Ternyata, ada cara gampang dan murah untuk menghilangkan bau sepatu yang mengganggu. Cukup bermodalkan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah seperti berikut inI!

Seorang perempuan berusaha mencari cara untuk menghilangkan bau sepatu - Rumah123.com Seorang perempuan berusaha mencari cara untuk menghilangkan bau sepatu (Rumah123.com/Getty Images)

Mau murah atau mahal, sepatu yang sering dipakai pasti bisa menimbulkan bau tak sedap. Apalagi jika sepatu tersebut digunakan panas-panasan atau untuk beraktivitas berat, sehingga kaki lebih mudah berkeringat. Jika kamu tak sering mengganti dan tak menjaga kebersihan sepatu, maka bisa dijamin sepatu akan bau. Duh! Terus gimana dong kalau sepatumu terlanjur bau? 

Apakah untuk menghilangkan bau sepatu solusinya cuma dengan beli sepatu baru atau laundry? Beli sepatu baru tentu harganya mahal, sedangkan laundry juga biayanya gak murah-murah banget. Belum lagi, laundry sepatu harus dilakukan rutin kalau kamu mau sepatumu terus-terusan harum.

Eits, tapi kamu gak perlu khawatir. Ternyata, ada 5 cara gampang untuk menghilangkan bau sepatu dengan bermodalkan bahan-bahan alami yang bisa kamu dapatkan di rumah dengan mudah. Bagaimana caranya? Langsung simak aja yuk, artikel di bawah ini!

Taburkan baking soda 

Selain jadi bahan untuk membuat kue, baking soda juga ampuh untuk menghilangkan bau di sepatu - Rumah123.com Selain jadi bahan untuk membuat kue, baking soda juga ampuh untuk menghilangkan bau di sepatu (Rumah123.com/Getty Images)

Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga memiliki kemampuan yang baik untuk menyerap bau, termasuk juga bau sepatu yang tak sedap. Untuk itu, kamu yang gak mau repot-repot me-laundry sepatumu, cukup taburkan beberapa sendok baking soda ke dalam sepatu. Pastikan baking soda ditabur dengan merata, dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan sisa taburan baking soda menggunakan sikat. Dijamin, bau tak sedap langsung hilang!

Letakkan kulit jeruk semalaman 

Aroma segar kulit jeruk yang cukup kencang mampu menetralisir bau sepatu - Rumah123.com Aroma segar kulit jeruk yang cukup kencang mampu menetralisir bau sepatu (Rumah123.com/Getty Images)

Salah satu penyebab sepatu bau adalah karena perkembangbiakan bakteri. Sebagai penangkalnya, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk yang memiliki kandungan zat anti bakteri.  Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup letakkan kulit jeruk ke dalam sepatu selama satu malam, dan kulit jeruk pun akan menyerap aroma tak sedap di dalamnya. Kulit jeruk memang punya segudang manfaat! Mulai dari mengusir nyamuk, hingga menghilangkan bau sepatu. Keren ya?

Taburkan bubuk kopi

Bubuk kopi dipercaya bisa menghilangkan bau sepatu yang tak sedap - Rumah123.com Bubuk kopi dipercaya bisa menghilangkan bau sepatu yang tak sedap (Rumah123.com/Getty Images)

Aroma kopi memang terbukti ampuh menetralisir aroma lain. Buktinya di toko parfum, mereka selalu menyediakan biji kopi supaya pelanggan tak pusing mencium bau parfum yang tercampur. Nah, kopi juga mampu menetralisir bau sepatu karena aroma mereka yang sangat kuat. Kamu cukup memasukkan beberapa sendok bubuk kopi ke dalam tisu, masukkan gumpalan tisu berisi kopi tersebut ke dalam sepatu, dan voila! Sepatumu kembali tak berbau seperti semula. 

Baca juga: 6 Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Rumah, Internetan Jadi Anti Lemot Deh!

Potong bawang bombay

Bawang bombay memiliki zat anti bakteri yang mampu menyerap aroma tak sedap dari sepatu - Rumah123.com Bawang bombay memiliki zat anti bakteri yang mampu menyerap aroma tak sedap dari sepatu (Rumah123.com/Getty Images)

Banyak yang tak suka dengan aroma bawang bombay. Tapi siapa sangka, bahan makanan satu ini ternyata mampu menyerap aroma tak sedap dari sepatu! Sama seperti kulit jeruk, bawang bombay juga punya zat anti bakteri, sehingga mampu menghilangkan bakteri penyebab sepatu bau. Kamu cukup memasukkan beberapa potongan bawang bombay selama beberapa jam untuk membuat bau sepatu segera hilang.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Nyamuk Tanpa Perlu Obat Pembasmi, Lebih Aman untuk Bayi!

Masukkan sepatu ke dalam freezer

Sepatu yang diletakkan di freezer dipercaya bisa hilang aroma tak sedapnya - Rumah123.com Sepatu yang diletakkan di freezer dipercaya bisa hilang aroma tak sedapnya (Rumah123.com/Getty Images)

Memang, cara satu ini bisa dibilang unik dan aneh. Tapi siapa sangka, banyak orang yang berhasil menghilangkan bau sepatu menggunakan cara ini. Ternyata, suhu rendah pada freezer mampu membekukan bakteri yang terdapat di dalam sepatu. Gak heran kalau cara ini cukup ampuh. Supaya tetap higienis, bungkus sepatu ke dalam plastik terlebih dahulu, baru masukkan ke dalam kulkas. Biarkan selama semalaman, dan diamkan pada suhu ruang setelahnya. 

Bagikan: 1670 kali