Investasi properti di Johor Bahru bisa dipertimbangkan dari sekarang - Rumah123.com Bora Residence, Tropicana Danga Bay Sdn Bhd, Johor Bahru, Malaysia - Rumah123.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa investasi properti punya prospek keuntungan yang menjanjikan. Harga properti yang stabil dan terus mengalami kenaikan membuat investasi pada instrumen properti sangat direkomendasikan.

Dilansir dari CNBC.com, bahkan ada 90% miliarder mendapatkan kekayaan dari investasi properti. Berinvestasi properti pun tidak hanya dapat dilakukan di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Kamu bisa memulai dari negara yang jaraknya dekat dari Indonesia, seperti Malaysia misalnya. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi properti di luar negeri.

Russel Lim, Deputy General Manager Tropicana Danga Bay Sdn Bhd, pengembang properti di Johor Bahru, Malaysia, mengatakan bahwa ada sejumlah alasan mengapa warga Indonesia sudah seharusnya mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi properti di sana. Dari hasil wawancara tim Rumah123.com bersama beliau, inilah sejumlah alasan kenapa warga Indonesia mulai mempertimbangkan untuk membeli properti di Malaysia, khususnya di Johor Bahru. 

Sangat dekat dengan Singapura

"Johor Bahru ke Singapura sangat dekat jaraknya. Waktu tempuhnya juga hanya 1 jam jika menggunakan mobil. Selain mobil, ada banyak akses transportasi lain seperti bus, kereta, dan MRT yang sedang dalam tahap perencanaan," ujar Russel saat ditemui di Jakarta, Rabu lalu.

Apabila dibandingkan dengan harga properti di Singapura yang sudah melonjak tinggi, memiliki properti di Johor Bahru adalah solusi. Dengan jarak yang dekat dan waktu tempuh yang singkat, kamu yang memiliki banyak kepentingan di Singapura bisa mendapatkan properti dengan lebih murah. "Bahkan banyak warga Singapura yang memilih untuk membeli properti di Johor Bahru karena harganya lebih terjangkau," ungkapnya.

Dengan dengan pusat kegiatan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan

Malaysia kerap menjadi sasaran utama bagi orang-orang Indonesia kelas atas untuk berobat dan melanjutkan studi, karena Malaysia mempunyai sistem kesehatan dan pendidikan yang sangat bagus. Tropicana Danga Bay sendiri berlokasi di Iskandar Malaysia, pusat distrik pembangunan utama di Johor Bahru. Di area ini, banyak sekolah internasional berkualitas yang dipilih ekspatriat untuk menyekolahkan anaknya. 

"Ada Raffles American School, cabang resmi sekolah internasional asal Amerika Serikat. Ada juga Marlborough College Malaysia, cabang resmi dari Wiltshire, Inggris, tempat Kate Middleton bersekolah dulu," ungkap Russel. Dengan adanya banyak kelebihan tersebut, otomatis membuat Johor Bahru punya potensi yang sangat bagus untuk investasi.

Kepemilikan penuh dengan sertifikat hak milik

Russel menyebutkan, kebijakan Malaysia memang sangat liberal dalam membolehkan warga asing memiliki rumah di sana. "Kalau di negara lain, status kepemilikan hanya sementara. Warga asing yang beli properti harus memperpanjang status kepemilikannya tiap beberapa tahun sekali. Sedangkan Malaysia, status hak milik berlaku seumur hidup bagi warga asing."

Begitu juga jika kamu membeli properti di Tropicana Danga Bay, status kepemilikan yang didapatkan adalah hak milik seumur hidup. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena kamu bisa mewariskan properti tersebut kepada keturunanmu, tanpa perlu repot memperpanjang surat kepemilikan.

Kemudahan skema pembiayaan

Minimnya informasi seputar investasi properti di luar negeri membuat banyak orang kebingungan akan skema pembiayaan properti di sana. Warga asing yang ingin membeli properti di Malaysia, direkomendasikan untuk melakukan transaksi langsung melalui pengembang terkait.

"Layanan cicilan melalui bank lokal hanya bisa didapatkan oleh warga lokal dan mereka yang sudah menetap di Malaysia selama beberapa tahun. Maka dari itu, Tropicana Danga Bay mendukung fasilitas cicilan in-house selama 36 bulan tanpa bunga sama sekali untuk warga asing." ujar Russel.

Penerapan pajak yang ringan

Regulasi pemerintah Malaysia, sangat mendukung pertumbuhan bisnis dan industri properti. Regulasi tersebut tercermin dari penerapan pajak yang ringan.

Bagaimana? Kini kamu semakin paham prospek investasi di Johor Bahru kan? Tak ada salahnya untuk mempertimbangkan berinvestasi di sana. Tapi, pastikan untuk memahami dulu aturan, dan seluk beluk negara serta kota yang dituju agar hasil investasi maksimal. 

Bagikan: 875 kali