Gaya hidup go green menjadi salah satu tren bisnis di 2020 - Rumah123.com Gaya hidup go green menjadi salah satu tren bisnis di 2020 - Rumah123.com

Sudah menjadi hal umum dunia bisnis mengalami perubahan tren dari masa ke masa. Jika dulu semua hal dilakukan secara tradisional, kini teknologi mendominasi di bidang apapun. Sebut saja di bidang travel, dulu ketika kita mau memesan tiket hotel atau pesawat, harus datang ke kantor travel agent langsung.

Sedangkan kini, semua bisa diselesaikan dalam satu aplikasi. Begitu juga dalam jual beli barang-barang. Kita pasti harus ke toko kan untuk membeli pakaian, barang hobi, hingga barang elektronik? Kini semua tergantikan dengan aplikasi marketplace yang menjual barang ini itu. 

Sebagai pebisnis, tentunya kita harus pintar-pintar melihat peluang dan beradaptasi dengan perubahan. Nah, seperti yang kita tahu, tahun 2019 akan segera berakhir. Otomatis tren bisnis pun ikut berganti. Seperti apa ya kira-kira tren bisnis yang bisa bikin usahamu moncer di tahun depan? Yuk, simak bersama-sama!

Fokus target pasar ke generasi milenial

Milenial, milenial, milenial. Hampir semua brand menggunakan embel-embel “milenial” pada trik marketing mereka. Hal ini tentu tak terlepas dari fokus target pasar yang kini mengarah ke generasi milenial. Milenial atau mereka yang lahir di tahun 1981–1997 memang sedang berada di masa paling produktif mereka. Milenial usia tua mungkin sedang berada di puncak karier mereka.

Sedangkan milenial muda baru mulai membangun karier. Tak heran, banyak brand yang menargetkan milenial sebagai target utama. Bukan cuma itu, milenial juga sangat familiar dengan teknologi. Hal ini sangat sejalan dengan transformasi industri menjadi industri 4.0. Jadi, bagi kamu yang mau berbisnis di tahun depan, generasi milenial masih jadi sasaran tepat untuk mengembangkan usahamu.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Sampingan Karyawan di Akhir Pekan, Lumayan Buat Nambah Cuan!

Gaya hidup go green semakin mendominasi

Isu pemanasan global, pencemaran lingkungan, dan sebagainya masih ramai diperbincangkan. Semakin banyak pula orang yang peduli dengan isu ini. Jika dulu hanya segelintir orang dan beberapa komunitas saja, sikap peduli lingkungan justru kini menjadi gaya hidup. Ada beberapa orang yang memang peduli, ada juga orang yang mau menunjukkan ke publik bahwa mereka mengusung gaya hidup go green.

Well, selama hal tersebut positif, tentu apapun itu alasan di baliknya, tak jadi masalah kan? Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini sebagai peluang bisnis. Menjual produk-produk ramah lingkungan bisa jadi pilihan tepat untuk mendulang cuan di tahun depan. Selain berbisnis, kamu secara langsung juga punya kontribusi terhadap lingkungan!

E-commerce terus mendominasi

Masih sejalan dengan industri 4.0, e-commerce yang telah berjalan dalam beberapa tahun belakangan semakin diprediksi akan terus mendominasi hingga beberapa tahun ke depan. Hasil penelitian dari lembaga survei Statista menunjukkan fakta tersebut.

Ada banyak faktor kenapa e-commerce mendominasi. Beberapa di antaranya adalah karena kemudahan dalam berdagang, kepraktisan bagi pembeli, dan biaya operasional yang lebih murah. Apabila kamu belum mulai memanfaatkan platform e-commerce untuk menjual daganganmu, sebaiknya segera beralih!

Baca juga: Bisnis Rumah Kontrakan Vs Kos-Kosan, Mana yang Paling Cuan?

Satu aplikasi dengan beragam manfaat

Dulu, aplikasi Gojek dan Grab hanya menjual jasa transportasi online. Kini mereka mulai merambah ke bidang lainnya, mulai dari jasa pembelian tiket, hingga pembelian pulsa dan paket data. Begitu juga dengan Tokopedia, Shopee, Bukalapak, atau e-commerce lainnya yang tak cuma menjual barang melainkan jasa, bahkan hingga barang investasi seperti emas dan reksadana.

Di tahun-tahun yang akan datang, akan semakin banyak aplikasi serba bisa seperti ini. Bukan cuma dari nama-nama besar seperti yang disebutkan di atas, startup-startup yang mencoba jalan yang sama pun sangat mungkin untuk hadir di bidang ini! Nah, bagi kamu yang tertarik berbisnis di bidang startup, bisa banget mencoba peluang di sana!

Bagikan: 4144 kali