OK

6 Mantan "Orang Dekat" Jokowi yang Kini Berhasil Naik Pangkat

13/07/2022 by Reyhan Apriathama

mantan orang dekat jokowi yang naik pangkat

Simak daftar mantan “orang dekat” Jokowi, mulai dari kalangan Polri, AL, dan AU yang kini berhasil naik pangkat sebagai jenderal!

Jabatan ajudan Presiden bagi khalayak umum kerap menjadi salah satu posisi yang strategis, bahkan memberikan tanda karier yang cemerlang di masa mendatang.

Bagaimana tidak, seorang ajudan Presiden adalah orang terdekat dari RI 1 yang memiliki potensi untuk memiliki karier yang terus berkembang bahkan memiliki pangkat Jenderal.

Pasalnya, setelah menjadi ajudan Presiden bukan tak mungkin ia langsung mengalami kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Lantas, siapa saja mantan “orang dekat Jokowi” yang kini memiliki karier cemerlang? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Mantan “Orang Dekat” Jokowi yang Berhasil Naik Pangkat

Simak beberapa daftar mantan orang dekat Jokowi dari kalangan Kepolisian, Angkatan Laut dan Angkatan Udara secara lengkap berikut ini: 

1. Listyo Sigit Prabowo 

Jenderal dekat Jokowi_Kapolri

Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden

Mantan orang dekat Jokowi yang pertama adalah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menjabat sejak 27 Januari 2021.

Kedekatan Presiden Jokowi dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo sudah ada sejak menjabat sebagai Kapolresta Surakarta pada 2011 silam.

Ia menjadi ajudan Presiden RI periode 2014-2016, setelah tak menjabat kariernya terus meroket mulai dari Kapolda Banten, Kadiv Propam Mabes Polri, hingga Kabareskrim.

2. Johnny Edison Isir 

Ajudan Presiden Jokowi_Jhonny Edison Isir

Sumber: Puspenerbal.tnial.mil.id

Setelah Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolda Banten, posisi ajudan Presiden RI kemudian digantikan oleh Jhonny Edison Isir.

Mantan orang dekat Jokowi ini merupakan Ajudan Presiden periode 2017-2019, dan sekarang bertugas sebagai Wakapolda Sulawesi Utara.

Setelah tak menjabat sebagai Ajudan Presiden RI, Jhonny Edison Isir pernah menjadi Kapolrestabes Medan hingga Kapolrestabes Surabaya.

3. Hersan 

Laksamana Muda Hersan_ajudan Presiden Jokowi

Sumber: Sindonews.com

Menjabat sebagai Kepala Sekretariat Militer Presiden, Laksamana Muda Hersan pernah bertugas menjadi ajudan Presiden Joko Widodo periode 2014-2016 dari TNI Angkatan Laut.

Alumnus Akademi Angkatan Laut 1994 ini memiliki karier yang moncer setelah menjadi ajudan Presiden mulai dari Komandan Lanal Palembang, Koorsmin Kasal, Asrena Kaskogabwilhan II, hingga Staf Khusus Kasal. 

4. Ili Dasili 

Brigjen Marinir Ili Dasili

Sumber: Indonews.id

Mantan orang dekat Jokowi ini bertugas pada periode 2016-2019, dengan latar belakang dari Korps Marinir.

Selesai bertugas sebagai Ajudan Presiden RI, lulusan Akademi Angkatan Laut 1996 ini menjabat sebagai Komandan Menart-1 Marinir, Koorsmin Kasal, hingga Dankodimar Kodiklatal. 

5. Mohamad Tony Harjono 

Laksamana Madya Tony Harjono

Sumber: Wikipedia.org

Selain Listyo Sigit Prabowo, Marsekal Madya Mohamad Tony Harjono menjadi salah satu mantan orang dekat Jokowi dengan karier yang moncer.

Mantan Ajudan Presiden Jokowi periode 2014-2016 kini menjabat sebagai Komandan Kodiklat Angkatan Udara.

Karirnya sangat moncer setelah menjadi Ajudan Presiden Jokowi, pasalnya ia pernah bertugas sebagai Komandan Lanud Adi Soemarmo, Halim Perdanakusuma hingga Kepala Setmilpres.

6. Mohammad Nurdin 

Marsekal Pertama TNI Mohammad Nurdin

Sumber: Jejakprofil.com

Mantan orang dekat Jokowi yang berasal dari ajudan Presiden RI adalah Marsekal Pertama Mohammad Nurdin.

Ia merupakan Ajudan Presiden Jokowi periode 2016-2019 yang berasal dari Korps Penerbang lulusan Akademi Angkatan Udara 1996.

Kini ia menjabat sebagai Komandan Sektor I Koordinator Operasi Udara I yang berada di wilayah Indonesia bagian barat.

Itulah beberapa daftar Jenderal dekat Jokowi yang dulunya pernah menjadi ajudan kini memiliki karir yang cemerlang. 

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti Summarecon Mutiara Makassar , hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!