Mendesain dapur kecil memang penuh tantangan, salah satunya dalam memilih desain kitchen set yang akan dipasang.

desain kitchen set - rumah123.com

Ruangan yang terbatas kerap menjadi hambatan bagi pemilik rumah ketika mau memilih kitchen set sesuai selera.

Untuk itu, sangat penting memilih desain kitchen set yang compact, namun tetap memiliki fungsi maksimal untuk mendukung kegiatan yang dilakukan dalam dapur. Seperti menyimpan peralatan dan perlengkapan dapur, mencuci, hingga memasak. Seperti apa sih desain kitchen set yang ideal untuk dapur kecil rumahmu? Berikut Rumah123.com berikan 5 contohnya!

One line

desain kitchen set - rumah123.com Sumber: Pinterest

Kitchen set one line alias satu baris merupakan bentuk yang sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah mungil. Bentuknya yang mengikuti panjang ruang membuat bentuk ini sangat menghemat tempat dan fleksibel untuk diterapkan pada bentuk ruang apa pun. Supaya seluruh fungsi dapur terdapat pada kitchen set tersebut, kamu bisa memilih untuk menempatkan kitchen set pada sisi ruang yang lebih panjang.

Baca juga: Biar Gak Sumpek, Coba Deh Terapkan 10 Desain Dapur Terbuka Ini

Bentuk L

desain kitchen set - rumah123.com Sumber: Pinterest

Apabila dapur terletak pada sudut ruang, maka desain kitchen set berbentuk L cocok untuk diterapkan. Bentuk satu ini lebih bervariasi dibandingkan bentuk one line. Kamu bisa menerapkan pola segitiga pada kitchen set bentuk L. Kulkas diletakkan di sudut terluar supaya lebih dekat dengan area makan.

Two lines

desain kitchen set - rumah123.com Sumber: Pinterest

Kitchen set berbentuk two lines memiliki 2 kabinet yang berseberangan. Bentuk ini cocok untuk diterapkan pada ruang yang melorong, misalnya memiliki pintu di ujung lorong. Namun, jika kamu menerapkan bentuk two lines, pastikan bahwa ruang gerak antar kabinet harus dipertimbangkan. Jangan sampai terlalu sempit sehingga kamu kerepotan nantinya untuk beraktivitas.

Baca juga: 7 Desain Wastafel Cuci Piring untuk Melengkapi Dapur Cantikmu!

Bentuk “U”

desain kitchen set - rumah123.com Sumber: Pinterest

Bentuk satu ini adalah perpaduan antara bentuk L dengan bentuk two lines. Bentuk satu ini cocok diaplikasikan pada dapur yang tak menyatu dengan ruangan lainnya. Kelebihan dari bentuk ini, ruang gerak menjadi lebih besar dan nyaman. Apabila terdapat ruang kosong, sisi yang tersisa bisa digunakan sebagai mini bar.

With island

desain kitchen set - rumah123.com Sumber: Pinterest

Kitchen set with island merupakan perpaduan antara kitchen set letter L dengan tambahan island table di area tengah. Biasanya island table digunakan sebagai kabinet penempatan sink, dan mini bar. Untuk desain kitchen set satu ini, dibutuhkan ruang yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan desain lainnya.

Itu dia 5 desain kitchen set yang cocok diterapkan pada rumah kecil. Mana kira-kira yang akan kamu pilih untuk dapurmu?

Bagikan: 6880 kali