cara merawat aglaonema

Ini dia panduan atau cara merawat aglaonema di rumah, tentunya agar tumbuh subur dan bisa mempercantik rumah. Yuk, punya hobi biar tidak rebahan.

Punya tanaman aglaonema tapi bingung bagaimana cara merawatnya? Yuk, simak beberapa cara merawat Aglaonema berikut.

Pada masa pandemi Covid-19 yang telah memasuki tahun kedua, banyak orang yang memiliki hobi baru selama berkegiatan di rumah saja.

Salah satu kegemaran yang mulai marak selama masa pandemi adalah menanam tanaman hias, baik tanaman mahal ataupun tanaman lainnya.

Sejumlah tanaman menjadi pilihan mulai dari adenium, monstera, karet kebo, aglaonema, dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Aglaonema adalah salah satu tanaman yang banyak dirawat banyak orang sebagai hobi baru mereka. Namun, tidak semua orang berhasil merawat tanaman ini.

Hampir semua pencinta tanaman tentu mengenal Aglaonema yang menjadi primadona, karena keindahan yang terpancar dari tampilannya.

Masalahnya, cara merawat Aglaonema agar tumbuh subur tidak hanya menyiram dengan benar saja, tetapi ada beberapa cara lainnya.

Cara merawat aglaonema

Kelebihan Aglaonema

Sebelum memutuskan untuk merawatnya, pastikan kamu sudah tahu karakteristik dari tanaman berdaun cantik ini.

Hal tersebut untuk memudahkan kamu dalam perawatannya, berikut kelebihan Aglaonema yang perlu kamu ketahui.

1. Mudah Beradaptasi

Aglaonema adalah tanaman yang mudah beradaptasi. Jadi, selama kamu memberikan perawatan yang sesuai, maka tanaman ini akan berumur panjang.

2. Mudah Perawatannya

Cara merawatnya terbilang mudah. Beberapa cara merawat Aglaonema di bawah ini bisa kamu praktekkan untuk tanaman kesayangan.

3. Filter Udara Alami

Cara merawat Aglaonema di dalam ruangan tidaklah terlalu sulit. Perawatannya nyaris serupa dengan tanaman indoor lainnya.

Salah satu alasan Aglaonema diletakkan di dalam ruangan adalah sebagi penyaring udara alami yang memperbaiki kualitas udara ruangan kamu.

4. Mudah Dibudidayakan.

Nah, cocok nih bagi kamu yang ingin berbisnis Aglaonema. Pasalnya, tanaman ini memiliki jenis varietas yang banyak dan mudah dibudidayakan.

Cara Merawat Aglaonema

Berikut beberapa cara merawat Aglaonema agar tumbuh subur dan juga memiliki daun yang indah, tahapannya meliputi:

1. Sinar Matahari yang Cukup

Tidak semua tanaman baik jika terkena sinar matahari secara langsung. Salah satu cara merawat Aglaonema layu adalah dengan memberikan cukup sinar matahari.

Kamu dapat meletakkan pot berisi Aglaonema pada lokasi yang tidak terkena matahari secara langsung supaya tumbuh subur, indah, dan daunnya tetap terjaga.

Hal ini dikarenakan habitat asli Aglaonema yang berada di atas gunung dan tumbuh subur di bawah pohon rindang dengan udara sejuk.

Jadi, cara merawat baby Aglaonema ialah harus dijauhkan dari sinar matahari secara langsung, serta tidak terkena lebatan air hujan yang deras.

2. Siram Aglaonema dengan Benar

Meskipun Aglaonema merupakan tanaman yang senang dengan udara sejuk dan kelembapan, tetapi bukan berarti kamu dapat menyiram seenaknya.

Ingat, memberi air berlebihan dapat membuat tanaman ini memiliki akar dan batang yang busuk, serta daunnya bisa menguning lalu layu.

Jadi, cara merawat Aglaonema layu dan cara mengatasi daun Aglaonema yang menguning adalah dengan tidak menyiram air terlalu banyak.

Sebaliknya, bila tanaman ini dibiarkan kering maka bisa membuatnya mati, karena media tanam kering akan membuat pasokan air dan nutrisi terhenti, hingga membuat Aglaonema layu dan mati.

Disarankan untuk menyiram dalam jangka waktu 2-3 hari sekali, untuk menjaga media tanam tetap basah dan suplai air dan nutrisi tetap terjaga.

3. Rajin Membersihkan Gulma pada Aglaonema

Gulma merupakan tanaman lain yang merugikan dan tumbuh pada media tanam yang sama dengan Aglaonema kesayangan kamu.

Maka, jangan lupa untuk memonitor gulma dengan baik. Cabut tanaman lain yang tumbuh maupun gulma agar suplai air dan nutrisi untuk Aglaonema tidak berkurang.

Cabut gulma pengganggu tersebut hingga akar, supaya tidak tumbuh lagi dan mengganggu pertumbuhan aglaonema.

4. Pangkas Daun yang Layu

Salah satu cara merawat Aglaonema agar berdaun lebar dan tumbuh subur lainnya adalah dengan memangkas daun yang sudah layu.

Kamu dapat memangkasnya dengan pisau tajam atau gunting khusus tanaman agar kembali terpancar keindahannya.

5. Lap Daun Aglaonema Agar Tetap Indah

Cara merawat Aglaonema lainnya adalah dengan mengelap bagian daun dengan spons halus agar warna dan coraknya tetap mengkilap dan cantik.

Jika kamu membiarkan daunnya berdebu, maka dapat mengundang penyakit pada Aglaonema kamu. Jadi, supaya tidak mati jangan lupa kamu lap secara berkala ya.

Semoga beberapa cara merawat Aglaonema di atas dapat membantu kamu dalam merawat tanaman kesayangan kamu ini, ya. Selamat mencoba.

Rumah123.com juga pernah membahas mengenai gelombang cinta, tanaman yang pernah tren dan harganya bisa sama dengan rumah.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Wismaya Residence.

Bagikan:
322 kali