Kehadiran pendingin ruangan AC sudah menjadi hal yang esensial dalam sebuah rumah, mengingat suhu udara terus-terusan panas akhir-akhir ini.

Bahkan saking panasnya, mungkin AC di dalam rumah bisa digunakan seharian tanpa istirahat. 

Karena digunakan terus menerus, penting sekali merawat pendingin ruangan AC agar benda tersebut awet usianya. Sebab, membeli AC tentu tak semudah membeli jajanan, mengingat harga AC yang tak murah. 

Supaya AC di rumah tetap awet dan berfungsi dengan optimal, ikuti tips berikut ini dalam merawatnya!

Ketahui tanda kapan pendingin ruangan AC harus diservis

Apakah AC di rumahmu kurang dingin? Atau AC membutuhkan waktu hingga satu jam untuk mendinginkan ruangan? Artinya, sudah saatnya AC-mu diservis. Jangan tunggu AC benar-benar rusak. Ketika sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, segera hubungi servis AC. 

Lakukan servis AC secara rutin

Banyak orang yang menunggu AC mereka rusak, atau menunggu satu tahun untuk memanggil tukang servis AC. Padahal idealnya dalam ruangan kamar, AC sebaiknya diservis secara rutin selama 3 bulan sekali.

Ketahui 3 penyebab masalah kebocoran pendingin ruangan AC

Kebocoran juga menjadi salah satu penyebab utama AC mengalami kerusakan. Terdapat 3 penyebab masalah kebocoran. Pertama-tama, karena pipa dan saringan kotor. Kedua, karena kurangnya freon yang menyebabkan udara dingin melewati pipa, sehingga menimbulkan kebocoran.

Apabila terdapat es pada kondensor AC, artinya kamu harus segera menambahkan freon pada AC.  Terakhir, karena evaporator pada AC berkarat. Hal ini sering terjadi pada rumah yang terletak di pinggir pantai. 

Baca juga: Rumah Minim AC: Hemat Energi dan Biaya Listrik, Namun Tetap Sejuk!

Deteksi pendingin ruangan yang bermasalah dengan cara mudah

Cara ini adalah langkah praktis yang bisa jadi pertanda apakah kamu sudah harus memanggil servis AC atau tidak. Letakkan tangan di samping kondensor, dan rasakan suhu dari hembusan tersebut. Bila hembusan hangat, tandanya mesin AC masih bisa bekerja dengan baik. Sedangkan jika suhunya dingin, artinya sudah saatnya memanggil servis AC. 

Bersihkan filter AC secara berkala

Selain memanggil jasa servis AC, lamu juga bisa membersihkan filter AC secara berkala. Cara ini efektif untuk membersihkan evaporator untuk mengeluarkan udara dingin pada ruangan. Cukup tarik filter AC, lalu semprot filter dengan air keran dan keringkan. Pasang kembali filter dan tutup dengan benar. 

Bagikan: 3842 kali