tembok retak

Simak cara memperbaiki tembok yang retak tembus beserta daftar penyebabnya secara lengkap berikut ini. 

Ketika tembok rumah retak, apalagi sampai retak tembus, hal itu bukan hanya mengganggu estetika, melainkan juga membahayakan.

Apalagi jika mengalami tmebok retak tembus, kamu tidak bisa lagi menutupinya dengan memasang wallpaper atau mengecatnya kembali.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara memperbaiki tembok yang retak tembus yang bisa kamu lakukan di rumah. 

Ketahui juga penyebabnya agar hal itu tak terulang lagi. 

Yuk, simak selengkapnya di sini!

Cara Memperbaiki Tembok yang Retak Tembus Beserta Penyebabnya 

Dalam memperbaiki tembok yang retak tembus, kamu harus pintar menyiasati dan mengetahui tahapannya supaya tidak terulang lagi.

Ada beberapa cara memperbaiki tembok yang retak tembus dengan mudah melalui langkah sebagai berikut: 

1. Cara Memperbaiki Tembok yang Retak Tembus karena Bencana 

Cara memperbaiki Tembok retak tembus Sumber: Klopmart.com

Bencana yang terjadi akibat gempa bumi memang dapat merugikan dan berakibat fatal, namun untuk beberapa kasus juga merusak struktur bangunan.

Hal ini tak luput dari kejadian ini, sehingga cara mengatasinya akibat bencana dapat diminimalisir bila dilakukan dengan cepat.

Dalam kejadian seperti ini, biasanya akan merusak pondasi batu-bata. Dikarenakan batu-bata retak, sehingga proses plester dan acian juga ikut terganggu, sehingga sangat terlihat.

Jika terjadi akibat gempa dan bencana, kamu bisa membuat celah atau lubang sedikit pada bagian atas dinding yang menggabungkan dinding dengan balok pada atas dinding untuk mengurangi tekanan.

Kemudian, isi dengan bahan lembut seperti karet, styrofoam dan gypsum. Selanjutnya, buka bagian yang retak dan isi adukan semen serta pasir dengan perbandingan 1:5.

Selanjutnya, buka bagian yang retak dengan adukan super semen dan usahakan melakukan pengecatan dengan cat anti bocor.

2. Cara Memperbaiki Tembok Retak Tembus Jenis Pecah Telur 

Cara Mengecat Tembok yang Lembab-gencilnews Sumber: Gencilnews

Selain akibat gempa, jenis tembok retak salah satu yang perlu diketahui adalah istilah tembok pecah telur.

Karakteristik tembok retak tembus ini seperti pecahan telur yang disebabkan oleh pengaplikasian acian yang terlalu cepat.

Proses plesteran tembok yang dilakukan sebelum acian, sebaiknya ditunggu beberapa hari sampai proses menyusut.

Bila tidak maka lapisan tembok akan tebal dan kemungkinan keretakan akan terjadi, cara memperbaikinya cukup mudah.

Kamu bisa gunakan mencampurkan super cement dengan air melalui perbandingan 1:20, selanjutnya kamu tambahkan sedikit semen untuk menemukan kekentalan.

Langkah terakhir, masukan ke celah yang terlihat dan meratakan permukaannya. Bila tembok sudah kering, tandanya dinding bisa di cat kembali

3. Cara Memperbaiki Tembok Retak Tembus Oleh Air 

tembok rembes tetangga

Jika tembok lembap dan berair karena efek cuaca ekstrim, atau karena saluran pipa air tidak bekerja dengan baik maka ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan.

Cara memperbaiki tembok retak tembus oleh air, solusi yang bisa kamu lakukan adalah membongkar kembali bagian tembok yang menyebabkan keretakan.

Temukan pipa air yang bermasalah, kemudian bungkus dengan kawat ayam, kemudian isi celah dengan adukan semen dan pasir hingga mengering.

4. Cara Memperbaiki Tembok yang Retak Tembus Seperti Rambut 

Tembok rembes dari tetangga Sumber: Free Images

Tidak hanya tampilan layaknya kulit telur pecah, retak rambut juga bisa menimbulkan efek berkelanjutan seperti retak tembus dalam jangka panjang jika dibiarkan saja.

Untuk cara mengatasinya juga lebih mudah dan simpel, kamu cukup memerlukan cat dasar untuk menutupinya.

Namun apabila retak rambut tersebut sudah dalam, maka kamu gunakan aplikasi super cement dan semen yang dicampur.

Jika adonan sudah jadi aplikasi pada dinding satu lapis sebelum cat anti bocor, dan pastikan harus kering terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap selanjutnya.

5. Cara Memperbaiki Retak Tembus di Pintu dan Jendela 

Tembok Retak tembus di pintu dan jendela Sumber: Rumahkuunik.com

Tak hanya di bagian tembok saja, retak tembus juga bisa terjadi pada pintu dan jendela yang disebabkan oleh pengendapan atau pergeseran tanah yang lumrah.

Kejadian ini bisa terjadi pada rumah yang sudah lama dibangun. Tanah akan bergerak halus dari waktu ke waktu tanpa disadari.

Untuk keretakan seperti ini sebenarnya bila cukup dalam, cara memperbaiki tembok retak tembus yang bisa kamu lakukan hampir serupa dengan yang lainnya.

Namun, bila dalam kondisi ringan maka kamu bisa cat manual secara ulang dengan mudah tanpa harus menggunakan tukang. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai cara memperbaiki tembok retak tembus dari berbagai jenis secara lengkap.

Temukan inspirasi menarik seputar hunian dan tips bangun rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan hunian idaman kamu seperti Gateway Park of LRT City, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
1740 kali