tanaman lidah mertua - Rumah123.com Tanaman lidah mertua memberikan banyak manfaat di rumah - Rumah123.com

Interior rumah tak hanya bisa dihias dengan perabotan saja, tapi juga dengan tanaman indoor. Selain berfungsi untuk menambah estetika ruangan, tanaman indoor juga mampu memberikan manfaat kesehatan bagi penghuninya.

Salah satu jenis tanaman yang cantik sekaligus mengandung banyak manfaat adalah tanaman lidah mertua.

Tanaman dengan nama latin sansevieria ini bisa memberikan manfaat untuk membersihkan sirkulasi udara di dalam rumah. Udara di dalam rumah bisa menjadi lebih bersih.

Apabila dana belum cukup untuk membeli air purifier, tanaman lidah mertua bisa menjadi opsi untuk dipilih!

Asal-usul tanaman lidah mertua

Tanaman yang berasal dari Afrika, tepatnya Nigeria Timur ini memiliki nama lain yang populer, di antaranya ‘Pedang-pedangan’, dan ‘Tanaman Ular’ atau ‘Snake Plant’. Nama-nama tersebut muncul lantaran bentuk tanaman ini menyerupai julukannya. 

Ujung daun yang tajam dan pangkalnya yang lancip mirip dengan perkataan mertua yang terkenal pedas. Daunnya yang runcing dan panjang menyerupai pedang-pedangan yang sering digunakan anak-anak bermain.

Sedangkan motifnya yang menyerupai kulit ular membuatnya disebut tanaman ular atau snake plant.

Dulu, tanaman ini hanya dijadikan sebagai tanaman pagar tanpa dirawat karena dianggap tak memberikan manfaat kepada sekitarnya.

Namun, pamor Lidah Mertua langsung meningkat pesat ketika Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mempublikasikan hasil penelitian tentang manfaatnya di tahun 1989.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa Lidah Mertua efektif menyerap polutan yang ada di dalam ruangan. Sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai penghias ruangan sekaligus penjernih udara.

Penelitian tersebut membuat permintaan pasar Lidah Mertua meningkat pesat. Bahkan di situs Amazon.com, tanaman ini dibanderol harga Rp1,2 juta per pot. 

Ada banyak alasan lain kenapa Lidah Mertua menjadi tanaman favorit banyak orang. Bukan hanya karena penelitian NASA yang menyebutkan bahwa tanaman ini efektif untuk menghilangkan polutan di udara. Melainkan juga karena perawatannya sangat mudah.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik walau hanya mendapat sedikit air dan cahaya matahari sekalipun. 

Manfaat dari tanaman lidah mertua

1. Memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan

Lidah buaya mampu memberbaiki kualitas udara di dalam rumah. Sebab, ia mampu menyerap 107 jenis polutan seperti karbondioksida, benzene, formaldehydem, dan trichloroethylene, dan lainnya yang diolah untuk dikeluarkan dalam bentuk oksigen. 

Apabila ada anggota keluarga yang merokok, tanaman ini bisa diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu. 

2. Membantu mengurangi sick building syndrome 

Sick Building Syndrome (SBS) adalah nama untuk suatu kondisi atau keadaan tak nyaman yang disebabkan karena berada di gedung atau jenis ruang tertutup lainnya.

Lidah Mertua mengeluarkan bau khas yang menenangkan sebagai pengganti aromaterapi, sehingga mampu mengurangi sindrom tersebut. 

3. Menjadi tonik rambut

Cairan gel dari Lidah Mertua bisa dijadikan tonik rambut dan dimanfaatkan untuk melebatkan rambut serta membasmi kutu rambut. Usapkan gel di kepala dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan shampo dan air bersih. 

4. Ornamen yang baik dari segi feng shui

Jika dilihat dari sisi feng shui, Lidah Mertua dianggap membawa peruntungan karena daunnya tumbuh vertikal.

5. Menjadi obat kulit

Lidah Mertua dikenal sebagai tanaman obat yang sering digunakan sebagai penawar racun dari gigitan binatang berbisa. Untuk menjadikannya obat, cuci beberapa helai Lidah Mertua hingga bersih, tumbuk sampai halus, dan tempelkan pada luka yang mau diobati. 

Tips budidaya tanaman Lidah Mertua

Salah satu cara budidaya Lidah Mertua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan stek daun. 

1. Siapkan dulu sejumlah hal ini:

- Lidah Mertua yang sudah cukup umur

- Media tanam khusus untuk stek

- Pisau 

- Root-up

2. Buka Lidah Mertua yang sudah cukup umur, potong bagian daunnya satu per satu

3. Bagi masing-masing daun menjadi 4 bagian

4. Campurkan root up dengan sedikit air hingga membentuk pasta

5. Oleskan ujung bagian potongan Lidah Mertua dengan Root Up. Root Up berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar sekaligus mencegah pertumbuhan jamur

6. Tancapkan potongan Lidah Mertua ke dalam media tanam khusus untuk stek

7. Basahi dengan menggunakan air biasa

8. Letakkan di tempat teduh

Bagikan:
3138 kali