Nggak ada lagi alasan menunda niat berbisnis hanya karena terkendala modal. Bahkan kamu bisa loh menjalankan usaha tanpa modal alias dengan modal nol rupiah.

Memangnya ada ya usaha tanpa modal? Tentu saja ada! Syaratnya hanya satu, manfaatkan media sosial dan internet. Bermodalkan kedua hal itu, kamu bisa mendukang keuntungan besar dengan menjalankan 5 jenis bisnis yang bisa dilakukan dari rumah ini. 

Dropship barang impor China

usaha tanpa modal - rumah123.com

China memang terkenal dengan barang-barangnya yang serba murah. Nggak heran banyak pedagang yang mencari supplier hingga ke sana. Bagaimana supaya usaha tanpa modal bisa berjalan? Gunakan saja sistem dropship. Jadi, supplier mengirim barang ke pelangganmu, dengan menggunakan nama tokomu.

Kalau kamu dropship dari China, bagaimana ongkos kirimnya? Jangan-jangan berat di ongkos! Eits, saat ini, banyak sekali marketplace seperti Shopee dan Lazada, yang menyediakan pengiriman dari luar negeri dengan biaya yang sangat murah, bahkan gratis.

Tapi mengingat pengirimannya memakan waktu hingga 2 minggu, sebaiknya kamu menggunakan sistem pre-order terlebih dahulu. Ketika kuota pemesanan sudah cukup banyak, baru kamu memesannya dari supplier di China. Nah, sebagai tambahan ide bisnis, kamu bisa coba dropship aksesoris wanita yang lagi ngetren belakangan ini.

Endorse Instagram tanpa menjadi selebgram

usaha tanpa modal - rumah123.com

Siapa bilang harus punya followers jutaan untuk menjadi selebgram? Ada sebuah aplikasi bernama Partipost, wadah bagi perusahaan yang mencari micro influencer untuk memasarkan campaign mereka.

Nantinya setelah memasarkan campaign tersebut di media sosial, influencer akan mendapatkan reward berupa uang, yang bisa ditarik melalui rekening. Menarik sekali kan? Buat kamu yang aktif di media sosial, boleh banget nih dicoba usaha tanpa modal satu ini!

Jual barang bekas dan buka online thrift shop

usaha tanpa modal - rumah123.com

Coba cek kembali isi rumahmu. Apakah kamu punya banyak pakaian, atau barang-barang yang sudah lama nggak terpakai? Kalau jawabannya iya, maka saatnya untuk menjadikannya uang. Saat ini, konsep vintage mulai menjadi tren.

Baik itu tren fashion, hingga desain interior sekalipun. Apabila kamu punya koleksi pakaian atau barang jadul yang masih bagus, coba jual barang-barang tersebut lewat Instagram atau lewat marketplace khusus barang bekas seperti Caroussel atau Prelo. Dijamin banyak peminatnya!

Baca juga: 5 Jenis Usaha dengan Modal Kecil Ini Ternyata Janjikan Keuntungan Besar!

Buka jastip ketika traveling

usaha tanpa modal - rumah123.com

Saat ini lagi booming banget bisnis jastip alias jasa titip. Ketika kamu bepergian ke dalam maupun ke luar negeri, pastinya ada barang-barang yang tak dijual di Indonesia, atau di daerah si pembeli. Untuk mengakomodir keinginan mereka, maka kamu bisa membelikan barang-barang tersebut.

Minta para pembeli untuk mentransfer uang sebelum kamu membelikan barangnya. Nah, tentunya ada biaya jasa yang dikenakan dari kegiatan titip menitip ini. Dari situlah kamu bisa mengambil keuntungan.

Baca juga: Hati-Hati! Bisnis Rumah Kontrakan Bikin Rugi Kalau Kamu Gak Paham 5 Hal Ini

Jual diri

usaha tanpa modal - rumah123.com

Tenang, jual diri di sini tidak berkonotasi negatif kok. Jual diri maksudnya adalah menjual kemampuan diri yang kamu miliki kepada orang-orang yang membutuhkan. Kamu jago menulis? Banyak perusahaan digital di luar sana yang membutuhkan konten untuk dijual.

Kamu bisa menawarkan keahlianmu kepada mereka. Selain penulis, masih banyak perusahaan yang butuh jasa tenaga lepas untuk diberdayakan. Misalnya penerjemah, pembuat website, atau desainer grafis. Jadikan keahlianmu tersebut pundi-pundi uang. Ini baru definisi jual diri yang tepat!

Bagikan: 2972 kali