Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu. Didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Jakarta, Senin (7/11). Foto: Rumah123/Kementerian PUPR
 

Kehadiran jalan tol tentunya membantu kelancaran mobilitas kamu dari rumah ke tempat-tempat aktivitas yang dituju semisal tempat kerja. Bisa juga, melancarkan urusan bisnis, sehingga perekonomian masyarakat meningkat.

Nah, selama bulan Juli ini, dikabarkan ada 6 ruas Jalan Tol baru yang dijadwalkan beroperasi. Ruas tol apa saja? Di antaranya Seksi III ruas Semarang-Solo, Seksi I Gempol-Pasuruan, Seksi II dan III Medan-Binjai, Seksi I dan III Palembang-Indralaya, Paket II Bakauheni-Terbanggi Besar dan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi I.

Baca juga: Akhir 2018, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Bakal Rampung

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), yang dikutip dari detikFinance, Rabu (5/7), keenam ruas tol tersebut ditargetkan beroperasi pada bulan Juli ini. Keenam ruas tersebut telah berfungsi selama arus mudik Lebaran tahun ini.

Seksi III Semarang-Solo yang menyambungkan Bawen dan Salatiga saat ini telah mencapai progres konstruksi 99,23%. Pekerjaan yang saat ini masih berlangsung hanya pada Paket 3.1 yang realisasi fisiknya masih mencapai 96,11%. Hal ini lantaran masih ada pekerjaan galian timbunan tanah dan pekerjaan, sedangkan sisanya sudah dalam kondisi layak beroperasi.

Gempol-Pasuruan Seksi I, menyambungkan ruas Gempol dan Rembang sepanjang 13,9 km. Hingga akhir Juni lalu, realisasi fisik telah mencapai 99,39%.

Baca juga: Beroperasinya Jalan Tol Akses Tanjung Priok Bakal Tingkatkan Daya Saing Logistik Indonesia

Di Pulau Sumatera ada ruas Medan-Binjai Seksi II dan III yang menyambungkan Helvetia dan Binjai sepanjang 10,46 km. Kedua seksi ini juga bagian dari 65 km Tol Trans Sumatera yang telah difungsikan pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Palembang-Indralaya Seksi I (Palembang-Pamulutan) 7,75 km dan Seksi III (KTM-Simpang) 9,28 km dan juga Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Paket II, Segmen Lematang-Kota Baru 5,02 km.

Satu ruas tol lainnya yang siap dioperasikan Juli ini adalah Tol Becakayu Seksi I Segmen Pangkaljati-Jaka Sampurna sepanjang 8,28 km.

Nah, siap-siap ya melintasi keenam jalan tol tersebut!

Bagikan: 3069 kali