diy, do it yourself- rumah123.com Ada Sejumlah Pekerjaan yang Tidak Bisa Dilakukan Sendiri Alias DIY Atau Do It Yourself. Salah Satunya Adalah Menghancurkan Tembok Atau Dinding Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

DIY (Do It Yourself) memang mengasyikkan, namun ada lima pekerjaan renovasi yang seharusnya tidak dilakukan sendiri.

DIY memang melakukan pekerjaan sendiri, tentunya tanpa melibatkan orang lain atau ahli. Sejumlah pekerjaan memang bisa dilakukan sendiri, apalagi jika tergolong mudah.

Bentuk DIY ini memang beragam termasuk dalam renovasi rumah. Beberapa pekerjaan dalam renovasi memang bisa dilakukan sendiri seperti mengecat dinding, pagar dan pintu pagar, dan lainnya.

Baca juga: Onni Market, Ajang Pamer Kreativitas Berbasis DIY (Do It Yourself)

Singkatnya, sejumlah pekerjaan ringan memang bisa dilakukan secara DIY. Tetapi lain halnya jika pekerjaan renovasi ini tergolong berat dan rumit.

Situs properti Realestate.com.au memaparkan lima renovasi yang seharusnya tidak lakukan secara DIY. Realestate.com.au merupakan laman properti milik REA Group Australia, induk perusahaan Rumah123.com.

Beberapa pekerjaan ini ada yang ringan, tetapi membutuhkan keahlian. Ketimbang maksud hati ingin berhemat, namun pada akhirnya renovasi tidak menghasilkan hal yang memuaskan, maka sebaiknya hindari DIY.

Menghancurkan Dinding

Jika kamu menggunakan dinding kayu, seperti memang mudah ya untuk menghancurkan dinding kayu. Begitu juga dengan menghancurkan dinding dari batu bata atau batako.

Tetapi, jika kamu tidak tahu letak pondasi atau tiang rumah, maka pekerjaan ini menjadi berbahaya. Biarkan tukang bangunan yang melakukannya.

Memperbaiki Instalasi Listrik

Jangan pernah sekali-kali nekat untuk memperbaik jaringan instalasi listrik kecuali kamu memang ahlinya. Saat kamu merasa instalasi listrik ada masalah, segera panggil ahlinya.

Cari teknisi yang bersertifikasi dan berpengalaman. Masalah instalasi listrik ini tidak boleh dianggap sepele lho. By the way, jangan lupa untuk meminta teknisi mengecek instalasi listrik secara berkala.

Membersihkan Jamur

Sebenarnya hal ini memang sepele dan bisa dibersihkan sendiri. Tetapi, ingat kalau masalah jamur bisa terkait masalah lembab atau masalah kebocoran.

Sebaiknya kamu memanggil tukang bangunan untuk membersihkan sekaligus memperbaiki kebocoran. Perlu diingat kalau membersihkan jamur juga mesti hati-hati sehingga kamu tidak perlu melakukannya sendiri.

Masalah di Dinding

Setelah beberapa lama, biasanya ada masalah pada dinding. Cat mengelupas, tembok mulai rusak, dan lainnya. Kalau ada masalah ini, jangan ditangani sendiri.

Apalagi jika kemudian kamu ingin memasang keramik pada dinding baik untuk mempercantik atau menutupi bagian yang rusak. Untuk mengatasi hal ini, kamu membutuhkan tukang bangunan yang berpengalaman untuk memperbaikinya.

Atap yang Bocor

Jika ada genteng yang bergeser, kamu bisa memperbaikinya sendiri. Lain halnya jika ada lapisan yang berlubang, tentunya kamu membutuhkan jasa tukang bangunan yang berpengalaman.

Masalah atap bocor memang klasik. Jika tidak diperbaiki dengan benar, air bisa merembes ke dinding dan tentunya membuat tembok memiliki bercak. Hal ini tentunya tidak enak saat dilihat kan?

Bagikan: 791 kali