Foto: Rumah123/iStock

Rumah sehat adalah impian hampir setiap orang. Kalau kamu sudah bisa beli rumah, jangan lupa menjadikannya rumah yang sehat. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar rumahmu bisa disebut rumah yang sehat.

  1. Konstruksi Bangunan Aman

Dari segi fisik rumah, rumah yang konstruksinya lebih kokoh dan dibangun dengan material berkualitas tentunya akan lebih aman dan nyaman bagi para penghuninya ketimbang yang sebaliknya. Sebagai tempat tinggal, sudah seharusnya bangunan rumah sesuai standar bangunan yang aman.

Baca juga: Ayo, Bikin Rumah Sehat!

  1. Jumlah Ruangan yang Cukup

Agar para penghuni rumah bisa nyaman dan bahagia, tersedia ruang istirahat atau ruang privasi bagi masing-masing penghuni. Jadi, sebaiknya kamar tidur anak terpisah dari orangtua. Ruang santai dan area makan keluarga juga harus diperhatikan. Di ruangan tersebut, semua anggota keluarga bisa bersantap sembari berdialog dan bercanda.

Penempatan furnitur semisal kursi dan meja di ruangan jangan sampai menghalangi lalu-lalang para penghuni. Selalu pelihara kebersihan ruangan, terutama kebersihan kamar mandi, berikut WC.

Baca juga: Mau Rumah Sehat? Bikin Dong Pencahayaan Alami Seperti Rumah Ini

  1. Bebas Bahan Kimia Berisiko

Meniadakan sama sekali bahan kimia di dalam rumah memang hampir tak mungkin. Sabun deterjen, karbol pel, pengharum ruangan, penyemprot serangga terutama nyamuk, dan sebagainya rutin kita gunakan dalam rumah. Kalau penggunaan bahan kimia di dalam rumah tak mungkin ditiadakan, paling tidak dikurangi, semisal pengharum ruangan bisa diganti dengan bunga yang harum.

Penggunaan berlebihan bahan-bahan kimia sangat memengaruhi kondisi kesehatan penghuni rumah. Baik yang masuk melalui paparan di kulit ataupun terhirup melalui pernapasan. Obat anti-nyamuk, misalnya, dalam jangka waktu lama kalau mengendap dalam tubuh bisa membahayakan kesehatan para penghuni rumah. Solusinya, jangan lupa mencuci tangan setiap kali berkontak dengan bahan-bahan kimia berisiko, semisal setelah menyemprot nyamuk.

  1. Ruangan Tak Kelewat Panas

Untuk menghindari kegerahan saat penghuni berada dalam rumah, cobalah menanam pohon di halaman atau menempatkan tanaman pot di ruangan. Mengganti lampu pijar dengan lampu LED juga merupakan upaya membuat rumah tak terlalu panas.

Baca juga: Wujudkan Rumah Sehat

  1. Bebas Pertengkaran

Rumah yang sehat secara psikologis bisa berarti bebas dari masalah-masalah yang bisa memicu pertengkaran antar-penghuni rumah. Baik suami dengan istri, maupun kakak dengan adik. Kalau penghuni rumah bertengkar terus, apalagi suasana rumah jadi gaduh, ya akan memengaruhi kondisi kesehatan jiwa para penghuni rumah.

  1. Keseimbangan Sosial

Sebisa mungkin, pilihlah rumah yang lingkungan sosialnya tak timpang. Para tetangga di kanan-kiri memiliki tingkat ekonomi yang relatif sama. Tujuannya, agar tidak menimbulkan permasalahan psikologis pada penghuni rumah, juga untuk menghindari kecemburuan sosial.

 
Bagikan:
2364 kali