Hijau identik dengan warna Lebaran. Foto: Rumah123/iStock

Sebagaimana Hari Raya yang lain, Lebaran atau Idul Fitri juga punya tradisi. Yang paling umum ya bersih-bersih rumah. Namun, sebagian keluarga selain membersihkan rumah,  juga mengganti cat dinding rumah, mengubah dekorasi rumah, dan membeli furnitur baru, bahkan merenovasi rumah.

Bicara soal merenovasi rumah, dilansir dari femina, ada 4 hal yang sebaiknya kamu perhatikan:

Pertama. Tukang yang andal agar bisa berkonsultasi. Yang kerap terjadi, kita kurang memahami masalah pertukangan. Alhasil, sering muncul masalah dalam proses pengerjaan, di antaranya: biaya melebihi bujet, hasil tidak sesuai, dan cepat rusak.

Baca juga: Saat Lebaran, Rumah Juga Perlu Berdandan Lho!

Kalau kamu menggunakan jasa tukang untuk memperbaiki masalah di dalam rumah, kamu setidaknya harus tahu apa keinginanmu dan berkonsultasilah dengan vendor. Misalnya, mengubah warna cat dinding memang setidaknya dilakukan satu tahun sekali.

Mengapa satu tahun sekali? Karena cat tembok itu ada masa kedaluwarsanya. Ada cat yang tahan lama dan ada yang tidak. Ketika cat dinding mulai mengelupas, jika tidak dicat ulang bisa saja merusak dinding dan membuat kebocoran.

Kamu perlu tahu,  cat untuk dinding luar berbeda dengan untuk di dalam. Cat luar harus lebih tahan panas dan hujan, sedangkan cat dalam rumah sifatnya sebagai penyegar kembali untuk mengubah suasana ruangan.

Bantal kursi dan tanaman berwarna hijau, elemen dekor yang menceriakan Lebaran. Foto: Rumah123/iStock

Kedua. Hitung biaya renovasi rumah dengan cermat. Perhitungkan berapa besar biayanya. Banyak kejadian “dibohongi” tukang. Kalau kita pake tukang harian karena honornya harian, bisa saja pekerjaannya jadi lama.

Sedangkan kalau borongan, bisa saja kualitas catnya dimainkan dan tingkat kerapiannya kurang karena buru-buru. Karena itu, penting bahwa kamu harus cermat mencari vendor atau tukang yang bisa dipercaya.

Ketiga. Pertimbangkan juga setelah masa Hari Raya. Gimana kesinambungan dekor ruangannya. Jangan sampai kita harus mengeluarkan dana lagi untuk mengganti dekorasi yang ada.

Perubahan desain yang sifatnya permanen, seperti untuk cat rumah dan furnitur utama, pilih saja warna-warna netral. Jika kamu ingin menampilkan elemen-elemen seperti warna hijau yang identik dengan suasana Lebaran, teraplan pada dekorasi yang sifatnya sementara dan mudah diganti. Semisal bantal kursi, gorden, vas bunga, dll.

Baca juga: Yuk, Dekor Rumah untuk Lebaran

Keempat. Daripada kamu mengganti furnitur tiap tahun, padahal kondisinya masih bagus, lebih baik kamu mencari ide-ide dan kreativitas baru untuk mengubah dekorasi atau tampilan furniture yang  tampak baru. Apalagi saat ini tinggal klik saja di internet untuk inspirasi.

Kelima. Untuk tampilan yang lebih semarak, gabungkan warna hijau elemen interior dengan warna-warna pembentuknya, yakni biru dan kuning. Hasil dari perpaduan ini akan menciptakan suasana beragam, tergantung dari jenis warna hijau yang kamu gunakan.

Memadukan warna moss green dengan dark taupe, misalnya, membuat  suasana rumah   terlihat lebih elegan, cocok untuk hunian highend. Namun, kalau warna hijau pastel dipadukan dengan kuning pastel, suasana yang dihasilkannya akan lebih ceria.

Elemen hijau berpadu dengan warna lain, menyegarkan ruangan. Foto: Rumah123/iStock
Bagikan: 3785 kali