koridor timur jakarta- rumah123.com Koridor Timur Jakarta yang Mencakup Bekasi, Cikarang, dan Karawang Telah Menjelma Menjadi Kawasan Industri dan Hunian yang Terintegrasi dengan Akses Transportasi yang Baik (Foto: Rumah123/Getty Images)

Enam perusahaan pengembang sepakat untuk membentuk Komite Koridor Timur Jakarta. Kawasan ini berkembang menjadi pusat bisnis dan industri.

Summarecon Bekasi, Summarecon Emerald Karawang, Jababeka, Lippo Cikarang, Vasanta Innopark, Pollux Properti Indonesia, dan PP Properti menjalin kerja sama untuk membentuk Komite Koridor Timur Jakarta.

Koridor Timur Jakarta yaitu Bekasi, Cikarang, dan Karawang merupakan kawasan penting bagi perekonomian nasional. Area ini tumbuh pesat. Lebih dari 60 persen aktivitas perekonomian nasional disumbang oleh kawasan ini yang 70 persennya berpusat di Bekasi dan Cikarang.

Baca juga: Park And Ride Akan Dibangun Dekat Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikarang

Saat ini, Koridor Timur Jakarta tumbuh menjadi aset properti unggulan. Area seluas 10.000 hektare ini memiliki pusat bisnis terpadu, gaya hidup, destinasi hunian, pusat industri, dan juga pusat lapangan kerja.

Summarecon Bekasi memiliki kawasan seluas 240 hektare, Pollux Properti Indonesia seluas 45 hektare, PP Properti seluas 28 hektare, Vasanta Innopark seluas 100 hektare, Lippo Cikarang seluas 3.400 hektare, dan Jababeka seluas 5.600 hektare.

Sederetan fasilitas kesehatan, pendidikan, kuliner, rekreasi, hiburan, hotel, ruang pertemuan, dan lainnya bisa ditemukan di koridor ini. Sederetan rumah sakit terbaik dan sekolah berkelas ada di kawasan ini.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi 2021, Sudah Punya Rumah di Cibubur Atau Bekasi?

Begitu juga dengan taman bermain, restoran, pusat perbelanjaan, pusat komersial, café, dan hotel mudah ditemukan di Koridor Timur Jakarta. Bahkan, kawasan ini juga memiliki lapangan golf berskala internasional serta stadion sepak bola yang digunakan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Semua fasilitas ini lengkap ini bisa diakses oleh masyarakat yang tinggal di kawasan ini. Hunian yang ada di koridor ini beragam mulai dari rumah dan juga apartemen.

Koridor Timur Jakarta Memiliki Akses Transportasi

Koridor Timur Jakarta ini juga mempunyai akses transportasi dan juga infrastruktur berskala besar. Area ini terintegrasi dengan Tol Jakarta-Cikampek.

Jangan lupa kalau ada sepuluh proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan di sekitar koridor ini. Proyek tersebut adalah Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu Seksi 2B, Tol Layang Jakarta-Cikampek, dan LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi) yang telah mencapai Bekasi-Timur.

Selanjutnya ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung, MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) fase III Balaraja-Cikarang, serta Jakarta Outer Ring Road (JORR) tahap 2 dari Bandara Soekarno Hatta-Cilincing sepanjang 111 kilometer.

Baca juga: 2020, Double Double Track Manggarai-Cikarang Bakal Selesai, Tertarik Beli Rumah di Cikarang Ga

Kemudian ada Automated People Mover (APM) yang menghubungkan kawasan industri di Koridor Timur Jakarta, KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line Double-Double Track (DDT) sepanjang 35 kilometer, Pelabuhan Patimban, dan juga Bandara Internasional Kertajati.

Sebelumnya, Koridor Timur Jakarta sudah memiliki akses transportasi seperti KRL Commuter Line Jakarta-Cikarang, feeder Transjakarta, JR Connexion, Transjakarta, hingga Transpatriot Bekasi.

Koridor Timur Jakarta Dipenuhi Kawasan Industri

Koridor Timur Jakarta merupakan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Industri ini menyerap jutaan tenaga kerja.

Ada lebih dari 50.000 industri dari 30 negara. Perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional ini beroperasi di sejumlah kawasan industri seperti Kawasan Industri MM2100, Jababeka Industrial Estate, Delta Silicon Industrial Park Lippo Cikarang, Bekasi International Industrial Estate, dan East Jakarta Industrial Park (EJIP).

Semua ini menjadikan koridor ini sebagai destinasi investasi dan hunian yang paling potensial. Potensi bisnis ini memberikan prospek bisnis yang menjanjikan bagi para investor.

Baca juga: KRL Commuter Line Akan Menjangkau Karawang

koridor timur jakarta- rumah123.com Enam Perusahaan Pengembang yang Memiliki Proyek Properti di Kawasan Bekasi, Cikarang, dan Karawang Sepakat Membentuk Komite Koridor Timur Jakarta (Foto: Rumah123/Jababeka)
Bagikan: 1306 kali