Foto: Rumah123/Getty
 

Mengecat rumah memang salah satu cara palinggampang dna murah agar suasana rumah lebih oke. Ayo, cat ulang rumah untuk mengundha suasana baru. Tapi, kamu harus berhati-hati saat mengecat. Hampir semua cat, baik yang water base maupun solven base, ketika masih basah  berefek buruk bagi tubuh kita.

Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam cat, misalnya minyak, resin, maupun logam, dapat memberikan efek yang tak diingankan untuk tubuh. Tentunya, kita tak ingin efek buruk tersebut menimpa tubuh kita.

Baca juga: Mengecat Sendiri Rumah, yang Bilang Susah Tuh Sapa?

Berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika mengecat agar aman dan terhindar dari risiko:

Ke-1, Pakai Masker

Sebagian besar cat mengeluarkan bau tajam saat diaplikasikan pada dinding, bahkan hingga beberapa hari kemudian. Bau tersebut berasal dari bahan kimia yang berada di dalamnya. Untuk menghindarinya, gunakan masker saat kamu mengecat, terutama jika kamu menggunakan cat berbahan dasar minyak atau solvent base.

Ke-2, Pastikan Ventilasi Rumah Berfungsi

Bau tajam cat bisa dikurangi kalau udara dalam ruangan rumah mengalir lancar. Untuk itu, sebelum mengecat, pastikan sirkulasi udara lancar dan cukup lebar. Jika jendela pada ruangan yang akan kamu cat tidak cukup lebar, kamu bisa menggunakan kipas angin untuk mengalirkan udara keluar ruangan.

Baca juga: Nah, Ini Dia Nih Cara Tepat Mengecat Dinding Rumah

Ke-3, Pakai Sarung Tangan

Cat yang belum kering adalah benda cair, maka ketika proses pengecatan terjadi, bisa saja tanganmu tertetes cat. Pakailah sarung tangan saat mengecat. Kamu dapat mengenakan sarung tangan berbahan kain maupun plastik. Kalau tangan terkena cat, segeralah bersihkan cat tersebut. Jangan menunggu hingga kering karena akan sulit untuk membersihkannya.

Ke-4, Lindungi Mata

Pada saat mengecat, gunakan kaca mata atau pelindung lain untuk menghindari cipratan cat yang mengenai mata. Kalau gak sengaja cat mengenai mata, segera bilas dengan air. Bila tak kunjung hilang, segeralah ke dokter.

Baca juga: Mengecat Kota Jadi Warna-Warni, Boleh Juga Tuh…

Ke-5, Terapkan Trik 

Saat mengecat rumah, terkadang ada beberapa bagian rumah yang sulit dijangkau. Salah satunya adalah mengecat rangka jendela. Area yang terbatas kerap menjadi tantangan tersendiri saat mengecat. Nah, kamu bisa gunakan trik untuk hal ini, semisal kamu menutupi bagian kaca dan dinding menggunakan solatip. Memang jadi butuh lebih lama sih, tapi kan oke hasilnya.

Untuk efisiensi, kamu bisa mengecat dengan menggunakan kuas kecil yang dapat menjangkau sudut-sudut kerangka jendela. Apabila saat proses pengecatan ada percikan cat yang mengenai kaca jendela, kamu dapat membiarkannya saja mengering. Setelah kering, kamu dapat membersihkannya dengan kikir atau pernis.

Agar mudah dihilangkan dan tidak meninggalkan bekas, segera hapus bekas cat yang berceceran saat kamu mengecat, jangan lebih dari satu hari.

*

Bagikan: 1928 kali