Di era internet seperti sekarang, kehadiran Wi-Fi di rumah seakan menjadi kewajiban.

Ada banyak trik yang bisa digunakan untuk membuat sinyal WiFi di rumah jadi lebih kencang - Rumah123.com Ada banyak trik yang bisa digunakan untuk membuat sinyal WiFi di rumah jadi lebih kencang (Rumah123.com/Getty Images)

Bukan cuma digunakan untuk kebutuhan hiburan, tapi WiFi juga dibutuhkan untuk mencari uang. Misalnya kamu yang bekerja sebagai freelancer, tentunya membutuhkan koneksi internet yang lancar kan? Untuk itu, gak heran kalau hampir setiap rumah sudah terpasang WiFi.

Penyebab WiFi di rumah lemot

Untuk memasang WiFi di rumah, kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Harganya tentu saja tak murah, bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Walau mahal, tak jarang koneksi internet WiFi lelet dan terputus-putus. Biasanya, penyebabnya adalah karena sinyal radio dari berbagai barang-barang elektronik di sekitar perangkat router dapat mengganggu sinyal jaringan WiFi, kelebihan muatan karena banyak perangkat yang tersambung, atau firmware pada router telah melewati masa pakai.

6 cara mempercepat koneksi Wi-Fi di rumah

Nah, jika kamu mengalami WiFi lemot di rumah, ternyata ada sejumlah trik loh yang bisa membuat koneksinya lebih kencang. Penasaran apa saja caranya? Berikut 5 rahasianya!

Gunakan router tipe terbaru

Jika kamu baru akhir-akhir ini memasang Wi-Fi di rumah, kemungkinan router yang dimiliki adalah router tipe terbaru. Tapi jika kamu sudah memasangnya dari lama, kemungkinan router di rumahmu masih versi lama. Jika kamu mengalami koneksi lemot, bisa jadi penyebabnya ada pada router yang sudah lewat masa pakai.

Pastikan bahwa router yang kamu gunakan adalah tipe yang paling baru. Supaya gampang, cukup pastikan terdapat kode “AC” pada router-mu. Kode tersebut memiliki makna bahwa teknologi yang digunakan adalah yang paling mutakhir. 

Cari posisi router yang tepat

Posisi router juga menentukan kekencangan sinyal internet. Jika kamu berada di kamar belakang, sedangkan router diletakkan di ruang tamu, tentu perangkatmu akan kesulitan untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi. Untuk itu, letakkanlah router di tengah-tengah rumahmu. Dengan begitu, setiap anggota keluarga bisa menerima sinyal dengan baik. 

Jauhkan perangkat elektronik lain dari router

Ada sejumlah perangkat elektronik yang bisa mengganggu sinyal Wi-Fi. Misalnya seperti microwave, telepon tanpa kabel, lampu LED, bahkan koneksi bluetooth. Jauhkanlah router dari perangkat-perangkat tersebut supaya koneksinya tak terganggu. 

Kontrol bandwith

Kamu bisa membatasi aplikasi dan situs yang menyedot Wi-Fi seenaknya dengan menggunakan Quality of Service (Qos). Dari situs tersebut, tentukan prioritas aplikasi yang bisa dan tidak bisa menyedot bandwith.

Gunakan WiFi booster, repeater, atau ekstender. 

WiFi booster, repeater, dan ekstender adalah perangkat yang memperluas jangkauan WiFi dengan menyiarkan ulang sinyal WiFi di rumah. Walaupun cara kerjanya berbeda-beda, ketiganya memiliki fungsi yang sama. 

Lindungi WiFi dari pencuri sinyal

Banyak oknum nakal yang pintar mencuri sinyal WiFi rumah orang, sehingga sinyal internet semakin terbatas. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengganti username dan password default administrator, mengganti SSID, mengganti mode keamanan menjadi WPA2, dan pilih password panjang yang susah ditebak.

Bagikan: 17578 kali