Renovasi rumah bukanlah perkara mudah. Kegiatan satu ini sangat menyita waktu, tenaga, pikiran, dan tentu saja uang.

renovasi rumah - rumah123.com Gak sedikit orang yang terlilit utang karena kesalahan fatal yang terjadi saat renovasi rumah. (Rumah123.com/Getty Images)

Salah-salah dalam melakukan renovasi, baik dari segi perencanaan hingga pengerjaan, bisa-bisa prosesnya akan semakin panjang, dan tentunya biaya yang keluar semakin mahal. Bahkan gak sedikit orang yang terlilit utang karena kesalahan fatal yang terjadi saat merenovasi huniannya. 

Tentunya kamu gak mau kan, karena kesalahan tersebut, bujet renovasi jadi membengkak dan keuanganmu terganggu? Untuk itu, yuk ketahui 5 kesalahan fatal yang sering terjadi dalam renovasi rumah ini. Supaya kamu bisa menghindarinya!

Menggunakan bahan bangunan murah

Banyak orang yang tergiur dengan harga bahan bagunan yang murah. Padahal, berbeda dengan barang lainnya, bahan bangunan dengan harga mahal jelas sudah terjamin kualitasnya. Dan dengan menggunakan material yang murah, hasil yang diperoleh juga bisa kurang memuaskan. Mungkin satu hingga dua tahun pertama tak akan terasa. Tapi di tahun-tahun berikutnya, besar kemungkinan kamu harus melakukan renovasi ulang karena kerusakan mulai muncul lagi. Kalau begini, mau untung malah jadi buntung kan?

Perhitungan yang kurang tepat

Ketika kamu menggunakan jasa non profesional ketika renovasi rumah, kemungkinan mereka tak akan melakukan perhitungan secara rinci sebelum mulai proses pengerjaan. Hal ini memang tampak sepele, tapi tahukah kamu, bahwa beda ukuran satu atau bahkan setengah inci saja bisa membuat perbedaan yang signifikan? Hasil pengukuran yang salah tersebut bisa menghasilkan bentuk yang asimetris. Tak sedikit yang harus melakukan renovasi ulang karena hal ini.

Melakukan perubahan rencana di tengah proses pengerjaan

Biasanya, perubahan rencana kerap terjadi setelah sebagian hasil renovasi ternyata kurang memuaskan. Misalnya pilihan cat warna yang ternyata tak sesuai ekspektasi awal. Perubahan rencana di tengah-tengah ini tentu akan memakan biaya lebih besar karena bisa mengganggu perencanaan keseluruhan yang telah dikonsepkan di awal. 

Tak menggunakan jasa profesional

Tak sedikit orang yang berani merenovasi hunian mereka sendiri dengan bermodalkan ilmu dari YouTube. Niatnya sih mau meminimalisir biaya tukang atau kontraktor. Tapi kalau gagal, malah kamu harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk memperbaiki kesalahan renovasi. Padahal walaupun harus mengeluarkan dana lebih besar di awal untuk membayar jasa profesional, hasilnya bisa lebih maksimal dan bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang. 

Salah memilih tukang atau kontraktor

Memilih jasa renovasi profesional pun tak boleh sembarangan. Banyak orang yang asal percaya dengan tukang atau kontraktor yang mereka pilih, tanpa melihat track record pengerjaannya. Akhirnya, banyak masalah yang terjadi selama proses renovasi berjalan. Pengerjaan jadi mundur, harga bahan bagunan yang di-mark up, dan lain sebagainya. Untuk itu, pilihlah jasa profesional yang riwayatnya bagus. Kalau bisa, survei bangunan yang pernah dikerjakan oleh mereka. 

Itu dia 5 kesalahan dalam renovasi rumah yang sering bikin orang bangkrut karena bujet semakin membengkak. Yuk, hindari dan jangan sampai kamu mengulang kesalahan tersebut!

Bagikan: 3530 kali