Foto: Rumah123/Getty
   

Bermaksud hemat saat membangun atau merenovasi rumah, lantas kamu mencoret jasa arsitek dari daftar. Mengarsiteki sendiri pembangunan atau renovsi rumahmu ya sah-sah aja sih, tapi gimana kalau ternyata nantinya malah terjadi pembengkakan biaya. Alih-alih irit malah kebelit, kamu jadi boke alias kekurangan dana.

Kalau merujuk kasus, konon 80% pemilik rumah yang tidak menggunakan jasa arsitek mengalami pembengkakan biaya pembangunan atau renovasi rumahnya. Jadi, walaupun jasa arsitek menurut sebagian dari kita hanya "menambah" biaya saja, namun sebenarnya menggunakan jasa arsitek justru memberikan banyak keuntungan. Mau tahu apa saja keuntungannya? Yuk, kita periksa!

Baca juga: Kayak Gimana Sih Kalau Arsitek Bikin Rumah untuk Dirinya Sendiri?

Ke-1. Perencanaan Matang.

Perencanaan yang matang untuk segi desain dan mutu bangunan akan memengaruhi pengeluaran yang dibutuhkan dalam pembangunan sebuah rumah. Selain itu, kamu juga dapat membangun rumah sesuai keinginan dengan hasil yang persisten (teliti dan tepat).

Ke-2. Menyerahkan pada ahlinya.

Membangun atau merenovasi rumah dengan jasa arsitektur tentunya menyerahkan suatu pekerjaan kepada ahlinya. Arsitek merupakan orang yang memiliki pengetahuan di bidang desain dan pembangunan sebuah hunian. Selain itu, mereka memahami benar seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan.

Baca juga: Kayak Apa Sih Rumah untuk Gelandangan yang Didesain Mahasiswa Arsitektur?

Ke-3. Memiliki jalan keluar untuk masalah.

Terkadang dalam pembangunan rumah ada saja masalah kecil yang timbul, semisal lahan yang sempit sehingga tidak dapat merealisasikan rumah sesuai konsep yang diimpikan. Jasa arsitektur membantu kamu mencari solusi terbaik dengan mendesain dan menata ruang agar lebih efisien demi mewujudkan keinginanmu. Biasanya arsitek akan memanfaatkan setiap inci ruang di rumahmu agar tercipta ruang yang fungsional dan efisien.

Ke-4. Memperhitungkan dalam skala.

Untuk membangun atau merenovasi rumah tentunya seorang arsitek memiliki hitungan yang sangat terperinci. Perhitungan menggunakan skala mempermudah kamu untuk ikut membaca dan mengevaluasi rencana pembangunan, sehingga dapat segera mengoreksinya apabila ada ketidaksesuaian dengan keinginanmu.

Baca juga: Cara Murah Bangun Rumah Sendiri, Boleh Nyontek Kok!

Ke-5. Tidak menyita banyak waktu.

Dengan menggunakan jasa arsitek, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan perhatian dalam pembangunan rumah. Kamu hanya perlu mengevaluasi hasil kerja yang dilaporkan oleh si arsitek tanpa harus mengevaluasi seluruh permasalahan yang ada selama proses pembangunan.

Nah, gimana, setelah membaca artikel ini apakah kamu masih mau menjadi arsitek dadakan atau mencari arsitek sungguhan?

Bagikan: 938 kali