Kondisi meja belajar sangat berpengaruh dengan produktivitasmu. Untuk itu, sebaiknya kamu tata dengan baik mejamu!

Seorang mahasiswa di depan meja belajar (rumah123.com/getty images) Seorang mahasiswa di depan meja belajar - rumah123.com

Bagi kebanyakan orang, belajar dengan cara duduk di depan meja adalah kegiatan yang tak menyenangkan. Pasalnya, seringkali hal ini membosankan dan bikin kamu tak bersemangat. Tahukah kamu bahwa kondisi meja belajar sangat berpengaruh dengan produktivitasmu? Walaupun tak berantakan, penataan yang salah juga bisa membuat hal ini terjadi lho. 

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi ini adalah dengan menata ulang meja belajar. Tampilan yang baru bisa membuat pikiranmu kembali fresh. Penataan yang tepat pun bisa meminimalisir distraksi ketika kamu belajar. Nah, jika kamu butuh inspirasi untuk menata ulang mejamu, berikut 5 cara mudahnya dari Rumah123.com!

7 cara menata meja belajar, dijamin bikin semangat setelahnya!

Langkah 1: Singkirkan semua barang dari atas mejamu

Menata meja belajar harus dimulai dari meja yang kosong. Untuk itu, singkirkan semua barang yang ada di atas meja. Kumpulkan barang-barang tersebut di satu wadah.

Langkah 2: Sortir barang yang masih digunakan dan tidak

Setelah meja kosong, sortir barang yang kamu kumpulkan sebelumnya. Pilih barang mana yang layak untuk dipertahankan, dan mana yang tak pernah dan tak akan kamu gunakan. Jika kamu kesulitan, bisa mengikuti metode decuttlering Marie Kondo. Pegang barang tersebut, apabila kamu merasa bahagia ketika menyentuhnya, maka artinya barang tersebut layak untuk disimpan.

Langkah 3: Buang semua kertas yang tak isinya tak lagi relevan

Ngaku deh, setiap mau ujian, pasti banyak kertas berisi rangkuman materi pelajaran yang kamu gunakan untuk belajar. Seringkali kamu mengumpulkan kertas-kertas tersebut hingga menumpuk. Inilah yang membuatmu sering pusing untuk menemukan kertas yang benar-benar penting. Maka dari itu, baca setiap lembar kertas yang ada di meja, dan segera buang jika isinya tak lagi relevan.

Langkah 4: Beri label pada setiap barang

Memberi label pada barang A, barang B, dan seluruh barang penting di mejamu akan memudahkan ketika kamu mencari barang tersebut di masa depan. Kamu tak perlu membuang waktu dengan melihat satu-satu barang apa itu, apalagi jika bentuknya mirip-mirip. Cukup dengan melihat label, maka waktumu pun tak banyak terbuang.

Langkah 5: Hanya letakkan barang yang digunakan di atas meja

Percaya atau tidak, barang yang tak terpakai hanya akan membuatmu mudah terdistraksi. Untuk itu, dari sekarang sebaiknya kamu memisahkan barang mana yang harus berada di atas meja, dan barang mana yang harus masuk ke laci. Sebaiknya letakkan hanya barang yang benar-benar digunakan. Misalnya seperti laptop, satu buku catatan, dan satu pulpen.

Langkah 6: Beli rak floating supaya meminimalisir penggunaan ruang

Jika kamarmu berukuran kecil, kamu harus pintar-pintar memilih wadah penyimpanan. Jangan sampai keberadaan wadah tersebut bikin ruangan semakin sumpek dan sempit. Salah satu caranya adalah dengan memilih rak floating yang bisa digantung di dinding. 

Langkah 7: Percantik meja belajar dengan tanaman hias

Untuk menyegarkan mata, kamu bisa menambahkan tanaman hias hidup di sudut meja. Selain mempercantik tampilan, kehadiran tanaman juga baik lho untuk sirkulasi udara.

Meja belajar yang kotor bukan cuma bikin gak produktif. Boro-boro produktif, kamu melihatnya saja sudah malas kan? Maka dari itu, yuk segera tata ulang meja belajarmu!
Bagikan: 1985 kali