Rumah Kecil- Rumah123.com Ada Enam Tips Hidup Nyaman yang di Rumah Kecil yang Bisa Kamu Terapkan. Apa Saja Sih? Simak Artikel Berikut Ini (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada enam tips hidup nyaman di rumah kecil yang bisa kamu terapkan. Saatnya kamu memilih tinggal di hunian kecil.

Saat memilih tinggal di rumah yang kecil atau apartemen mungil, tentunya bukan sekedar gaya hidup, tetapi juga menjadi pilihan yang menyenangkan.

Hunian kecil memiliki banyak keunggulan. Bagi kamu yang belum pernah tinggal di rumah kecil, mungkin belum tahu berapa menyenangkannya tinggal di rumah yang mungil.

Baca juga: Seperti Apa Desain Rumah Kecil Di Atas Lahan Seluas 27,9 Meter?

Kamu bisa menghemat waktu saat membersihkan rumah. Kamu juga perlu mengeluarkan dana ekstra untuk memiliki asisten rumah tangga.

Biasanya, rumah berukuran kecil juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan hunian yang lebih besar. Sebenarnya banyak lagi keunggulan dari rumah kecil.

Situs properti Realestate.com.au memaparkan enam tips bagaimana menjalani hidup nyaman yang bisa didapatkan dengan tinggal di rumah kecil. Realestate.com.au merupakan situs milik REA Group Australia yang juga induk perusahaan dari Rumah123.com. Nah, seperti apa ya?

Baca juga: 4 Desain Rumah Kecil untuk Generasi Milenial

 

Membuat Tempat Penyimpanan dan Tidak Menyia-nyiakan Tempat

Jangan mengira rumah kecil atau apartemen mungil tidak dapat dibuat fungsional. Banyak cara untuk memanfaatkan ruang dan perabot sebagai tempat penyimpanan.

Kamu bisa membuat lantai mezzanine untuk tempat tidur jika ruang dalam hunian cukup tinggi. Cara lainnya adalah memanfaatkan perabot menjadi tempat penyimpanan seperti kursi, meja, tempat tidur, dan lainnya. Untuk tinggal nyaman di rumah kecil, kamu memang tidak perlu punya banyak perabot.

 

Hemat Tetapi Jangan Pelit dalam Mendesain Hunian

Memilih tinggal di rumah sempit memang bisa menghemat pengeluaran, namun juga jangan terlalu pelit saat membangun atau mendesainnya. Tidak ada salahnya untuk membuat desain keren untuk rumah sehingga kamu merasa nyaman.

Selain itu, kamu juga harus membuat custom furniture untuk rumah kecil lantaran hunian tidak mungkin menampung perabot dalam jumlah banyak. Kalau memilih perabot pesanan, tentunya kamu harus merogoh uang cukup banyak karena furnitur memang dibuat khusus.

 

Bikin Hunian Terang dengan Pencahayaan Alami

Hunian kecil harus dibuat terang agar terasa lapang dan nyaman. Kamu bisa mengambil inspirasi dari sejumlah desain rumah kecil di Jepang atau Vietnam.

Jangan salah ya, hunian kecil bisa didesain untuk memiliki pencahayaan alami yang baik dan juga sirkulasi udara yang bagus. Kamu tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

 

Kreatif dalam Mendesain Rumah

Tinggal di rumah kecil tentunya tidak membuat penghuni kekurangan ide dalam mendesain rumah. Justru kamu bisa bereksplorasi dalam merancang desain interior.

Coba cari desain rumah kecil yang keren. Lantas aplikasikan dalam hunian. Siapa tahu kamu berniat untuk mengubah bus Metro Mini menjadi rumah kecil yang nyaman? Kalau di luar negeri, banyak lho bus sekolah beralih fungsi menjadi rumah kecil.

 

Bikin Setiap Elemen Rumah Punya Fungsi

Sangat penting bagi pemilik rumah untuk membuat setiap elemen kecil memiliki fungsi. Salah satunya adalah membuat perabot memiliki beragam fungsi, tidak sekedar hiasan belaka.

Kursi tidak menjadi tempat duduk, tetapi juga bisa menjadi tempat penyimpanan. Lemari juga bisa menjadi partisi, tidak hanya sebagai tempat penyimpanan. Sebenarnya mudah bukan untuk hidup nyaman di rumah kecil?

 

Meminimalisasi Penggunaan Warna

Kalau memiliki rumah kecil, sebaiknya kamu memilih aman dengan meminimalisasi penggunaan warna cat dinding. Sebisa mungkin, kamu menggunakan satu warna netral seperti putih yang bisa membuat hunian menjadi lebih lapang.

Pilihan warna putih memang paling pas untuk rumah kecil. Sebenarnya, ada pilihan lain terutama warna cat yang terang. Nah, kamu bisa menerapkan enam tips ini untuk hidup nyaman di rumah kecil.

Bagikan: 5251 kali