jakarta banjir- rumah123.com Ilustrasi Banjir. Ada Sejumlah Hal yang Bisa Dilakukan Sebelum Banjir Melanda Rumah Kamu. Banjir Menjadi Salah Satu Bencana yang Sering Terjadi di Indonesia (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pergantian tahun diwarnai dengan hujan deras yang membuat sebagian Jakarta banjir. Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan saat rumah terancam terendam banjir.

#Banjir menjadi trending topic di media sosial Twitter pada Rabu, 1 Januari 2020. Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir.

Foto-foto banjir juga disebarkan melalui akun percakapan seperti WhatsApp. Sederetan media mewartakan banjir yang terjadi di ibu kota.

Baca juga: Waspada, Ada 86 RW di Jakarta yang Ternyata Rawan Banjir

Sejak Selasa, 31 Desember 2019, Jakarta diguyur hujan lebat. Hujan terus terjadi hingga keesokan harinya. Banjir pun melanda sejumlah kawasan di Jakarta.

Ada berita yang menyatakan banjir di sebuah kawasan sudah masuk ke dalam rumah. Banjir yang terjadi di Jakarta sering kali memang tidak biasa. Ada kawasan yang biasa dilanda banjir, namun ada juga wilayah yang tiba-tiba terendam banjir.

Bisa jadi, di depan rumah kamu biasanya hanya ada genangan air. Namun, di lain waktu, genangan air bisa masuk ke rumah. Air bisa meninggi dengan cepat, untuk itu kamu harus melakukan sejumlah langkah untuk mengatasinya.

Baca juga: Jelang Musim Hujan, Operator MRT Jakarta Telah Bersiap Antisipasi Banjir

Situs properti Rumah123.com mengulas sejumlah tips yang bisa dilakukan saat rumah kamu terancam terendam banjir. Banjir menjadi salah satu bencana yang kerap terjadi di Indonesia.

1. Memantau Berita Banjir Melalui Semua Saluran

Kamu harus rajin memantau berita melalui semua saluran mulai dari televisi, radio, media sosial, hingga aplikasi percakapan. Jangan sampai kamu ketinggalan informasi, apalagi jika rumah kamu memang langganan banjir atau dekat aliran sungai.

Jika terus up date berita maka kamu bisa bersiap untuk menghadapi banjir. Jangan lupa untuk tetap memantau informasi dari mana saja, namun jangan sampai kamu percaya hoax ya.

2. Mengamankan Dokumen dan Barang Berharga

Saat air mulai memasuki rumah, kamu jangan panik. Kamu harus segera mengamankan barang berharga. Kamu bisa mengemas pakaian dan menaruhnya di atas lemari.

Hal terpenting yang harus kamu selamatkan adalah dokumen penting. Dokumen ini seperti akte kelahiran, ijazah, buku nikah, paspor, KTP (kartu tanda penduduk), dan lainnya. Biasakan kamu menaruh semua dokumen anggota keluarga ini dalam satu tas. Jadi kamu mudah untuk menyelamatkannya.

Kamu juga harus bertindak cepat untuk menyelamatkan barang berharga lain seperti mobil, motor, sepeda, hingga binatang peliharaan.

3. Menyiapkan Tas untuk Mengungsi

Sebelum banjir datang, kamu harus menyiapkan tas yang berisi semua perlengkapan dan kebutuhan. Tas ini berisi pakaian, obat-obatan, makanan, dokumen, senter, smartphone, charger, laptop, dan lainnya.

Kamu harus memiliki tas yang mudah dibawa seperti tas punggung atau traveling bag. Tentunya kamu tidak disarankan untuk mengungsi dengan bawa koper.

4. Bersiap Mengungsi Ke Tempat Lain

Jika air terus meninggi sementara rumah kamu hanya memiliki satu lantai, maka mau tidak mau kamu dan keluarga harus mengungsi. Sebelumnya, kamu harus bersiap dengan membawa pakaian secukupnya dan peralatan mandi serta lainnya.

Kamu bisa mengungsi ke mana saja mulai dari hotel, rumah saudara, atau rumah teman. Namun, jika kawasan kamu terkepung banjir dan pilihan mengungsi adalah tempat pengungsian, maka kamu harus bersiap untuk tinggal sementara bersama orang lain.

Jika di rumah kamu ada orang berusia lanjut seperti orang tua, mertua, kakek nenek, atau paman bibi, kamu harus segera mengungsi. Begitu juga kalau di rumah kamu, ada bayi atau balita, kamu sebaiknya langsung mengungsi.

5. Mengunci Pintu Rumah dan Menutup Jendela

Sebelum kamu mengungsi, jangan lupa untuk mengunci seluruh pintu rumah dan juga menutup jendela. Hal ini untuk mencegah orang yang memanfaatkan kesempatan saat bencana.

Pastinya banyak orang yang memilih mengungsi. Kalau pun ada yang bertahan, mereka tidak memerhatikan rumah orang lain. Jangan sampai rumah kamu dimasuki maling.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Papua, Gempa Terjadi Lagi di Lombok, Kamu Wajib Paham Mitigasi Bencana

Bagikan:
1481 kali