budidaya ikan mujair

Olahan menu ikan mujair (tilapia) disukai karena rasanya yang nikmat serta kandungan gizinya yang tinggi. Bisnis budidaya ikan mujair pun akibatnya banyak diminati karena permintaannya terus ada.

Dari berbagai macam jenis ikan air tawar yang ada, ikan mujair jadi salah satu yang popular untuk dijadikan santapan karena cita rasanya yang khas serta dagingnya yang berlimpah. 

Tak heran kalau peluang bisnis di bidang budidaya ikan mujair juga sangat menguntungkan dan banyak digeluti oleh para pemula karena relatif mudah untuk dilakukan. 

Kalau kamu tertarik menjadi calon juragan mujair, pastikan untuk menyimak langkah budidaya super praktis yang telah kami siapkan untukmu ini. 

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Mujair 

Kemampuan ikan mujair untuk dapat beradaptasi di berbagai lingkungan air membuatnya jadi tahan banting dan tidak mudah mengalami stres. 

Selama pasokan makanannya dijaga dengan baik, perkembangbiakan ikan bernama latin Mozambique tilapia ini akan berjalan lancar hingga proses panen. 

Waktu yang dibutuhkan dari proses awal pemilihan indukan hingga panen hanya memakan waktu beberapa bulan saja sampai bisa dijual. 

Langkah-langkah yang perlu kamu tempuh untuk memulai budidaya ikan mujair akan dijelaskan secara detail di bawah ini. 

1. Pemilihan Indukan 

Hasil anakan yang berkualitas ditentukan dari tahap pertama pemilihan indukan ikan mujair ini. 

Bobot minimal untuk calon indukan minimal 100 gram dengan kondisi sehat dan tampilan yang sempurna tanpa ada cacat pada bagian tubuh manapun. 

indukan ikan mujair

Ciri-ciri indukan jantan dan betina untuk mempermudah proses pemilihan indukan adalah: 

Indukan jantan: 

- Terdapat dua lubang kelamin yang terletak di bagian bawah tubuh.  - Sirip ekor berwarna merah terang dan tampak jelas. - Area perut memiliki warna hitam dan lebih gelap. 

Indukan betina:

- Memiliki tiga lubang kelamin yang berada di bagian bawah tubuh. - Ujung ekor berwarna merah pucat.  - Bagian badannya berwarna keputihan. 

2. Pemijahan Indukan 

Setelah pemilihan indukan jantan dan betina, langkah selanjutnya adalah memulai proses pemijahan di media kolam terpisah.

Begini tahapan pemijahan ikan mujair: 

- Media kolam dibuat dengan menggunakan alas terpal kultur dengan kedalaman 60 cm dan ukuran 3 x 4 meter.  - Berikan lumpur halus pada bagian dasar kolam.  - Ketika kolam sudah siap, masukkan indukan tiga indukan jantan dan dua indukan betina.  - Dalam waktu 1-2 hari pembuahan akan terjadi dan telur ikan mujair akan dijaga oleh sang indukan betina di dalam mulutnya sampai menetas.  - Estimasi waktu yang dibutuhkan hingga telur menetas antara 3-5 hari.  - Setelah benih ikan sudah berusia 2 minggu, keluarkan kedua indukan dari kolam. 

3. Pembuatan Kolam 

kolam terpal ikan mujair Foto: Michael Leach

Budidaya ikan mujair paling untuk pemula paling disarankan untuk menggunakan kolam terpal.

Pasalnya biaya yang diperlukan jauh lebih murah dibanding kolam tanah. 

Peralatan yang perlu dipersiapkan cukup dengan terpal kultur berukuran 50x50x100 m2, bambu, dan juga kayu. 

Langkah pembuatan kolam ikan mujair sebagai berikut: 

- Patokan penggunaan terpal akan mengikuti luas lahan dan kapasitas produksi yang direncanakan.  - Idealnya digunakan terpal kultur yang khusus untuk budidaya kolam karena bahannya yang tebal dan cocok untuk pertumbuhan ikan.  - Buatlah bentuk kolam memanjang, tutup dengan terpal dengan kedua sisi yang yang ditahan dengan kayu supaya tidak bergeser.  - Tunggu hingga 2-3 minggu supaya kolam kering terlebih dahulu.  - Lakukan pengapuran menggunakan kaporit untuk membersihkan bakteri dan kotoran yang ada di kolam lalu diamkan kembali selama 2-3 minggu.  - Masukkan air ke dalam kolam hingga ¾ bagian. Pastikan air yang digunakan sudah steril supaya bibit ikan mujair bisa berkembang dengan baik.  - Lepas 1 minggu kemudian bibit ikan sudah bisa dilepaskan ke dalam kolam yang biasanya dilakukan di sore hari.  

4. Perawatan Ikan Mujair 

Pemberian pakan dalam budidaya ikan mujair harus dilakukan dengan teratur dengan frekuensi 3 kali sehari. 

Konsentrasi pakan berupa pelet dengan kandungan 28%, lemak 30%, dan karbohidrat 15%.

Perbandingan jumlah pakan untuk 400-500 ekor benih ikan mujair adalah sebanyak 1-2 kilogram. 

Untuk menjaga kebersihan, air kolam mesti diganti setiap 2-3 minggu sekali. 

5. Memanen Ikan Mujair 

memanen ikan mujair

Langkah terakhir dalam budidaya ikan mujair adalah tahapan pemanenan yang dilakukan setelah 4-5 bulan. 

Kurangi jumlah air kolam secara perlahan agar ikan tidak mudah stres lalu gunakan jaring untuk memindahkan ikan ke wadah bersih. 

Tips supaya harga ikan mujair semakin tinggi adalah dengan memberikan pakan terakhir sebelum dipanen. 

Dapatkan informasi bermanfaat lain di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
3795 kali