garasi- rumah123.com Ilustrasi Garasi. Ada Lima Langkah Mudah dalam Merapikan dan Membersihkan Garasi. Yuk, Bikin Garasi Bersih dan Rapi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Garasi menjadi ruangan di rumah yang sering dilupakan. Namun, ada lima langkah mudah untuk membersihkan dan merapikan garasi.

Apa yang terbayang dari garasi? Kamu memarkir mobil, motor, dan sepeda di garasi. Tidak hanya itu, biasanya kamu juga menempatkan sejumlah barang lain.

Peralatan untuk motor, mobil, dan sepeda juga akan ditaruh di garasi. Biasanya, perlengkapan berkebun diletakkan di sini.

Baca juga: 4 Cara Keren dan Kreatif Mengubah Fungsi Garasi

Biasanya sejumlah barang lain juga berada di garasi, apalagi jika kamu tidak memiliki gudang. Akhirnya, garasi menjadi tempat penyimpanan selain kendaran bermotor.

Situs properti Realestate.com.au memberikan lima langkah mudah untuk merapikan dan membersihkan garasi. Realestate.com.au adalah situs milik REA Group Australia, induk perusahaan Rumah123.com.

Ada sejumlah langkah bagaimana merapikan, membersihkan, dan mengatur barang di garasi. Yuk, mulai merapikan garasi. Waktunya membersihkan garasi sekarang juga.

1. Menentukan Waktu Merapikan dan Membersihkan Garasi

Lebih baik menentukan waktu kapan untuk membersihkan dan merapikan garasi. Sabtu atau Minggu menjadi pilihan, kamu bisa meluangkan waktu tiga atau empat jam.

Jangan lupa untuk mengajak anggota keluarga lainnya, mungkin ada barang mereka yang tersimpan di garasi. Ajarkan anak-anak untuk mengurangi sampah, mendaur ulang, dan juga bertanggung jawab terhadap kebersihan rumah.

2. Merencanakan Desain Garasi

Kamu harus merencanakan seperti apa rancangan atau desain garasi nantinya. Apakah kamu akan menempatkan rak atau lemari kecil di salah satu sudut garasi.

Barang apa saja yang nantinya akan disimpan di sana? Pastinya ada sejumlah peralatan yang masih tersimpan. Jangan sampai penempatan barang mengganggu saat kamu memarkir mobil, motor, atau sepeda.

3. Merapikan Garasi

Gunakan metode empat kotak untuk menyortir setiap barang dalam empat katogori. Kamu harus memasukannya dalam barang yang disimpan, barang yang dijual, barang yang disumbangkan, atau barang yang dibuang.

Barang yang masih bisa digunakan pastinya disimpan. Barang yang jarang digunakan, bisa dijual kalau berharga atau disumbangkan jika ada orang yang membutuhkan. Barang yang rusak sebaiknya memang dibuang.

4. Membersihkan Garasi

Keluarkan semua barang termasuk mobil, motor, sepeda, dan lainnya. Kamu harus menyapu, mengepel, dan membersihkan seluruh garasi.

Jangan lupa untuk membersihkan tempat penyimpanan. Biasanya tempat ini menyimpan banyak debu. Jangan lupa untuk memakai masker ketika membersihkan garasi.

5. Membuat Tempat Penyimpanan di Garasi

Agar garasi terlihat rapi, kamu harus membuat rak atau lemari susun. Selain itu, kamu harus memiliki kotak-kota kecil untuk menyimpan barang. Kotak tersebut diletakkan di rak atau lemari.

Kotak-kotak tersebut berisi peralatan otomotif, peralatan berkebun, dan barang-barang lainnya. Cara ini membuat penyimpanan terlihat lebih rapi.

Baca juga: 300 SL Gullwing Jadi Salah Satu Koleksi Mobil di Garasi Rumah BJ Habibie

Bagikan: 1018 kali