Foto: Rumah123/iStock
   

Jendela rumah selain berfungsi sebagai sirkulasi udara, juga bisa jadi penunjang keindahan rumah kalau bersih dan menarik. Jendela yang jernih dan bening membuat cahaya dapat masuk dengan sempurna. Jendela yang kotor akan menganggu pemandangan dan tampilan rumah. Nah, jadi sebaiknya kamu rutin membersihkan jendela rumah.

Berikut ini cara bikin jendela rumahmu enak dilihat:

Ke-1, sediakan alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan jendela. Cukup yang sederhana aja kok. Kamu hanya butuh ember berisi air bersih, pembersih jendela dengan pisau karet, cairan pembersih kaca atau detergen yang sesuai dan gak meninggalkan residu, spons cuci piring untuk menggosok noda membandel, dan kain lap bersih.

Baca juga: Jendela dan Pintu Besar untuk Menikmati Pemandangan Indah

Ke-2, saat membersihkan kaca jendela, mulailah dari bagian dalam dahulu. Bagian luar biasanya lebih kotor, sehingga sebaiknya ditangani kemudian.

Ke-3, agar kotoran yang terjatuh saat membersihkan jendela tidak mengotori lantai, kamu dapat menaruh lap di bawah jendela sebagai alas.

Ke-4, sebelum mulai membersihkan, baca aturan penggunaan produk pembersih kaca yang tertera pada kemasan. Kemudian lap seluruh bagian jendela hingga ke sudut-sudutnya dengan cairan pembersih yang telah kamu siapkan.

Baca juga: Jendela Oriel Percantik Eksterior Rumah, Mau Ikutan Juga?

Ke-5, kalau setelah mengelap kaca dengan air terdapat cairan berlebih pada kaca, gunakan alat pembersih kaca jendela dengan pisau karet untuk menurunkan cairan tersebut. Posisikan pisau karet vertikal rapat pada kaca, lalu gerakkan dengan arah horizontal atau menyamping.

Usap pisau karet dengan kain lap untuk menghilangkan kotoran dan air kotor setiap kali kamu menyelesaikan satu gerakan menyamping. Setelahnya, gunakan kain lap bersih untuk menyingkirkan sisa-sisa cairan dan buih dari kaca.

Nah, sekarang kaca jendela rumahmu pun jadi bening!

*

Bagikan: 1391 kali