Banyak orang yang sangat total ketika hendak mendesain  desain interior dapur. Mulai dari memilih kitchen set hingga keramik dapur, semua dipilih yang terbaik.

merawat dapur - rumah123.com

Untuk bagian yang mudah dilihat orang, semua dipermak dengan totalitas Tapi, ada beberapa hal penting lain yang esensial, namun kerap diabaikan ketika mendesain dapur. Padahal hal ini sangat berpengaruh pada ketahanan dapur, baik dari segi fungsi, maupun estetikanya. 

Untuk kamu yang mau punya dapur cantik nan tahan lama dan tak cepat rusak, bisa mencoba langkah-langkah berikut ini.

Perhatikan kondisi saluran air dan dinding dapur sebelum memasang kitchen set

Dalam proses membuat dapur, sebaiknya perhatikan kondisi saluran air dan dinding dapur. Pastikan dinding berada dalam keadaan kering sebelum kitchen set dipasang. Sebab, dinding yang lembab akan membuat kabinet menjadi cepat lapuk. Sayang kan kitchen set yang kamu beli mahal-mahal, harus rusak karena kamu mengabaikan hal ini? Daripada harus keluar uang lagi untuk memperbaikinya, lebih baik mencegahnya mulai sekarang!

Baca juga: Desain Dapur Terbuka, Ini 6 Kelebihan dan Kekurangannya

Perhatikan juga area basah dapur

Kitchen set yang berada dekat dengan area basah seperti bak cuci juga rentan mengalami kerusakan. Udara yang muncul dari aliran air keran akan membentuk titik-titik air. Karena ini, area kitchen set yang tertutup bisa menjadi lembab, dan material kitchen set pun menjadi rusak. Pencegahan yang bisa dilakukan untuk hal ini adalah membuat sirkulasi udara pada salah satu bagian kitchen set, misalnya pada bagian pintunya. Dengan begitu, area dalam kitchen set tak akan begitu lembab. 

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dengan Ampuh Menggunakan 9 Bahan Dapur

Jangan salah memilih wastafel cuci piring

Memilih wastafel cuci piring yang tepat juga bisa memudahkanmu dalam merawat dapur. Wastafel built in lebih disarankan untuk diimplementasikan pada dapurmu. Sebab, kamu bisa lebih mudah membersihkan area tersebut lantaran wastafel tidak memiliki bagian pinggir. Air pun tak akan menggenangi table top karena langsung masuk ke area wastafel. 

Ganti beberapa bagian dapur secara berkala

Apabila kamu kepalang jarang merawat dapur, kamu tetap bisa kok mencegah kerusakan terjadi. Salah satunya adalah dengan mengganti beberapa bagian dapur secara berkala. Bagian handel, engsel, dan rel pada pintu dan laci biasanya mulai kurang kencang jika dapur sering dipakai. Lakukan penggantian rutin setahun sekali untuk mencegah kerusakan tambahan. 

Jaga kebersihan dapur pada bagian dalam dan luar

Cara-cara di atas tentu tak akan membuahkan hasil maksimal jika kamu tak rutin membersihkan dapur. Bersihkan dapur setelah selesai digunakan. Jika ada kerusakan-kerusakan kecil, maka segera bersihkan tanpa menunggu kerusakan menjadi lebih luas. 

Bagikan: 1836 kali