Jika ditanya "Kapan waktu yang tepat untuk beli rumah pribadi?" Sebenarnya, tak ada jawaban yang saklek untuk pertanyaan ini.

beli rumah - rumah123.com 5 hal ini menandakan bahwa kamu sudah siap untuk beli sebuah rumah (Rumah123.com/Getty Images)

Beli rumah adalah sebuah keputusan besar, yang bisa memengaruhi segala aspek kehidupan. Mulai dari mental, hingga finansial. Untuk itu, sebaiknya keputusan ini dilakukan ketika kamu sudah merasa siap, bukan karena (menurut standard masyarakat) kamu sudah cukup umur. 

Lalu, apa yang menandakan bahwa kamu sudah siap atau belum untuk membeli sebuah rumah? Gak perlu bingung, jika sudah memiliki 5 tanda ini, artinya kamu tak perlu menunda lagi!

Sudah punya cukup tabungan untuk DP rumah

Coba cek tabunganmu, ada berapa jumlahnya? Apakah kira-kira cukup untuk membayar DP rumah sebesar 20%? Memang sih, Bank Indonesia kini sudah membebaskan aturan DP kepada masing-masing bank. Tapi supaya aman, sebaiknya kamu siapkan paling tidak DP sejumlah 20% dari harga rumah. Kalau sudah punya tabungan sebesar itu, kamu tak perlu ragu lagi untuk ajukan KPR. 

Bebas dari cicilan lain

Ketika mengajukan KPR, bank biasanya akan menganalisis kondisi kesehatan keuanganmu. Salah satu faktor yang dinilai di sini adalah jumlah utang yang dimiliki. Jika kamu memiliki cicilan lainnya, apalagi yang jumlahnya besar seperti cicilan kendaraan, biasanya bank akan mempertimbangkan lagi untuk menyetujui pengajuan KPR-mu. Untuk itu, akan lebih bijak jika kamu tak memiliki cicilan lain yang jumlahnya besar. Atau idealnya, hitung jumlah cicilan yang kamu miliki selama ini. Idealnya, jumlah utang tak boleh lebih dari 30% penghasilan bulanan. 

Riwayat kredit baik

Riwayat kredit yang baik adalah kunci dari disetujuinya pengajuan KPR. Tapi bukan cuma itu, jika kamu terbebas dari kredit macet, ke depannya cicilan rumah pun tak akan mengganggu keuanganmu. Tentu kamu gak mau kan punya rumah tapi harus tercekik utang?

Punya dana darurat

Membeli rumah adalah pengeluaran yang tak kecil jumlahnya. Jika ada pengeluaran tak terduga di masa depan, dan keuanganmu terbatas karena terbebani dengan cicilan rumah, bisa-bisa kehidupanmu ikut terganggu. Maka dari itu, sebaiknya kamu punya simpanan dana darurat terlebih dahulu untuk pengeluaran tak terduga, di luar dari dana  untuk membayar cicilan rumah. 

Tak ada pengeluaran besar dalam waktu dekat

Apakah kamu berencana untuk membeli mobil, lanjut S2, atau menikah dengan biaya sendiri? Jika ya, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menunda beli rumah. Sebab, pengeluaran-pengeluaran tersebut adalah pengeluaran besar yang sama-sama bisa mengganggu keuangan. Jika kamu melaksanakan seluruhnya dalam satu waktu sekaligus, sedangkan dana yang tersedia pas-pasan, bisa-bisa keuanganmu jadi kacau. 

Gimana? Apakah kamu sudah punya 5 tanda di atas? Kalau sudah, tunggu apalagi? Buruan berburu rumah idamanmu sekarang di Rumah123.com!
Bagikan: 1601 kali