Kata siapa anak kuliah tidak bisa mulai berinvestasi? Ini dia beragam pilihan investasi untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. 

investasi untuk mahasiswa

Modal yang dibutuhkan relatif lebih rendah dengan tingkat resiko yang sesuai untuk kategori pemula. 

Ada juga pilihan yang cukup menjanjikan jika kamu ingin mendapatkan keuntungan berlimpah. 

Semua tinggal dipilih di bawah ini!

Rekomendasi Investasi untuk Mahasiswa

Mulai dari trading saham sampai emas, yuk simak ulasan lengkapnya!

1. Reksa Dana 

Pilihan investasi untuk mahasiswa yang kian populer di tahun 2020 ini adalah reksa dana. 

Tak hanya sangat ideal untuk pemula atau kalangan mahasiswa, jenis investasi online ini juga paling pas untuk kamu yang ingin belajar dan mengenal lebih dalam tentang dunia saham, obligasi dan instrumen investasi sejenisnya. 

Reksa dana adalah sebuah aktivitas manajemen modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi, tanpa perlu pusing memikirkan beragam instrumen-instrumen yang tersedia di pasar, yakni dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana saja. 

Bukan cuma itu, kamu juga akan dibantu oleh seorang profesional pengelola keuangan yang dikenal dengan nama Manajer Investasi (MI). 

Alasan rekomendasi ini disebut ideal untuk kalangan mahasiswa, sebab reksa dana ini juga tergolong investasi yang tidak membutuhkan banyak modal. 

Setelah membeli sebuah reksa dana nantinya modalmu akan digabungkan dengan modal investor lainnya, yang kemudian bakal dikelola, supaya bisa memperoleh keuntungan.

2. Investasi untuk Mahasiswa Berupa Emas

Berikutnya ada investasi untuk mahasiswa yang juga semakin banyak diminati, yaitu logam mulia berupa emas. 

Padahal sebelumnya emas dikenal sebagai pilihan pengembangan cuan yang hanya bisa dilakukan mereka yang bermodal besar.

Hal ini dikarenakan emas merupakan jenis investasi yang memiliki potensi risiko tergiling inflasi yang relatif rendah. 

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah emas memiliki sifat likuid yang berarti sangat mudah untuk diperjualbelikan. 

Jadi buat kamu yang sedang berinvestasi emas, lalu tiba-tiba kamu membutuhkan dana dengan cepat, tinggal jual saja emas yang dimiliki dalam waktu singkat. 

Proses jual-beli emas juga tergolong cepat jika dibandingkan dengan produk investasi lainnya, termasuk reksa dana atau saham. 

Dengan resiko yang cukup rendah, investasi emas relatif memiliki keuntungan yang lebih kecil, yaitu berkisar antara 2-4% saja per tahunnya.

3. Investasi Deposito untuk Mahasiswa

Produk investasi untuk mahasiswa selanjutnya yang dapat dilakukan dengan sangat mudah adalah deposito. 

Deposito tergolong ke investasi online yang memiliki tingkat resiko rendah dan sangat aman, sehingga ideal untuk para pemula.

Mengapa bisa demikian?

Dana yang kamu gelontorkan dalam bentuk deposito akan disimpan di bank sebagai bagian dari produk keuangan yang ditawarkan.

Berbeda dengan simpanan biasa yang bisa langsung ditarik kapanpun kamu mau, dana dalam deposito akan diendapkan selama jangka waktu tertentu sesuai ketetapan. 

Jadi, pencairannya harus menunggu sampai masa waktu tersebut selesai, biasanya berkisar 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, atau lebih lama. 

Semakin lama jangka waktu penyimpanan, potensi bunga yang didapatkan biasanya juga akan mengikuti dengan kisaran antara 5-8% per tahun di luar potongan pojok yang bisa menyentuh angka 20%.  

4. Investasi Melalui P2P Lending 

Peer to Peer Lending atau disingkat P2P adalahlah jenis instrumen investasi yang mulai mendapat perhatian belakangan ini. 

Cukup dengan menyiapkan modal sekecil Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa terjun ke dalam sistem P2P.

Cara kerjanya sendiri adalah dengan mengumpulkan uang ke dalam wadah pengepul resmi yang nantinya akan dikelola oleh pihak penyedia jasa untuk disalurkan kepada pihak yang membutuhkan modal, misalnya usaha UMKM (Usaha Kecil dan Menengah). 

Dari sinilah kamu bisa menikmati bunga yang cukup menggiurkan, hingga 20% sebagai imbal dari modal yang sudah ditanamkan. 

Resiko investasi online ini tergolong tinggi karena tidak adanya penjamin yang bisa menjadi patokan. 

5. Trading Saham 

Kalau kamu ingin mencari jenis investasi untuk mahasiswa yang benar-benar menguntungkan, trading saham bisa jadi pilihan terbaik. 

Tingkat return yang tinggi tentu saja berbanding lurus dengan resiko yang bakal memaksamu berpikir dua kali jika ingin mencoba trading saham. 

Sesuai namanya, trading saham adalah kegiatan jual-beli lembar saham yang harganya sangat fluktuatif karena bisa berubah dengan cepat hanya dalam waktu singkat. 

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di Citraland Cibubur!

Bagikan:
2893 kali