Virus pada komputer atau laptop-mu bisa menghilangkan semua data penting. Segera install antivirus terbaik ini. Gratis!

antivirus terbaik

Kecerdasan dalam industri teknologi informasi merupakan hal yang amat sangat penting, terlebih di era digital seperti saat ini. 

Faktor kecerdasan tidak hanya sepenuhnya membantu pengguna saja, namun juga berbanding terbalik sehingga hal tersebut pun menimbulkan efek domino bagi banyak orang. 

Keamanan dalam industri digital pun kerap menjadi hal sensitif bagi banyak orang, sebab peretasan maupun malware pada sebuah komputer bisa menyerang kapanpun dan dimanapun.

Oleh sebab itu, seluruh gawai yang kita miliki pun harus dilengkapi oleh fitur antivirus terbaik untuk memastikan keamanan data maupun kinerjanya. 

Lantas, seperti apa rekomendasi antivirus terbaik? Simak pembahasannya bersama-sama.

Rekomendasi pilihan antivirus terbaik untuk komputer maupun jenis gawai lainnya

Sebelum kamu memilih antivirus terbaik untuk komputer maupun laptop di rumah, penting untuk diketahui merek antivirus yang menghasilkan fitur terbaik untuk ekosistem gawai. 

Ada beberapa rekomendasi pilihan antivirus terbaik yang dapat digunakan langsung untuk memastikan keamanan data maupun perangkat lunak pada sebuah komputer. 

Untuk itu, simak beberapa rekomendasi antivirus terbaik yang bisa kamu unduh secara gratis berikut ini. 

1. Panda Free Antivirus 

Merek antivirus Panda ini memiliki banyak keunggulan, sehingga layak ditempatkan pada posisi pertama sebagai antivirus terbaik. 

Keunggulan antivirus ini yang paling utama adalah ada pada sisi ringan dan mudah untuk digunakan pada komputer maupun laptop berbasis windows.

Meski tidak seterkenal merek lainnya, namun Panda antivirus ini memiliki kemampuan pemindaian virus maupun malware dengan skor yang sangat baik, dengan tingkat deteksi 100%.

Firewall yang diusungnya pun juga sangat kuat, memblokir lebih banyak serangan jika dibandingkan antivirus gratis lainnya saat ini. 

Tak hanya kemampuan dalam memindai virus, Panda antivirus juga dilengkapi oleh jaringan pribadi virtual dengan kemampuan data hingga 150 mb per hari untuk versi gratis. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Keyboard Laptop. Gampang dan 100 Persen Aman

2. Avira Antivirus 

Dikenal sebagai antivirus terbaik di dunia sejak satu dekade terakhir, Avira Antivirus merupakan salah satu rekomendasi terbaik yang bisa kamu pilih. 

Antivirus ini juga memiliki ekstensi pada browser yang berfungsi untuk memastikan apakah penggunaan internet dan penggunaan situs apakah layak atau tidak.

Sebab, Avira mengetahui jika virus komputer memiliki resistensi kuat pada koneksi internet. 

Kecanggihan tersebut pun mampu memerangi virus secara cepat melalui servernya sendiri.

Selain canggih, Avira juga sangat hemat daya, terlebih banyak komputer berbasis windows yang tidak terkena dampak pemborosan maupun kinerja lambat.

3. Sophos Home Free 

Virus yang bersumber dari jaringan internet sangat membahayakan, tak hanya memperlambat kinerja komputer namun juga berpotensi terjadi kebocoran data pribadi.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Sophos Home Free antivirus merupakan pilihan yang tepat dalam mengatasi terjadinya virus yang bersumber dari internet. 

Selain mengatasi virus komputer, antivirus ini juga dapat mencegah si kecil dari situs-situs yang membahayakan mulai dari situs pornografi maupun ujaran kebencian. 

Oleh sebab itu, Sophos antivirus ini juga sangat layak untuk menunjang kebutuhan e-learning selama masa pandemi Covid 19. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Meja Laptop Rp100 Ribuan, Anti Pegel Saat WFH!

4. Kaspersky Security Antivirus

Sejak dulu, Kaspersky merupakan salah satu antivirus yang sangat direkomendasikan untuk kebutuhan business to business karena kapasitasnya yang mumpuni. 

Kaspersky juga dilengkapi oleh sistem cloud computing yang andal untuk deteksi malware maupun pembersihan virus komputer secara cepat.

Tak hanya kedua fitur tersebut, antivirus ini juga dapat mendeteksi langsung bahaya virus yang akan muncul dalam jangka panjang. 

5. Bitdefender Free Antivirus

Merek antivirus ini merupakan pilihan yang paling praktis bagi mereka yang mencari pemindai antivirus yang tidak perlu mereka pikirkan setelah dipasang di dalam. 

Bitdefender dirancang untuk berjalan di latar belakang, dan menampilkan pemberitahuan penting apabila ada aktivitas yang mencurigakan. 

Pemindaian, deteksi, dan penghapusan virus maupun malware bisa dilakukan secara sistematis, kecuali jika kamu atur sesuai personalisasi. 

Meski demikian, virus ini dirancang dengan simpel, sehingga tidak dilengkapi oleh banyak fitur seperti antivirus lainnya. 

Tapi harus diingat jika penggunaan antivirus ini sangat kuat, terlebih untuk menghadapi ransomware yang sangat membahayakan ekosistem teknologi. 

Mana yang lebih untung, mengunduh antivirus terbaik secara gratis atau dengan menambah opsi berbayar?

Beberapa merek antivirus yang disebutkan diatas hampir semuanya bisa kamu unduh secara gratis baik melalui situs resmi antivirus maupun aplikasi di handphone. 

Namun, harus diingat jika antivirus yang kamu unduh dengan gratis tersebut tetaplah memiliki limitasi baik dalam fungsi maupun fitur yang penting. 

Umumnya, antivirus terbaik yang dapat diunduh secara gratis memiliki opsi freemium yaitu membayar sebagian untuk mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap. 

Tak hanya sekadar lengkap, utilisasi antivirus tersebut dimanfaatkan dengan maksimal sehingga lebih optimal. 

Lantas, apakah kamu harus menggunakan opsi berbayar pada antivirus?

Jawabannya kembali pada kebutuhan kamu.

Jika kamu hanya sekadar untuk keamanan untuk rumahan saja, fitur antivirus terbaik yang gratis pun sudah lebih dari cukup untuk memenuhi komputasi harian. 

Sementara, jika kamu merupakan seorang programmer atau ahli IT, sangat disarankan untuk memilih opsi berbayar, terlebih akan sangat membantu di kemudian hari. 

Dapat disimpulkan jika antivirus merupakan kebutuhan yang penting untuk menunjang produktivitas kerja maupun belajar seperti kondisi saat ini. 

Kamu pun harus memastikan supaya performa komputer maupun laptop tetap dalam kondisi yang optimal tanpa ada kendala. 

Untuk cari tahu tips dan trik saat bekerja dari rumah, simak selengkapnya di artikel.rumah123.com.

Bagikan:
1250 kali