosesnya dan aman karena merupakan lembaga resmi yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Agunan berupa properti dinilai lebih menguntungkan dan mudah diterima karena harga jual yang stabil tanpa mengalami penyusutan. 

Tips dan Cara Gadai Sertifikat Rumah Jaminan Disetujui

Jika kamu berniat untuk melakukan kredit di bank lewat cara gadai sertifikat rumah, ada beberapa hal dan tips jitu yang bisa dilakukan guna meningkatkan kesempatan pengajuanmu diterima. 

1. Lengkapi semua syarat dokumen 

Proses screening pertama yang banyak diabaikan oleh calon kreditur adalah kurangnya persiapan dokumen sebelum melakukan pengajuan. 

Perhatikanlah standar yang ditetapkan oleh lembaga pemberi pinjaman sebelum gadai sertifikat rumah. 

Umumnya calon kreditur harus memenuhi persyaratan berikut untuk dinyatakan mampu mengajukan pinjaman:

- Memiliki penghasilan bulanan stabil di atas Rp4.000.000;

- Usia minimal calon kreditur adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun; 

- Merupakan WNI yang berstatus sebagai pegawai negeri, karyawan swasta, pengusaha, atau pekerja profesional.

Lalu tidak ketinggalan untuk melengkapi dokumen untuk persyaratan gadai sertifikat rumah berikut: 

- Fotokopi Kartu Tanda Pengenal (KTP) 

- Fotokopi Surat Nikah (untuk yang sudah menikah) 

- Fotokopi Kartu Keluarga 

- Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 

- Fotokopi slip gaji 

- Fotokopi keterangan status bekerja dari instansi atau perusahaan

- Fotokopi buku tabungan

Baca juga: Bagaimana Proses dan Berapa Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah?

2. Kondisi rumah harus prima 

Dengan menggadaikan sertifikat rumah sebagai agunan untuk pinjaman ke lembaga keuangan, berarti kamu harus melewati tahapan pengecekan nilai appraisal properti yang akan dilakukan sebagai langkah selanjutnya. 

Rumah yang akan digadaikan wajib berada pada kondisi prima baik dari segi eksterior maupun interior serta fungsi dasar seperti aliran listrik dan air yang tidak bermasalah. 

Jika terdapat cacat pada bangunan rumah maka nilai pinjaman yang kamu ajukan jadi menurun bahkan berpotensi untuk ditolak. 

3. Jumlah pinjaman harus sesuai kondisi keuangan

Meski gadai sertifikat rumah ditempuh jadi jalan untuk mendapatkan uang, kamu tetap harus memiliki kondisi finansial yang baik.  

Apakah dengan pekerjaan atau usaha yang sedang jalani sekarang bisa membayar cicilan setiap bulan beserta bunga yang dibebankan? 

Nilai pinjaman juga harus menyesuaikan dengan kemampuan membayar supaya terhindar dari masalah kredit macet. 

Baca juga: Jangan Asal Gadai Sertifikat Rumah! Ini Panduan Amannya

4. Riwayat perbankan yang baik 

Khusus yang berencana untuk menggadai sertifikat rumah di bank, wajib perhatikan riwayat perbankanmu selama ini. 

Pihak bank hanya akan mengabulkan permintaan para nasabah yang memiliki rekam jejak keuangan sehat dan terbebas dari masalah seperti penunggakan pembayaran kredit atau sejenisnya.  

5. Membandingkan produk kredit terbaik 

Tips gadai sertifikat rumah supaya kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan skema yang menguntungkan adalah dengan melakukan perbandingan produk kredit antara lembaga penyedia jasa keuangan. 

Pilihlah yang sesuai dengan kondisi keuangan dan skema pembayaran dengan jangka waktu lebih lama. 

6. Lokasi rumah yang akan digadaikan 

Bukan hanya dari segi fisik bangunannya saja, lokasi rumah yang akan kamu gadaikan juga harus memenuhi standar yang ditetapkan untuk meningkatkan kesempatan aplikasimu diterima. 

Rumah yang berlokasi di daerah kurang strategis seperti lingkungan kurang mendukung yang mudah banjir atau rawan longsor, sampai berada di wilayah bersengketa kemungkinan kecil akan berhasil mendapatkan kredit. 

Semoga tips dan cara gadai sertifikat rumah di atas bisa bermanfaat untukmu. 

Dapatkan informasi terbaru seputar dunia properti di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
4006 kali