Plafon gypsum umumnya memiliki warna dasar putih gading. Jarang ada orang yang mengecat kembali plafon rumahnya dengan warna baru. Tapi, bukan berarti mewarnai plafon rumah itu dilarang ya. 

Justru para pemilik rumah bisa mengecat plafon gypsum sesuka hati. Bahkan perubahan warna pada permukaan plafon bisa menghadirkan suasana baru loh pada rumahmu. Namun tentu saja, supaya tidak mengurangi estetika ruangan, kamu harus pintar-pintar dalam memilih warna cat yang tepat. Untuk itu, simak dulu tips memilih warna yang cepat untuk plafon rumahmu berikut ini!

Pilih cat plafon gypsum yang warnanya sesuai dengan warna dinding

Untuk kamu yang suka menggunakan warna serasi, maka bisa mengimplementasikannya juga pada rumahmu. Kamu dapat menggunakan warna plafon gypsum yang sesuai dengan warna dinding ruangan tersebut. Menggunakan warna yang sama bisa lebih menyatukan ruangan tersebut. 

Gunakan warna cat yang lebih gelap jika ingin suasana hangat

Apabila kamu menginginkan suasana rumah yang homy, cozy, dan hangat, maka pilihlah warna cat plafon gypsum yang lebih gelap daripada warna cat dinding. Misalnya seperti warna hitam, coklat tua, atau abu tua. Penggunaan warna cat gelap pada plafon dapat menutup kekurangan pada permukaan plafon dan mampu menggaungkan elemen lain yang ada dalam ruangan. 

Warna biru muda adalah pilihan tepat untukmu yang suka ketenangan

Warna plafon berwarna biru muda mampu membuatmu serasa berada di bawah langit yang bersih atau di tengah lautan yang tenang. Selain mampu menenangkan, warna biru muda juga dapat membuat ruangan tampak lebih lapang. 

Hindari warna gelap jika plafon gypsum terlalu rendah

Warna gelap memang mampu menciptakan ruangan yang terkesan hangat. Tapi jika langit-langit berukuran rendah, sebaiknya kamu tak menggunakan cara ini. Sebab, warna gelap yang diimplementasikan pada plafon rendah justru bisa membuat rumah tampak semakin sempit. 

Gunakan warna cat terang untuk menciptakan kesan lebih luas

Nah, lantaran warna gelap bisa membuat plafon tampak lebih rendah, warna terang justru sebaliknya. Pemilihan warna seperti kuning, atau abu-abu terang, bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Warna ini cocok digunakan pada ruangan yang digunakan bersama. Misalnya seperti ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan.

Pemilihan warna plafon gypsum sangat penting untuk estetika rumah. Jangan sampai karena salah pilih warna, rumahmu bisa tampak semakin sempit, atau justru terlalu kosong. 

Bagikan: 3134 kali