Pernah menginginkan sesuatu yang rasanya mustahil untuk terwujud? Kamu bisa kok membuat harapan tersebut menjadi kenyataan lewat lucid dream

lucid dream

Coba bayangkan kamu sedang makan malam romantis dengan idola atau kekasih hati ditemani cahaya temaram dari lilin di pojok ruangan. 

Sepertinya ada yang kurang, kamu pun berpikir untuk menambahkan lagu sensual yang memikat bak di film-film.

Hebatnya tiba-tiba langsung terdengar bunyi sesuai yang kamu inginkan. 

Ingin rasanya mencicipi sajian steak daging yang lembut terus tanpa sadar sudah tersaji tepat di depan matamu. 

Semuanya terasa nyata dan bukan hanya ilusi semata, padahal kamu sadar betul kalau itu cuma mimpi tapi kenapa bisa sesuai dengan perintah otakmu? 

Ini dia yang dinamakan dengan lucid dream yang bisa bikin siapapun mengendalikan mimpi sesuka hati. 

Daripada semakin penasaran, langsung simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Lucid Dream? 

Lucid dream adalah suatu fenomena yang terjadi di dalam alam mimpi yang membuat seseorang dapat dengan sadar mengamati peristiwa yang sedang terjadi hingga mengendalikan mimpi tersebut. 

Jika kamu sering bingung mencari arti mimpi atau suka browsing tafsir mimpi tertentu, dalam lucid dream kamu adalah sang sutradara. 

Ciptakan berbagai hal yang terlintas di otakmu agar langsung terwujud dalam berbagai bentuknya di hadapanmu. 

Fantasi terliar apapun akan dapat berlangsung layaknya realita di dunia nyata yang bisa kamu lihat, dengar, sentuh, rasakan, hingga mencicipi, semua tanpa ada batasan. 

Dengan demikian kamu tidak perlu lagi pusing dan kebingungan untuk bertanya tentang arti mimpi ke Mbah Google setiap habis bangun tidur, karena semua kendali ada di tanganmu. 

Bukan hanya itu, pada saat sedang mengalami lucid dream, kamu bisa memilih untuk bangun kapanpun tanpa menunggu bunyi alarm atau ayam jantan yang berkokok di pagi hari. 

Enaknya lagi, kamu akan berada pada kondisi benar-benar sadar sehingga bisa kembali mengingat peristiwa yang baru saja terjadi tanpa perlu melakukan tafsir mimpi ini itu. 

Baca juga: Mimpi Renovasi Rumah? Artinya Pertanda Baik akan Datang

Lucid Sudah Terbukti Secara Ilmiah, Bukan Ilusi Semata 

Mungkin sekarang kamu sedang meragukan kebenaran lucid dream yang terdengar bak khayalan anak-anak yang sedang berfantasi saja. 

Apalagi kaitannya dengan arti mimpi yang sungguh menggoyahkan nalar dan batas-batas kelaziman yang patut dipertanyakan keberadaannya. 

Fenomena lucid dream telah lama dikenal dan dipraktekkan oleh para biksu di Tibet sejak ratusan tahun silam.  

Baru kemudian sebuah studi ilmiah yang dikembangkan di akhir tahun 1800-an oleh sinolog berkebangsaan Prancis bernama Marquis d’Hervey de Saint-Denys memperkenalkan istilah “rêve lucide”. 

Penelitian tentang lucid dream dan tafsir mimpi yang berkaitan dengan dunia kesehatan mental turut dikembangkan oleh dokter jiwa asal Belanda

Yaitu Frederik van Eeden lewat artikel Proceedings of the Society for Psychical Research yang dipublikasikan di London pada tahun 1914. 

Psikolog Inggris, Celia Green kemudian memperkuat teori tentang fenomena unik tersebut dengan menemukan potensi tubuh yang tetap tersadar meski sedang bermimpi. 

Dari sinilah Celia mencetuskan pertama kali istilah rapid eye movement (REM) yang merujuk ke kondisi dalam tidur yang ditandai dengan gerakan acak dan cepat dari mata. 

Seperti itulah awal mula pembuktian arti mimpi yang dapat dikendalikan melalui lucid dream yang akhirnya dikenal dalam istilah modern kini. 

Baca juga: Mimpi Rumah Tetangga Kebakaran, Pertanda Apa Ya

Cara Mencapai Lucid Dream 

Mau mewujudkan keinginan yang selama ini terpendam di dalam benak seakan menjadi kenyataan?

Layaknya Genie dari film Aladdin, pastinya menggugah rasa penasaran banyak orang untuk mencoba. 

Siapa sih yang tidak tertarik untuk mengendalikan mimpi sesuatu keinginan hati? 

Tapi apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mencapai lucid dream

Kamu dapat mempelajari tahapan berlangsungnya lucid dream untuk memastikan jika nanti beruntung mendapatkannya. 

1. Coba “Bangun” dalam Tidur 

Kondisi pertama ini dirasakan saat kamu merasa sedang “terbangun” dalam dunia mimpi dan sadar sepenuhnya kalau sedang berada di bawah alam bawah sadar. 

2. Terbantu dengan “Ketindihan” 

Sleep paralysis alias ketindihan menjadi tahapan penting karena kondisi tubuh yang masih terlelap akan sulit digerakan, padahal kamu kesadaran kamu sudah kembali. 

Ketindihan adalah fenomena yang kerap ditandai dengan tafsir mimpi buruk yang menyeramkan. 

3. Pasrahkan Diri dan Lanjutkan Lucid Dream 

Untuk dapat melanjutkan mimpi ke tahapan lucid dream berikutnya, kamu tidak boleh sampai terbangun dari kondisi sleep paralysis tadi. 

Tetap tenang, tarik nafas dalam-dalam, dan cobalah untuk kembali menutup mata agar kembali ke alam mimpi. 

4. Sugesti Memori Prospektif 

Ini dia kesempatan yang dapat kamu gunakan memastikan bahwa kesadaran dan ingatanmu tetap terjaga saat sedang bermimpi. 

Cobalah dengan membuat sugesti “aku akan mengingat semua hal yang akan terjadi di dalam mimpi bahkan setelah terbangun nanti” tepat sebelum kembali terlelap dari ketindihan. 

Otak kamu akan mengalami yang namanya memori prospektif yaitu semacam perintah yang ditanamkan sebagai panduan menuju alam mimpi. 

Setelah tiba dalam lucid dream kamu bisa menciptakan realita impian tanpa perlu repot-repot memikirkan arti mimpi nantinya. 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bermimpi indah!

Bagikan:
807 kali