Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStock)

Siapa yang tidak tau jika properti merupakan lahan investasi yang menguntungkan? Dengan harga properti yang tidak pernah turun, investor dipastikan akan mendapat untung.

Sayangnya, banyak juga yang mundur sebagai investor sebelum ia benar-benar merogoh koceknya untuk diinvestasikan. Kenapa?

Kebanyakan dari mereka mundur lantaran tidak mengerti "aturan mainnya". Sebagian lainnya justru memang tidak tau bagaimana memulainya.

Tertarik jadi investor? Mari memulai petualangan investasi kamu lewat tahapan ini ya!

Baca juga: Pengin Sukses Investasi Properti, Gak Pake Nyesel? Inilah Kiatnya

Periksa Kondisi Keuangan

Ini semudah membuat daftar aset kamu kok. Hanya saja, tambahkan juga pendapatan dan daftar pengeluaranmu setiap bulannya.

Ini akan membuat kamu tau berapa uang yang mungkin bisa diinvestasikan. Jangan mundur lantaran menganggap diri tidak punya cukup uang ya!

Selama memiliki pekerjaan yang memiliki penghasilan tetap, kamu masih bisa mendapat pinjaman atau kredit dari bank. Nah, ini bisa kamu manfaatkan.

Minta Persetujuan Awal Kredit

Jika kamu memiliki catatan perbankan yang baik, hal ini sangat mungkin, lho! Konsultasikan dengan penghubung kredit sebelum benar-benar mengajukan aplikasi. Jangan langsung mengajukan aplikasi kredit bersamaan karena bisa jadi pertimbangan buruk bank.

Pastikan Tujuan Investasimu

Apa sih yang ingin kamu raih dengan berinvestasi di sebuah properti? Kebanyakan investor ingin mengamankan kondisi keuangan mereka saat memasuki usia pensiun.

Ada pula yang bertujuan mendapat penghasilan tambahan setiap bulannya dari investasi tersebut. Tak kalah penting, kamu juga harus pasang target waktu meraih tujuan tersebut.

Misalnya, kamu ingin mendapat hasil sebagai pengganti penghasilan bulananmu  pada 10 tahun mendatang. Nah, kamu jadi bisa merancang apa-apa saja yang harus dilakukan pada lima tahun pertama dan lima tahun kemudian.

Baca juga: Investor Pemula, Hindari Lakukan 7 Kesalahan Ini!

Buatlah Pembukuan Bujet

Hal ini mungkin sangat menyebalkan, tapi sangat membantu mengontrol pemasukan dan pengeluaranmu. Nah, ini harus dilakukan sebelum mencari propertimu.

Ikuti Perkembangan Informasi Properti

Mengetahui kondisi pasar tentu menjadi kunci sukses sebuah investasi. Kapan harga properti meningkat atau menurun, pun dengan harga sewa.

Hal ini bisa dilakukan dengan terus memantau melalui situs properti seperti Rumah123. Di situs ini, tak hanya bisa memantau fluktuasi harga, bisa juga melihat daerah-daerah yang menjadi favorit konsumenmu.

Tetap Fokus

Pastikan kamu fokus dalam menjalankan bisnis ini. Investasi properti mengutamakan keputusan logika, bukan emosi semata.

Selain itu, jangan mudah terpengaruh sebuah kondisi yang kamu sendiri belum mengerti. Pastikan meminta pertimbangan atau konsultasi pada ahlinya.

Bagikan: 2183 kali