Solusi penyimpanan sepatu yang "stylish". Biasakan duduk di kursi atau bangku saat kamu melepas sepatu, lalu memegangnya di tangan dan kamu langsung menempatkannya di lemari atau ke rak, sehingga sepatu tersimpan rapi. Foto: Getty
 

Menyimpan sepatu memang bukan masalah besar. Apalagi kalau kamu masih sendirian, belum berkeluarga. Seberapa banyak sih sepatumu? Namun, kalau kamu ga punya tempat penyimpanan yang pasti buat para sepatu, apakah kamu masih sendirian atau sudah punya pasangan berikut ‘buntut’ (anak-anak), maka itu bisa jadi masalah juga.

Gimana cara kamu menempatkan sepatu? Lempar ke mana saja begitu nyampe di rumah? Atau tumpuk saja di sudut ruangan, hingga ketika sepatu diperlukan, maka mengobrak-abrik tumpukan sepatu jadi kegiatan dadakanmu? Jangan gitu ah!

Baca juga: Aduh, Simpan Koleksi Tas dan Sepatu di Mana ya?

Emang paling enak dan gampang tuh melepaskan sepatu sampai di rumah dan menggeletakkannya di mana saja, ya kan? Tapi, sadar ga kamu, lama-lama sepatu-sepatu ini akan menumpuk juga dengan cepat, bikin sepatumu cepat rusak kalau bukan hancur lebur.

Peter Walsh di laman realestate.com.au (05/03/2018), memberi setengah lusin ide cara menyimpan sepatu di rumah, mau tahu kan?

Ke-1. Gunakan rak.

Kamu sebaiknya memang punya rak sepatu di rumah. Kalau kamu merasa tak ada rak sepatu di pasaran yang cocok buat rumahmu, maka buatlah sendiri. Rak sepatu bervariasi, bentuknya ada yang berupa beberapa pipa PVC, peti anggur, rak buku tua. Intinya, temukan rak sepatu yang menurut kamu pas buat ditempatkan di rumahmu.

 
Rak sepatu praktis sekaligus bergaya sehingga bisa menjadi dekorasi ruangan dengan fungsi tempat duduk ekstra. Rak sepatu Skandinavia ini asal Kmart. Foto: Kmart
 

Baca juga: Tepat Tempatkan Rak Sepatu

 

Ke-2. Rak sepatu instan.

Kalau kamu jenis orang yang suka cepat-cepat melepaskan sepatu begitu sampai di rumah, maka rak sepatu yang cocok buat kamu adalah rak sepatu instan (bukan jenis lemari berpintu). Atau bisa juga kamu menempatkan rak sepatu instan ini di bawah lemari pakaian.

 
Penyimpanan sepatu di walk-in-wardrobe. Lemari pakaian besar di 93 Preston Point Road, Fremantle Timur, ini mempermudah kalau kamu punya kebiasaan melepas sepatumu begitu kamu melangkahi pintu masuk ke rumah. Foto: realestate.com.au
 

Ke-3. Sepatu berhak dengan yang berhak, yang flat dengan yang flat.

Kelompokkan sepatu sesuai jenisnya, maka begitu kamu mencari sepatu lari, misalnya, kamu bisa menemukannya dengan cepat. Begitu juga dengan sepatu jenis yang lainnya. Kamu bisa menemukannya dengan cepat saat sedang dibutuhkan.

Pastikan kamu memasukkan jenis sepatu yang tepat pada tempat yang tepat. Yang berhak dengan yang berhak, yang flat dengan yang flat. Langkah ini juga merupakan usaha yang efektif agar kamu ga membeli jenis sepatu yang sama berulang-ulang berhubung akan selalu kelihtan wujud sepatu tersebut bila disimpan dengan cara ini.

 
Lemari pakaian terorganisasi. Dengan menyimpan sepatu berdasarkan kategori dan bentuk, pemilik lemari pakaian ini akan tahu persis berapa pasang sepatu hak tinggi, flat, dan sepatu olahraga, yang dimilikinya. Foto: Getty
 

Baca juga: Begini Nih Cara Gampang untuk Menyimpan Sepatu di Rumah

Ke-4. Simpan dalam kotak sepatu. 

Jarang orang menyimpan kotak sepatu yang asli saat dia beli dulu, kebanyakan orang membuangnya. Kecuali, tentu saja kotak asli sepatu itu sangat istimewa dan sepatu yang kita beli memang membutuhkan kotak khusus aslinya.

Akan tetapi, menyimpan sepatu dalam kotak akrilik transparan yang berukuran sama adalah ide yang baik. Dengan kotak semacam ini, kamu bisa dengan mudah melihat sepatu mana yang ada di dalam setiap kotak. Sepatu pun aman dari debu dan hewan-hewan kecil yang mungkin merusak kulitnya.

Kalau kamu termasuk yang suka menyimpan kotak asli sepatu, coba potret sepatunya lalu tempelkan foto itu di bagian luar kotak sepatu. Jadi, saat mencari sepatu kamu sudah tahu jenis sepatu apa yang ada di dalam kotak penyimpanan tersebut.

 
Kotak penyimpanan sepatu akrilik. Jika kamu memilih solusi penyimpanan sepatu semacam ini, maka sepatumu akan awet. Foto: Getty
 

Ke-5. Tumpuk sepatu dengan cerdik.  

Menempatkan sepatu kiri berhadapan dengan sepatu kanan sehingga berbentuk persegi panjang lebih menghemat ruang ketimbang meletakkannya berdampingan kanan-kiri. Ada laci penyimpanan sepatu yang bisa menyimpan sepatu dalam posisi berhadapan tersebut.

   
Loker sepatu Jepang. Solusi penyimpanan sepatu yang kreatif. Kabinet vintage ini terlihat funky dan memiliki laci berukuran ideal untuk menyimpan sepatu bertumpuk rapi. Foto: Tamara Graham
 

Baca juga: Menjadikan Ruang di Bawah Tangga Menjadi Fungsional Sebagai Storage  

Ke-6. Tempat penyimpanan sepatu berventilasi.

Kalau sepatumu mesti disimpan di tempat penyimpanan yang berventilasi baik, semisal kamu menyimpannya di bagian belakang lemari, pastikan kamu memasukkan zat penyerap bau di dalam sepatumu. Langkah kecil ini akan membantu menghindari bau kaki yang berkepanjangan yang tentunya mengganggu kenyamanan ruangan. Apalagi kalau di rumah ada banyak penghuni yang berkegiatan aktif setiap hari dan memakai sepatu  tersebut.

 
Jika sepatumu dipakai secara teratur dan perlu dijaga, simpan di rak terbuka yang terletak di area yang berventilasi baik. Foto: IKEA

Bagikan: 27943 kali