Lain kebutuhan, lain pula ukuran pipa PVC yang harus dipilih. Ini dia  jenis-jenisnya dan tips dalam memilih pipa PVC sesuai kebutuhan!

ukuran pipa pvc

Sistem drainase rumah biasanya memakai jenis pipa berbahan PVC, seperti pada talang dan saluran air. 

Dibanding jenis pipa lainnya, material polyvinyl chloride (PVC) jadi favorit karena harga jualnya yang lebih terjangkau dibanding bahan lain seperti alumunium dan seng. 

Kelebihan lainnya adalah ketahanan material dari asam alkali yang bisa mengikis lapisan pipa dalam jangka waktu lama, bersifat non-konduktor, anti karat, dan punya bobot yang lebih ringan. 

Proses instalasi yang mudah tanpa perlu dirakit terlebih dahulu juga bisa jadi bahan pertimbangan yang baik, terlebih jika kamu berencana untuk melakukan proses pemasangan mandiri tanpa bantuan tukang. 

Material PVC masuk ke dalam salah satu jenis polimer plastik sintetis yang paling banyak dipakai di seluruh dunia dengan 40 juta ton yang diproduksi setiap tahunnya. 

Selain harga jual yang murah, bahan dasar berupa plastik sintetis membuatnya lebih fleksibel sehingga cocok untuk berbagai penggunaan di rumah. 

Daya tahan produk biasanya berkisar antara 1-2 tahun sebelum diperlukan penggantian yang baru agar menghindari pipa menjadi kaku sehingga rentan mengalami keretakan dan kebocoran. 

Kali ini kamu dapat menyimak panduan lengkap memilih jenis dan ukuran pipa PVC yang cocok untuk berbagai kebutuhan rumahmu. 

Sebelum mengetahui ukuran pipa PVC, kenali dulu jenis-jenisnya

Saat ini ada tiga jenis pipa PVC yang tersedia di pasaran dengan standar ukuran berbasis Japan Industrial Standard (JIS). 

-  Tipe AW

Jenis paling tebal dengan daya tahan dari tekanan mencapai 10 kg/cm2 dan paling ideal untuk saluran bertekanan tinggi, termasuk dari pemakaian pompa air. 

- Tipe D

Dengan ketebalan yang sedang, pipa kelas D sanggup menahan tekanan sampai 5 kg/cm2 dan cocok untuk berbagai kebutuhan saluran di rumah. 

- Tipe C

Terakhir merupakan jenis paling tipis dibanding dua pipa sebelumnya, oleh karena itu lebih dipilih menjadi lapisan pelindung kabel listrik. 

Baca juga: Daftar Harga Bahan Bangunan Terbaru 2020, Jangan Sampai Tertipu!

Ragam macam saluran air untuk hunian 

Masing-masing sistem aliran air di rumah memiliki fungsi khusus yang biasa dibagi menjadi tiga macam, seperti berikut: 

- Saluran air bersih 

Berguna untuk mengalirkan air yang akan digunakan untuk keperluan sanitasi di rumah seperti pipa keran cuci piring dan shower di kamar mandi. 

Jenis pipa yang paling ideal adalah AW ½ dan ¾ inci.  

 - Saluran air buangan 

Bekas air yang telah digunakan kemudian dialirkan melalui saluran buangan, seperti dari kamar mandi atau tempat cuci baju. 

Kamu bisa memasang pipa berukuran 2 atau 3 inci dari model AW atau D. 

- Saluran air kotor  

Pipa dengan ukuran 4 inci dari kelas D atau AW merupakan pilihan yang sering digunakan sebagai saluran pembuangan dari kloset. 

Ukuran pipa PVC berdasarkan tipe 

Ini dia tabel ukuran pipa PVC dengan ketebalan berbeda sesuai kelas masing-masing yang dapat menjadi tolak ukur sebelum proses instalasi.

ukuran pipa pvc

Baca juga: Mengenal Pipa Besi Galvanis: Fungsi, Keunggulan, Hingga Harga Terbaru

Harga jual pipa PVC terbaru 

harga pipa pvc Sumber: Pipaair.co.id

Tips memilih ukuran pipa PVC 

1. Sesuaikan dengan kebutuhan 

Cermati kembali jenis pipa yang sudah kami jelaskan sebelumnya agar kamu dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan di rumah. 

2. Tes kekuatan pipa 

Saat mendatangi toko bangunan, penjual akan menawarkan beberapa merek berbeda yang tentunya bisa kamu pilih sesuai selera dengan kualitas yang cukup bervariasi. 

Kamu juga bisa menanyakan rekomendasi terbaik yang sekiranya pas untuk keperluanmu. 

3. Pilih ukuran yang pas 

Gunakan panduan ukuran yang ada di artikel ini supaya kamu tidak salah membeli pipa yang membuatmu terpaksa mengeluarkan uang lebih. 

4. Beda saluran, beda pula pipanya 

Tak hanya ukuran, sesuaikan juga jenis pipa dengan saluran yang ingin dipasangkan sistem perpipaan. 

Misalnya untuk keperluan kamar mandi dengan sistem heater, kamu membutuhkan pipa tahan panas minimal sampai 85 derajat celcius. 

5. Gunakan fitting dan perekat yang tepat 

Elemen perekat juga tidak boleh disepelekan karena fungsinya untuk menyambungkan pipa. 

Pilihlah produk yang biasanya cocok digunakan dengan model dan merek pipa yang akan kamu beli agar tak perlu repot-repot mencari lem dan fitting terpisah.

Itu dia penjelasan seputar jenis dan ukuran pipa PVC.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu!

Simak juga artikel seputar bahan bangunan rumah lainnya hanya di artikel.rumah123.com

Bagikan:
847 kali