Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Banyak yang mengatakan kalau generasi milenial sulit untuk memiliki rumah. Meski pada kenyataannya, banyak juga yang berhasil punya rumah.

Setelah sukses punya rumah dengan susah payah, kamu harus punya sederetan keahlian ini. Ya, pastinya susah payah dengan menyisihkan pendapatan, kerja sampingan, hingga menurunkan gaya hidup.

Baca juga: Katanya, Gedung Ini Bidik Pekerja Milenial, Ayo Kerja di Sini Aja!

Lima keahlian ini diperlukan agar kamu bisa tetap menekan pengeluaran lantaran masih mencicil rumah atau apartemen. Keahlian apa saja sih?

Pertama, bisa membetulkan bak cuci piring. Kalau kamu malas, biasanya kamu membuang sampah makanan ke saluran bak cuci piring. Hasilnya, bak cuci piring pasti macet.

Baca juga: Alihkan Pengeluaran Gaya Hidup, Saatnya Milenial Berinvestasi Properti

Nah, ketimbang kamu memanggil tukang dan mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, kamu harus belajar untuk membuka bak cuci piring. Kamu bisa membersihkannya sendiri.

Tapi yang penting sih kamu tidak membuang sampah ke saluran bak cuci piring. Jangan lupa untuk menyiramnya dengan air panas agar tidak bau.

Baca juga: Jalan-jalan atau Tinggal di Mars ya? Ini Dia Pilihan Kekinian Buat Generasi Milenial

Kedua, bisa membersihkan saluran air. Kamu harus membersihkan talang air atau saluran air secara rutin. Kalau mampet, ya siap-siap saja rumah air akan luber ke mana-mana.

Tidak hanya itu lho, dinding bisa saja terkena rembesan air. Kalau hal ini terjadi, ya dinding kamu terlihat jelek kan?

Baca juga: Kawasan Sub Urban Lebih Hidup Karena Pengaruh Milenial, Beneran Lho

Ketiga, dapat mengganti saringan udara atau filter AC. Siapa sih yang tidak menggunakan AC saat ini? Nah, kalau menggunakan pendingin udara, jangan malas untuk membersihkan saringan udara ya.

Kamu memang bisa memanggil tukang service AC untuk melakukannya. Namun, kalau melakukan pembersihan sederhana, kamu bisa melakukannya kok.

Baca juga: 10 Kawasan Paling Asyik Buat Dikunjungi, Milenial Mesti Catat Ya!

Saringan udara ini harus dibersihkan secara rutin apalagi kalau kamu memiliki binatang peliharaan seperti kucing atau anjing. Kalau tidak, AC tidak dingin dan juga kamu bisa sakit karena menghirup udara yang kotor.

Keempat, menutup lis jendela. Bagian lis jendela bisa terkelupas. Kalau terbuka semakin besar, serangga atau mungkin tikus bisa masuk ke rumah.

Baca juga: Milenial Pilih Tinggal di Kawasan Sub Urban, Nah Begini Dong!

Bayangkan kalau ada binatang berkeliaran dalam rumah, tentunya rumah tidak sehat kan? By the way, kamu hanya perlu lem untuk memperkuat lis jendela lho.

Kelima, bisa membetulkan kloset yang mampet. Masalah ini memang klasik banget sih. Tapi kalau kamu nggak bisa memperbaikinya, kamu harus memanggil tukang secara rutin kan.

Baca juga: Berapa Lama Generasi Milenial Nabung DP Rumah? 32 Tahun!

Awalnya, kalau toilet mampet, kamu bisa memanggil tukang untuk memperbaikinya. Kamu harus melihat cara kerjaya. Kalau kejadian terulang, kamu bisa memperbaiki sendiri.

Kalau kamu bisa mengerjakan lima hal ini sendiri, hitung saja berapa dana yang bisa kamu hemat dalam setahun. Mungkin dananya bisa dialihkan untuk cicilan rumah.

Bagikan: 2124 kali