Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas penting dalam rencana jangka panjang satu negara.

Bukan hanya di Indonesia, negara-negara lain juga turut membangun infrastrukturnya untuk memastikan kemudahan masyarakatnya sehari-hari.

Proses pembangunan infrastruktur bukan hanya jalan tol saja, melainkan juga berkaitan dengan batas-batas pembangunan jangka panjang yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

Tak ayal jika pembangunan di wilayah Asia Pasifik saat ini menjadi prioritas dunia, bahkan menghasilkan nilai investasi signifikan yang sangat menguntungkan.

Lantas, pembangunan infrastruktur apa saja yang sedang digarap di wilayah Asia saat ini? Simak pembahasannya bersama-sama!

Kompilasi Daftar Pembangunan Infrastruktur Terbesar di Asia Saat Ini 

Ada beberapa infrastruktur penting di wilayah Asia Pasifik yang masih dibangun di masa pandemi saat ini.

Simak beberapa daftarnya berikut ini.

1. Shenzong Link, Tiongkok

Shenzong Link_Pembangunan Infrastruktur Sumber : kompas.com

Pembangunan infrastruktur di selatan Tiongkok menjadi prioritas Pemerintah selama bertahun-tahun.

Salah satunya adalah pembangunan Shenzong Link sebagai salah satu jembatan terpanjang di Asia Pasifik sejauh 24 kilometer.

Jembatan ini akan menghubungkan Distrik Baru Cuiheng di Zhongshan dengan Distrik Baoan di Shenzhen.

Diharapkan proyek pembangunan ini akan menghubungkan antara Cuiheng dan Baoan untuk menambah pengembangan jangka panjang.

2. Sydney Metro, Australia 

Sydney Metro, Australia Proyek kereta api perkotaan terbesar dalam sejarah Australia ini akan menjadi transportasi umum yang sangat dibutuhkan di wilayah New South Wales. Adapun, jalur pertama Metro Sydney telah dibuka bagi masyarakat melalui jalur Metro North West yang sudah mencakup 13 stasiun. Hingga kini, pembangunan Metro Sydney akan melintasi wilayah pusat kota yang diprediksi rampung pada 2024 mendatang. Sumber : sydneymetro.info

Proyek kereta api perkotaan terbesar dalam sejarah Australia ini akan menjadi transportasi umum yang sangat dibutuhkan di wilayah New South Wales.

Adapun, jalur pertama Metro Sydney telah dibuka bagi masyarakat melalui jalur Metro North West yang sudah mencakup 13 stasiun.

Hingga kini, pembangunan Metro Sydney akan melintasi wilayah pusat kota yang diprediksi rampung pada 2024 mendatang.

3. Mumbai Metro, India 

Mumbai Metro_Pembangunan Infrastruktur Sumber : reliancemumbaimetro.com

Proyek pembangunan infrastruktur kereta api juga dirancang di Mumbai, India sebagai salah satu kota metropolitan terbesar.

Jalur pertama Mumbai Metro yang melintasi Versova di barat laut kota dan Ghatkopar timur telah dibuka pada 2014 silam.

Saat ini, proyek Mumbai Metro sedang dilanjutkan dengan 10 rangkaian jaringan rel kereta sepanjang 180 kilometer.

Adapun, proyek ini tidak hanya mempermudah akses semata melainkan juga diklaim berhasil meningkatkan posisi tawar harga properti di Mumbai.

4. Terowongan Saluran Pembuangan Singapura 

Saluran Pembuangan Singapura Sumber : kompas.com

Selain dikenal dengan infrastruktur MRT yang sangat panjang, Singapura juga sedang melakukan pembangunan infrastruktur saluran pembuangan.

Sistem ini nantinya akan mengumpulkan air bekas penggunaan rumah tangga yang disuling kembali sehingga layak digunakan.

Proyek yang akan selesai tahun depan ini akan menggunakan terowongan sedalam 80 kilometer untuk membawa semua air limbah Singapura ke tiga pabrik pemukiman.

5. Ibu Kota Negara Kalimantan 

Ibu Kota Negara Sumber : Kementerian PUPR

Dijadikan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan di Penajam Paser Utara, akan dibangun secara kontinyu.

Proses pemindahan ibu kota ke Kalimantan diharapkan bertujuan mengurangi padat penduduk dan kondisi Jakarta yang sudah rawan banjir dan kini terancam tenggelam.

IKN juga akan menambah posisi tawar dan peluang besar bagi investor properti dalam jangka panjang, terlebih dalam menghindari naiknya permukaan air laut seperti saat ini.

Beberapa daftar kompilasi pembangunan infrastruktur terbesar di kawasan Asia Pasifik saat ini tetap menjadi prioritas, meski di masa pandemi COVID-19.

Temukan inspirasi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123.

"Simak keunggulan Borneo Bay City di sini."

Bagikan:
436 kali