OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Tips Ampuh untuk Menentukan Nama Toko yang Bagus

19 Juli 2022 · 4 min read Author: Wahyu Ramadhan

Ingin tahu cara membuat lapak dan bisnis kamu jadi lebih untung serta mudah dikenali orang? Simak tips memberikan nama toko yang bagus berikut!

nama toko yang bagus

Kunci menjalankan bisnis yang sukses dimulai dari membuat identitas serta brand image yang tepat dan tampil berbeda dari para pesaing. 

Langkah pertamanya adalah dengan memilih nama toko yang bagus dan baiknya sesuai dengan bisnismu. 

Berikut berbagai tips yang bisa kamu ikuti untuk menemukan nama terbaik yang paling pas untuk bisnis barumu!

Tips Memilih Nama Toko yang Bagus 

Jangan asal memberikan nama, simak dulu tips dan trik di bawah!

1. Sesuaikan dengan Bisnis 

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan ketika akan memilih nama toko yang bagus adalah lini bisnis yang dijalankan. 

Nama yang digunakan untuk toko wajib jadi representasi dari bidang yang digeluti atau lebih tepatnya produk apa yang kamu jual. 

Cara ini dapat  memudahkan konsumen untuk mengetahui identitas bisnismu ketika mereka akan mencari produk yang diinginkan. 

Tidak hanya itu, penyesuaian ini juga dapat membantu tokomu tampil berbeda di antara para pesaing yang menjual produk serupa. 

Contohnya saja Rumah123 sebagai property marketplace terkemuka Indonesia, tentu sudah sangat mudah dikenali hanya dari namanya saja. 

Khususnya jika kamu berniat untuk membuka lapak online di platform semacam Tokopedia dan Shopee yang punya ratusan kompetitor.

2. Singkat dan Sederhana 

Memberikan nama toko yang bagus itu relatif, namun satu aturan yang pasti adalah singkat dan sederhana. 

Dengan begitu, konsumen akan mudah mengingat dan membuat lapakmu menonjol dibanding yang lain. 

Ada beberapa langkah brainstorming yang dapat dicoba untuk menemukan ide untuk nama toko terbaik: 

– Cari kata kunci yang mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google, usahakan yang sesuai dengan lini bisnismu. 

– Gunakan kata kunci yang sudah didapatkan menjadi plesetan unik misalnya Ngikan (restoran spesial ikan). 

– Buat nama yang terdiri dari 1-2 suku kata seperti Blibli (baca: bli-bli), Bukalapak (baca: buka-lapak), atau Gojek (baca: go-jek). 

– Susun dari dua kata yang berima seperti Krusty Krab, Krispy Kreme, Dunkin Donuts, dan lainnya. 

Kalau kamu kesulitan, bisa coba berkunjung ke NameLix, sebuah situs berbasis kecerdasan buatan yang mampu memberikan rekomendasi nama dengan kata-kata dalam bahasa Inggris. 

3. Otentik dan Orisinal 

Menemukan nama toko yang bagus itu memang cukup merepotkan dan butuh banyak kesabaran serta uji coba. 

Tapi ingat, jangan pernah sampai terpikir untuk sekadar menyontek dan meniru identitas brand lain yang justru hanya akan membawa dampak buruk bagi bisnismu kelak. 

Kamu tentu tidak ingin di kemudian hari nanti muncul sengketa akibat penggunaan nama brand yang mirip dan berakhir di meja pengadilan, bukan? 

Oleh karena itu, manfaatkan waktu yang ada untuk brainstorming menemukan identitas dengan rasa yang otentik dan orisinal milikmu sendiri.

4. Deskriptif Biar Mudah Dikenali 

Satu lagi pertimbangan yang wajib diperhatikan dengan seksama adalah memilih kata yang deskriptif untuk memudahkan konsumen mengenali bisnismu. 

Seringkali kesalahan yang dibuat ketika akan menentukan identitas brand adalah idealisme sang pemilik yang ingin tokonya terdengar keren atau bahkan terlalu filosofis sampai idenya melalang ke sana-sini. 

Padahal sederhananya, nama toko yang bagus itu adalah yang ketika dibaca oleh konsumen langsung mudah diingat, dikenali, dan membuat mereka tahu produk apa yang sedang kamu jual. 

Ambil contoh General Electronics, perusahaan multinasional yang dari namanya saja sudah terpampang jelas bahwa mereka adalah penyedia produk-produk elektronik. 

5. Hindari Penggunaan Karakter Spesial 

Aturan wajib yang jangan sampai terlewatkan selanjutnya adalah menghindari menggunakan karakter spesial atau tanda baca yang rumit, khusus hyphen atau tanda hubung (-). 

Penggunaan karakter spesial dapat membuat nama bisnismu jadi sulit dikenali, terlebih dalam urusan pembuatan website atau pengurusan legalitas. 

Pasalnya, dalam penulisan situs yang memakai hyphen kerap mengalami eror akibat pengejaan yang sulit dilakukan oleh para konsumen saat mencari tokomu. 

Jadi lebih baik dihindari yah!

Temukan beragam informasi menarik dan bermanfaat lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Vimala Hills!


Tag: , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA