Cara membersihkan printer

Cara membersihkan printer adalah pertolongan pertama untuk melakukan identifikasi kerusakan yang terjadi pada mesin pencetak kertas di rumah.

Pasalnya, kerusakan printer bisa terjadi karena berbagai faktor, sekalipun bermasalah pada sisi cartridge yang mudah kering sekalipun berpengaruh terhadap mesinnya.

Oleh sebab itu, kamu pun harus mengetahui cara membersihkan printer untuk menjaga fungsi mesin dalam keadaan optimal.

Lantas, seperti apa langkah-langkah menjaga kebersihan printer di rumah selama masa WFH? Simak pembahasannya bersama-sama!

Cara membersihkan printer, serta langkah-langkahnya supaya tidak mudah rusak

Untuk mencegah kerusakan yang terjadi, kamu pun perlu mengetahui cara membersihkan printer baik khususnya pada sistem maupun internal printer berikut ini.

1. Masuk kedalam sistem printer kamu 

Selain membersihkan bagian luar, kamu pun bisa membersihkan printer dalam, khususnya pada sisi cartridgenya.

Langkah pertama yang kamu perhatikan adalah mencari devices printer yang kamu gunakan di rumah, sekalipun jika terhubung secara nirkabel.

Baca Juga : 5 Antivirus Terbaik 2020 untuk Komputer | Bisa Diunduh Gratis!

2.  Pilih printer yang akan di head cleaning, lalu pilih printer properties

Setelah masuk ke dalam sistem, kamu pun bisa mengetahui printer properties, sesuai dengan komposisi yang berada di rumah.

Printer properties bertujuan untuk melakukan identifikasi jenis printer yang kamu gunakan, sehingga mempermudah proses pembersihan.

3.  Pilih bagian maintenance, kemudian sudah terlihat Pilihan head cleaning 

Sebelum kamu melakukan pembersihan, pastikan kalian periksa nozzle sebelum melakukan head cleaning. 

Ada beberapa opsi dan cara membersihkan printer berikut ini : 

- Cleaning : Proses pembersihan tinta yang lebih ringan (disarankan harus dilakukan sebelum menuju Head Cleaning). - Head Cleaning :  Pembersihan yang lebih mendalam untuk melakukan pembersihan (menguras tinta). - Nozzle Check : Pengecekan kondisi cetak yang berlangsung.

4. Lakukan pembersihan seperlunya 

Tidak harus membersihkan secara sempurna, namun diharuskan untuk sewajarnya untuk mengurangi kerusakan. 

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebagai berikut : 

- Jika dirasa hasil cetak printer baru saja mengalami error dan tidak terlalu parah, diusahakan untuk menggunakan cleaning biasa pada warna tertentu. - Apabila kualitas hasil cetak dalam kondisi buruk meski sudah cleaning biasa, tidak ada hasil bisa mencoba dengan melakukan pembersihan secara deep cleaning.

5. Pilih bagian maintenance, terlihat pilihan head cleaning 

Tunggu hingga proses cleaning selesai, biasanya memerlukan waktu beberapa detik yang ditandai dengan muncul pilihan untuk memeriksa pola yang berasal dari cartridge.

Setelah proses cleaning, cara membersihkan printer muncul pilihan pola yang dihasilkan atau tidak.

6. Mengganti cartridge bila perlu 

Apabila pembersihan internal tidak berhasil dilakukan,  maka solusi yang harus kamu perhatikan adalah mengganti cartridge jika diperlukan.

Penggantian cartridge bertujuan untuk mengembalikan tekstur warna printer supaya dalam kondisi yang baik, sekalipun menjaga fungsi printer dalam kondisi optimal.

Tujuan Head Cleaning sebagai salah satu cara membersihkan printer 

Meski pembersihan diperbolehkan secukupnya saja, kamu pun tak ada salahnya melakukan head cleaning dengan beberapa manfaat sebagai berikut :

- Melancarkan sistem tinta cartridge printer  - Menghilangkan sumbatan tinta yang mungkin ditimbulkan karena sedikit mengering. - Perawatan bersifat preventif dalam menjaga fungsi printer.  - Mengatasi masuk angin yang terjadi pada printer infus.

Meski menjadi salah satu cara membersihkan printer yang baik, namun harus diperhatikan jika hal ini tidak diperbolehkan apabila printer yang kamu gunakan dalam keadaan masih baru.

Pasalnya, untuk penggunaan pribadi saja, sebuah printer akan membersihkan secara natural, khususnya dalam kondisi shut down.

Baca Juga: 7 Pilihan Meja Komputer untuk Ruangan Sempit di Bawah Rp500 Ribu

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai langkah-langkah yang harus diperhatikan sebagai cara membersihkan printer di rumah supaya tetap awet dan berkualitas.

Sebab, meski masa pandemi dan WFH, kualitas mesin printer tetap harus diperhatikan sekalipun fungsinya terus berjalan.

Yuk, cari tahu tips dan trik untuk terus produktif selama masa WFH, selengkapnya di artikel.rumah123.com

"Sedang cari rumah idaman dengan harga terjangkau? Kamu bisa pilih Dua Putri Mandiri Pekanbaru selengkapnya."

Bagikan:
1050 kali