Daripada hanya mengandalkan THR, gimana kalau kamu lakukan kerja sampingan menjanjikan ini?

Momen Ramadan dan Lebaran gak bisa dipungkiri memang membuat pengeluaran bertambah. Untungnya buat kamu yang bekerja sebagai karyawan, akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) di minggu ke dua Ramadan nanti, sehingga dana tabungan jadi gak terkuras-terkuras amat.

Tapi, gak jarang juga uang THR masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sepanjang Ramadan. Alhasil, banyak yang terpaksa meminjam sana-sini. Nah, mumpung Lebaran masih beberapa minggu lagi, kamu masih punya cukup waktu nih untuk menambah pundi-pundi uang.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan kerja sampingan dari rumah. Kira-kira, pekerjaan apa yang menghasilkan banyak uang dan cocok untukmu?

Freelance Writer

kerja sampingan - rumah123.com

Perkiraan bayaran: Rp100.000 - Rp250.000 per artikel

Buat kamu yang hobi nulis, kerja sampingan satu ini cocok sekali nih untukmu! Saat ini, banyak sekali website milik perusahaan startup yang kontennya harus diisi. Biasanya mereka membutuhkan jasa penulis untuk mengisi halaman website tersebut, atau membuat artikel-artikel di dalamnya.

Bayarannya juga lumayan lho! Mulai dari Rp10.000 hingga Rp250.000 untuk satu tulisan, tergantung seberapa panjang artikel tersebut, dan tentu saja tergantung portofolio menulismu. Menarik sekali kan?

Jasa penerjemah

kerja sampingan - rumah123.com

Perkiraan bayaran: Rp200.000 Rp500.000 per dokumen

Masih dalam dunia tulis-menulis, kerja sampingan sebagai penerjemah juga gak kalah menjanjikan. Kalau kamu mahir bahasa asing, baik itu bahasa Inggris, Mandarin, Arab, Jepang, Perancis, Jerman, atau bahasa apapun itu, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk menjadi penerjemah.

Kamu cukup meminta klien untuk mengirimkan dokumen yang hendak diterjemahkan, dan mengirimkan hasil terjemahanmu kembali kepada mereka. Bayarannya pun biasanya akan tergantung dari tingkat kesulitan bahasa dan banyaknya kata yang diterjemahkan.

Baca juga: Skinny House, Rumah yang Dibangun Ke Atas, Bukan Ke Samping

Desain grafis

kerja sampingan - rumah123.com

Perkiraan bayaran:

Untuk kamu yang tertarik dengan desain grafis, banyak sekali di luar sana yang membutuhkan jasamu! Mulai dari mahasiswa yang sedang membuat tugas akhir, pedagang online untuk bahan promosi, hingga perusahaan besar sekalipun. Bayarannya pun variatif, mulai dari Rp200.000 hingga Rp1.000.000, tergantung dari tingkat kesulitan desain. Lumayan sekali kan?

Jualan kue Lebaran

kerja sampingan - rumah123.com

Perkiraan bayaran: Rp70.000 - Rp100.000 per toples

Makanan manis seperti kue kering seringkali dihidangkan di meja ruang tamu saat Hari Lebaran. Namun, gak sedikit juga yang malas untuk membuatnya sendiri karena sudah terlalu sibuk. Untuk itu, manfaatkanlah momen ini untuk mendulang pundi-pundi rupiah dengan berjualan kue-kue Lebaran seperti nastar, kastengel, putri salju.

Baca juga: 10 Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis & Elegan yang Bikin Kamu Serasa di Hotel

Model pakaian

kerja sampingan - rumah123.com

Perkiraan bayaran: Rp400.000 - Rp1.000.000 per sesi foto

Saat ini, banyak sekali clothing line skala kecil yang mulai menjual barang-barangnya melalui media sosial. Kebanyakan dari mereka tak akan menggunakan jasa model profesional, mengingat bujet promosi juga pasti pas-pasan. Sebagai gantinya, mereka akan mencari orang dengan proporsi tubuh yang sesuai dengan pakaian yang dijual, untuk dijadikan model.

Nah itu dia, pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang THR. Jika kamu cukup getol melakukannya, bahkan gak menutup kemungkinan uang yang kamu dapatkan dari kerja sampingan lebih besar dari gaji bulananmu.

Jadi, pekerjaan sampingan mana yang mau kamu jalani? Yang manapun itu, pastikan tidak mengganggu ibadah puasamu ya!

Rumah123.com punya artikel lainnya yang gak kalah menarik. Yuk, dicek!

Bagikan: 3509 kali