Ada banyak cara mengatasi insomnia yang mudah dilakukan. Mulai dari mencuci muka dengan air dingin hingga mengubah tampilan kamar.

cara mengatasi insomnia yang banyak tak diketahui orang - rumah123.com Cara mengatasi insomnia yang banyak tak diketahui orang (Rumah123.com/Getty Images)

Insomnia merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya kesulitan untuk tidur. Umumnya, penderita insomnia tidak bisa kembali tidur ketika terbangun dan akan mengalami kelelahan setelahnya. Penyebab insomnia beragam, namun beberapa penyebab utamanya antara lain adalah stres dan depresi. Jika terus dibiarkan, insomnia bisa merusak kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup seseorang. 

Cara mengatasi insomnia dengan mudah lewat 5 langkah

Lalu, bagaimana cara mengatasi insomnia dengan mudah? Tak perlu cara yang susah, kamu bisa segera menikmati tidur yang nyenyak di malam hari hanya dengan sejumlah cara ini!

Jangan paksakan diri untuk tidur

Cara ini memang terdengar aneh, tapi nyatanya banyak yang mengklaim cara ini berhasil membantu untuk terlelap. Cobalah untuk bicara dengan diri sendiri “Saya tak akan tertidur”. Setelahnya yang terjadi justru kamu akan merasa mengantuk. Menurut psikoterapis Julie Hirst, otak tidak akan memproduksi keinginan negatif. Jadi perintah ini akan diterjemahkan sebagai perintah untuk tidur, sehingga otot mata akan terasa lelah dan cepat menutup. Masuk akal kan?

Cuci muka dengan air dingin

Banyak orang yang mengira bahwa mencuci muka bisa membuat kamu terbangun dan terjaga. Tapi faktanya, cara ini dianggap efektif untuk menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Sehingga sistem tubuh yang awalnya bermasalah, menjadi kembali normal. 

Sembunyikan jam

Kehadiran jam di kamar hanya akan memperparah insomnia-mu. Sebab, kamu akan merasa cemas ketika malam semakin larut sedangkan tapi kamu belum juga tertidur. Apabila kamu terus-terusan mengecek jam, kamu akan semakin stres dan semakin susah tidur. Untuk itu sebaiknya sembunyikan saja kehadiran jam dari kamarmu. 

Ubah tampilan dan isi kamar

Salah satu pemicu insomnia adalah kondisi kamarmu. Misalnya seperti pencahayaan ruangan. Kondisi kamar gelap gulita ternyata justru membuat otot mata menegang. Sebagai gantinya, pasang lampu tidur dengan cahaya remang dan jauhkan dari ranjang agar tak menyilaukan mata. Kondisi kasur juga berpengaruh. Kasur yang terlalu keras, dan bantal yang terlalu kecil bisa membuatmu tak nyaman dan sulit terlelap. Ganti kasur dan bantalmu jika faktor ini yang menyebabkan insomnia muncul. 

Konsumsi keju dan daging ayam sebelum tidur

Keju cair, daging ayam, ikan tuna, kacang kedelai adalah beberapa jenis makanan yang mengandung tryptophan. Tryptophan merupakan zat kimia yang mampu merangsang otak untuk lebih cepat tidur. Kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan tersebut jika mulai merasa susah tidur.

Bagikan: 1314 kali