Foto: Rumah123/Getty
 

Televisi (TV) saat ini merupakan barang "wajib" di setiap rumah. Hampir ga ada rumah yang tanpa TV. Biasanya setelah lelah beraktivitas, kita bisa menghabiskan waktu bersantai dengan keluarga sembari menonton TV. Tapi, sayangnya, banyak yang belum tahu apa aja yang sebaiknya diperhatikan perihal menonton TV.

Lantas, apa aja sih aturan-aturan menonton TV?

Ke-1, perhatikan pencayahaan di sekitar area menonton TV. Pencahayaan yang tepat saat menonton TV akan membuat mata nyaman dan mengurangi potensi kerusakan di kemudian hari.

Ke-2, kalau pencahayaan sudah tepat, jangan abaikan kepekaan mata. Kalau merasa mata sudah lelah, alihkan pandangan sebentar kepada hal lain, semisal ke hiasan di sekitar ruangan. Kalau mata terasa perih, coba berkediplah, maka mata akan kembali lembap dan mengurangi risiko iritasi.

Baca juga: Tiga Jurus Jitu Pilih Meja TV Biar Nonton Jadi Asik

Ke-3, ada rumus yang bisa kamu terapkan saat menonton TV, yakni 20-20-20. Artinya, 20 menit menatap layar, 20 detik istirahat, lalu alihkan pandangan sejenak pada objek berjarak 20 meter.

Ke-4, batasi waktu menonton TV. Kebanyakan menonton TV buat siapa pun tentunya gak baik. Apalagi untuk anak-anak. Washington Post pernah melansir sebuah hasil riset yang menyatakan 25% orang Amerika Serikat malas keluar rumah. Ada istilah indoor generation yang artinya generasi yang menghabiskan waktu lebih banyak di dalam rumah ketimbang di luar rumah (outdoor).

Ke-5, jangan lupa lakukan kegiatan outdoor juga. Menurut riset Federal Bureau of Labor Statistics, ada kebiasan orang saat ini mengisi waktu luangnya hanya dengan menonton TV. Menurut data Pemerintah Federal AS, banyak orang menghabiskan sampai 3 jam di depan TV. Sebaiknya imbangi kebiasaan menghabiskan banyak waktu di depan TV dengan kebiasaan berkegiatan di luar rumah semisal olahraga atau tamasya.

Bagikan: 573 kali