OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Jurusan Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar | Kuliah di Sini Saja, Tidak Banyak Saingan

19 Juli 2022 · 4 min read Author: Adhitya Putra

Jurusan Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

Ada sejumlah jurusan sepi peminat tapi peluang kerja besar, tentunya menjadi kesempatan bagi kamu yang ingin mencari karier yang cemerlang.

Banyak jurusan sedikit peminat tapi peluang kerja besar, cocok untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat kuliah.

Menentukan jurusan kuliah merupakan satu fase yang harus dilewati lulusan SMA, tentunya kalau hendak melanjutkan pendidikan ke universitas.

Pastinya, kamu akan memilih jurusan yang banyak peluang kerjanya, agar bisa memiliki jenjang karier sukses ketika lulus kuliah nanti.

Terlebih, bagi kamu perempuan yang bertanya dalam benaknya kira-kira jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita apa saja sih.

Untuk kamu yang masih bingung jurusan apa saja yang sepi peminat? Nah, cobalah simak ulasan dari Rumah123.com yang mengutip dari sejumlah sumber.

Rekomendasi Jurusan Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

1. Oseanografi

Jurusan Sedikit Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Besar

Bila kamu mempunyai ketertarikan terhadap laut dan kehidupannya, bisa jadi jurusan kuliah ini tepat untuk kamu pilih lo.

Jurusan Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan yang mempelajari fenomena laut, siapa tahu kamu hobi diving.

Cabang Oseanografi biasanya diaplikasikan di berbagai bidang, seperti lingkungan, bencana laut, hingga perikanan.

Menariknya, gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate jurusan Oseanografi bisa mencapai Rp10 juta per bulan, lo! Wow!

Di Indonesia, terdapat dua (Perguruan Tinggi Negeri) PTN ternama yang menyediakan jurusan ini, yakni Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro.

2. Antropologi Sosial

Jurusan Sedikit Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Besar

Jurusan sedikit peminat tapi peluang kerja besar berikutnya ada jurusan Antropologi Sosial, pasti belum banyak yang tahu.

Dalam cabang ilmu ini, kamu akan mempelajari hubungan antara suatu kelompok masyarakat dengan budaya suatu etnis.

Meski sepi peminat, prospek kerja lulusan antropologi sosial pun terbilang cukup bagus, catat ya jangan sampai lupa lo.

Kamu bisa menjadi seorang peneliti, dosen, wartawan, hingga Pegawai Negeri Sipil alias PNS, kamu bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah dengan menjadi staf peneliti.

Sejumlah PTN memiliki jurusan ini seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, serta Universitas Brawijaya Malang.

3. Ilmu Perpustakaan

Jurusan Sedikit Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Besar

Mungkin kamu akan memandang sebelah mata, namun nyatanya Ilmu Perpusatakaan termasuk jurusan sedikit peminat namun punya peluang kerja besar.

Di bidang Ilmu Perpustakaan, kamu akan mempelajari mengenai seluk-beluk ilmu arsip dan informasi, tidak hanya soal menyusun buku.

Setelah lulus, kamu bisa menjadi pustakawan, document controller, administrasi arsip, hingga pemilik percetakan dan penerbitan buku.

Bila menjadi pustakawan di lembaga pemerintah, gaji yang akan didapatkan adalah sekitar Rp 4 jutaan, belum termasuk tunjangan.

Jurusan ini ada di beberapa universitas seperti di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, dan PTN lainnya.

Jurusan Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

4. Astronomi

Jurusan ini tergolong sedikit peminatnya,  skan tetapi memiliki peluang kerja besar di kemudian hari, perlu kamu pertimbangkan.

Kamu akan fokus mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit, pilihan tepat bagi yang suka melihat bintang saat malam.

Adapun profesi untuk lulusan jurusan Astronomi di antaranya pegawai di berbagai lembaga pemerintahan seperti BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika).

Prospek gaji yang bisa didapat dari lulusan jurusan Astronomi berkisar Rp4 juta hingga Rp33 juta per bulan, wow luar biasa.

Perguruan tinggi negeri yang menyediakan jurusan Astronomi hanya Institut Teknologi Bandung (ITB), hanya ada satu tempat lo.

5. Arkeologi

Jurusan Sedikit Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Besar

Nah, kalau kami tertarik dengan peristiwa sejarah masa lampau, bisa memilih kuliah jurusan Ilmu Arkelogi, jadi calon arkeolog.

Di bidang studi itu, kamu akan mempelajari manusia pada masa lalu maupun sekarang melalui peninjauan material yang ada.

Meski terbilang sepi peminat, nyatanya dengan jurusan ini kamu bisa menjadi seorang ahli antropolog, jurnalis, hingga penulis.

Sebagai informasi, gaji arkeolog di Indonesia rata-rata berkisar Rp4 juta hingga Rp7 juta per bulan, tentunya lumayan besar ya.

PTN yang memiliki jurusan Arkeologi di antaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Universitas Udayana.

Itulah 5 jurusan kuliah sedikit peminat tapi peluang kerja besar, kira-kira kamu pilih yang mana nih, tidak banyak saingan lo.

Sebelumnya, Rumah123.com pernah membahas mengenai kota pendidikan di Indonesia, sejumlah kota dengan universitas negeri dan swasta terbaik.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Dago Village.


Tag: , ,


Adhitya Putra
Seorang jurnalis Rumah123.com yang sedang menekuni peran sebagai penulis konten.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA