Hewan Peliharaan- Rumah123.com Ada Lima Tips yang Bisa Dilakukan Kalau Kamu Ingin Membuat Kucing dan Anjing Peliharaan Menjadi Aman dan Nyaman Saat Berada di Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kamu memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Ada lima tips yang bisa dilakukan agar binatang kesayangan bisa aman dan nyaman ketika berada di rumah.

Banyak orang yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Hal biasa kalau pemilik akan membiarkan binatang kesayangan untuk berkeliaran di dalam rumah.

Jika dibandingkan dengan hewan peliharaan lain seperti ikan, burung, reptil seperti kadal, atau unggas seperti ayam yang harus berada di tempat pemeliharaan seperti akuarium atau kandang, maka anjing dan kucing biasanya bebas berada di dalam rumah.

Baca juga: Rumah Mungil untuk Kucing Jalanan, Wah Di Jakarta Seharusnya Ada Juga Tuh

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk memelihara anjing atau kucing, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan. Perlu diingat kalau anjing dan kucing bisa merusak barang.

Hewan peliharaan ini juga bisa membuang kotoran sembarangan, membuat rumah berantakan, bulu-bulunya berserakan di mana-mana, dan masih banyak lagi.

Situs Realtor.com membagikan lima tips yang bisa dilakukan sebelum membawa anjing dan kucing ke dalam rumah. Tips ini tidak hanya membuat pemilik merasa tenang, tetapi juga menjadikan hewan peliharaan aman dan nyaman saat berada di rumah.

Baca juga: Rumah Transparan Seluas 20 Meter Persegi Ini Dihuni 3 Orang dan 1 Kucing

   

Mengutamakan Keselamatan

Jangan biarkan kabel televisi atau radio, kabel charger laptop atau smartphone bisa dijangkau oleh hewan peliharaan. Jangan menaruh barang-barang di lantai sehingga bisa dirusak oleh anjing atau kucing.

Tutup semua laci dan kalau perlu dikunci. Tidak lupa untuk menempatkan obat-obatan atau barang-barang pembersih di tempat yang aman.

Ada sejumlah tanaman yang bisa membahayakan binatang peliharaan seperti kaktus. Selain itu, hindari anjing dan kucing dari kemungkinan tertimpa pot tanaman.

 

Menciptakan Tempat Khusus

Ciptakan tempat khusus bagi hewan peliharaan yang berisi kandang, tempat membuang kotoran, kasur kecil, mainan, dan lainnya. Jika anjing dan kucing kesayangan memiliki tempat sendiri, mereka akan merasa nyaman berada di rumah.

Anjing dan kucing dapat diajari untuk membuang kotoran pada tempatnya. Hewan peliharaan ini juga bisa diajak bermain sehingga pemilik dapat membelikan mainan.

 

Sediakan Tempat untuk Tidur Siang

Usahakan untuk menyediakan tempat tidur bagi hewan peliharaan baik di dalam ruangan atau pun di luar ruangan. Khusus tempat tidur di luar ruangan, carilah kasur yang terbuat dari material yang tahan lama karena ditempatkan di outdoor.

Tujuan untuk menyediakan tempat tidur ini tentunya membuat hewan peliharaan untuk tidur siang. Saat hewan peliharaan banyak beristirahat, mereka tidak akan membuat masalah di rumah seperti membuat rumah berantakan.

 

Membuat Pagar Khusus

Jika rumah memiliki dua lantai atau lebih, pastikan ada pagar khusus untuk hewan peliharaan. Jangan sampai terjadi kucing atau anjing peliharaan naik turun tanpa terpantau. Hewan peliharaan bisa mengalami cedera.

Selain itu, pagar khusus ini juga ada karena pemilik hewan peliharaan tidak ingin anjing atau kucing kesayangan menuju ke tempat yang tidak diinginkan pemilik seperti dapur, ruang makan, atau ruang kerja.

 

Lakukan Rutinitas Harian

Biasakan untuk memberikan makan secara rutin dan jadwal yang tetap untuk hewan peliharaan. Hal ini untuk melatih kebiasaan anjing dan kucing.

Anjing suka mengunyah benda, sementara kucing suka menggaruk untuk mengasah cakar. Pastikan ada mainan yang bisa dikunyah anjing dan juga benda yang dapat dijadikan tempat kucing untuk mencakar.

Jangan lupa untuk menyediakan alat pembersih. Hewan peliharaan terkadang buang air kecil atau buang air besar secara sembarangan. Kamu harus bersiap untuk membersihkannya. Belum lagi saat mereka makan atau sedang jahil, kamu harus membersihkan sisa makanan dan membereskan barang-barang.

Yang perlu diingat adalah kalau ingin membuat rumah kamu tetap bersih adalah membuat hewan peliharaan selalu bersih dengan memandikannya.

Bagikan: 1619 kali