Rumah kecil adalah solusi yang banyak dipilih di tengah keterbatasan lahan dan kenaikan harga tanah beberapa tahun belakangan ini.

Tapi, bukan berarti tinggal di rumah berukuran kecil harus sempit-sempitan. Rumah kecil bisa terasa luas jika setiap ruang dimanfaatkan secara optimal.

Nah, seperti apa cara menghemat ruang di rumah kecil yang bisa kamu terapkan? Berikut cara mudahnya!

Menjadikan anak tangga sebagai meja

rumah kecil - rumah123.com Sumber: Pinterest

Dalam hunian yang kecil, penting untuk memilih satu barang yang memiliki banyak fungsi sekaligus. Salah satunya adalah dengan menjadikan anak tangga rumah sebagai meja. Ukuran anak tangga yang diperlebar sangat memungkinkan untuk menjadikannya area penyimpanan buku. Kamu bisa menerapkan ini juga di rumahmu.

Menggunakan konsep lemari baju terbuka

rumah kecil - rumah123.com Sumber: Pinterest

Furnitur berukuran besar harus dihindari karena memakan ruang. Untuk urusan lemari, salah satu alternatif untuk menyiasatinya adalah dengan memakai lemari terbuka. Isi lemari yang selalu terlihat membuat kamu mau tak mau menyesuaikan jumlah barang yang akan disimpan, sehingga ruang tak semakin sempit akibat barang yang tak terpakai.

Baca juga: Bukan Sekadar Bebenah Rumah, Metode Marie Kondo Juga Bisa Menata Hidupmu

Meja makan lipat

rumah kecil - rumah123.com Sumber: Pinterest

Meja makan kerap menjadi salah satu barang yang membutuhkan banyak ruang. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan meja makan yang bisa dilipat menjadi laci. Di salah satu sisi, meja diberi engsel yang bisa ditarik saat akan digunakan. Ketika tidak digunakan, meja bisa dilipat sehingga terlihat seperti laci pada umumnya.

Penempatan mesin cuci di kamar mandi

rumah kecil - rumah123.com Sumber: Pinterest

Kamar mandi juga bisa bertambah fungsinya menjadi ruang cuci. Gunakan furnitur custom, di mana kamu bisa menyembunyikan mesin cuci ke dalam dinding. Dengan begitu, kamu bisa menghemat ruang tanpa harus mengurangi estetika desain kamar mandi karena kehadiran mesin cuci yang besar.

Baca juga: Sulap Kamar Mandi Kecil Milikmu Bak Hotel Bintang Lima dengan 5 Cara Ini!

Memaksimalkan sudut ruangan

rumah kecil - rumah123.com Sumber: Pinterest

Maksimalkan setiap ruang kosong, termasuk sudut ruangan. Manfaatkan area sudut ruangan yang kosong sebagai ruang kerja, ruang belajar, atau sekadar rak buku. Hadirkan floating table supaya semakin menghemat tempat.

Lahan rumah yang terbatas  kerap menjadi hambatan untuk memaksimalkan fungsi pada rumah. Padahal, asal kita pintar mencari trik-trik seperti ini, rumah berukuran kecil pun bisa menjadi penuh fungsi.

Bagikan: 437 kali