Saat ini, taman dalam rumah tak sekadar taman yang basah dan berembun. Ada juga taman kering yang banyak terdapat di hunian minimalis.

taman kering - rumah123.com Tanaman kering mampu mempercantik ruangan (foto: Rumah123/Getty Images)

Taman satu ini sifatnya praktis, minimalis, dan bersih. Taman kering dapat digunakan sebagai elemen yang menghadirkan nuansa alam dari batuan koral, dan tanaman hidup. Taman ini juga sering diartikan sebagai rock garden. Meskipun demikian, bukan berarti isinya hanya batu-batuan. 

Peran tanaman hidup juga besar untuk memperindah taman jenis ini. Tapi mengingat taman kering berbeda dengan taman basah, maka kamu harus memperhatikan dengan seksama jenis tanaman yang dipilih. Berikut beberapa pertimbangan untuk memilihnya. 

1. Pilih tanaman Evergreen

Tanaman Evergreen adalah tanaman yang tahan terhadap cuaca setempat dan bisa menyimpan air dalam tubuhnya. Karena inilah tanaman Evergreen hanya perlu disiram sesekali sehingga tak membuat taman selalu basah.

2. Hindari tanaman besar

Taman kering biasanya diaplikasikan pada rumah dengan lahan terbatas. Untuk itu, tanaman berbatang besar kurang tepat untuk dipilih karena justru bisa membuat ruangan menjadi sumpek. 

3. Pilih tanaman yang mudah dibentuk

Salah satu ciri khas dari taman kering adalah susunan bentuk taman yang bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Supaya pemilik taman makin fleksibel membentuk tamannya, sebaiknya tanaman yang dipilih adalah tanaman yang mudah dibentuk. Misalnya seperti tanaman gurun pasir yang memiliki bentuk eksotis. 

Baca juga: 6 Tips Anti Gagal Membuat Taman dalam Rumah

4. Sesuaikan karakter tanaman dengan area taman

 Taman  kering bisa diletakkan dimana saja. Ada yang memilih untuk meletakkannya di depan, samping, belakang, atau justru di dalam rumah. Sebelum memilih tanaman, kamu harus menentukan dulu dimana area taman tersebut. Lalu sesuaikan jenis tanaman dengan area taman. Ada jenis tanaman yang cocok di tempat teduh. Ada yang akan tumbuh subur jika bermandikan sinar matahari. Jangan sampai salah memilih dan malah membuat tanaman tersebut tak tumbuh dengan baik!

Baca juga: 4 Jenis Rumput Taman yang Paling Bagus untuk Digunakan di Rumah

5. Pertimbangkan memilih tanaman yang minim perawatan

Taman kering umumnya lebih banyak dipilih oleh mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman. Pilihlah tanaman yang pertumbuhannya lambat, sehingga tak perlu dilakukan pemangkasan rutin. Jenis tanaman seperti pandan bali, cemara, palem, adalah beberapa tanaman besar yang bisa dipilih. Sedangkan untuk tanaman kecilnya, kamu bisa memilih sansiviera atau kaktus. 

Bagikan: 2515 kali