Baking soda dan campuran lemon atau stroberi merupakan salah cara memutihkan gigi paling ampuh - Rumah123.com Baking soda dan campuran lemon atau stroberi merupakan salah cara memutihkan gigi paling ampuh - Rumah123.com

Gigi yang putih bukan hanya mampu mempercantik penampilan, namun juga sebagai tanda bahwa gigimu berada dalam kondisi sehat. Tak heran, banyak orang yang berbondong-bondong menggunakan berbagai cara untuk memutihkan giginya. Dari cara memutihkan gigi yang benar seperti ke dokter, hingga cara yang salah seperti menggunakan produk abal-abal yang dijual di pasaran.

Apabila kamu punya bujet berlebih, tentu saja memilih jasa dokter untuk memutihkan gigi merupakan pilihan tepat. Namun, bagaimana jika bujet minim? Haruskah kamu mencoba produk abal-abal? Tentu tidak! Jangan pernah berpikiran untuk mencobanya. Murah sih murah, tapi kesehatanmu taruhannya. 

Nah, daripada kamu menggunakan produk abal-abal yang berbahaya bagi kesehatan, kenapa tidak menggunakan cara memutihkan gigi secara natural? Selain aman, bahan-bahan yang diperlukan mudah untuk ditemukan, dan tentu saja murah! Nah, bagaimana cara memutihkan gigi secara alami? Berikut selengkapnya!

Menggunakan baking soda dan lemon

Baking soda memang terkenal sebagai bahan dapur yang multifungsi. Salah satunya adalah untuk memutihkan gigi. Butiran kasar yang terkandung di dalamnya mampu mengikis noda yang menempel pada gigi. Baking soda sendiri bersifat basa, sehingga mampu menetralkan asam di mulut akibat residu makanan dan bakteri. Untuk hasil maksimal, gunakan bersamaan dengan perasan air lemon yang berfungsi sebagai pemutih. Namun, jangan sering-sering memakainya ya agar gigimu tak rusak. 

Menggunakan baking soda, stroberi, dan garam laut

Masih sama-sama menggunakan bahan yang sama, baking soda juga cocok dipadukan dengan buah stroberi dan garam laut. Caranya mudah, hancurkan stroberi, tambahkan garam laut dan baking soda, lalu aduk rata. Lakukan gerakan sikat gigi seperti biasa menggunakan bahan tersebut. Biarkan selama 5 menit dan kumur hingga bersih. 

Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa memang terkenal banyak manfaatnya untuk bayi, namun bukan cuma untuk bayi, orang dewasa pun bisa merasakan manfaat minyak kelapa, salah satunya untuk memutihkan gigi. Kandungan lauric acid pada minyak kelapa terbukti efektif untuk mengembalikan warna gigi dan membasmi plak serta bakteri pada gigi. Caranya gampang, kamu tinggal berkumur minyak kelapa setiap hari.

Mengonsumsi makanan sehat

Cara di atas tentunya tak akan berguna jika kamu masih mengonsumsi makanan yang membuat gigi rusak. Maka dari itu, untuk hasil yang maksimal, barengi cara di atas dengan mengonsumsi makanan sehat. Perbanyak makanan segar seperti buah dan sayur. Pilih yang mengandung banyak gizi untuk gigi. Kamu bisa memilih keju, susu, atau bayam dan brokoli. Makanan dengan serat yang tinggi mampu memproduksi air liur lebih banyak sehingga zat-zat yang merusak gigi pun akan hilang. 

Kurangi rokok, kopi, dan teh

Enamel gigi atau lapisan terluar seiring berjalannya waktu akan semakin menipis. Semakin menipis, lapisan selanjutnya akan tampak lebih kuning. Ditambah lagi, dengan konsumsi kafein seperti kopi, teh, dan rokok akan memperparah warna kuning pada gigi karena bercaknya akan menempel. Maka dari itu, sebisa mungkin kurangi dan hindari konsumsi kafein berlebihan.

Bagikan:
79908 kali